Yuk Kenali Tips Memilih dan Manfaat dari Asuransi Kesehatan Karyawan!

Sumber foto : Freepik

Penyakit bisa muncul kapan dan di mana saja tanpa mengenal waktu. Biaya pengobatan pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Beruntunglah jika kamu memiliki asuransi kesehatan yang dapat menjamin biaya pengobatan sampai rawat inap. Terutama jika kamu adalah karyawan dari sebuah perusahaan, tentu saja perusahaan tersebut harus menjamin keselamatan termasuk kesehatan pegawainya. Yuk mengenal tentang asuransi kesehatan karyawan dan tips untuk memilihnya! 

1. Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan?

Yuk Kenali Tips Memilih dan Manfaat dari Asuransi Kesehatan Karyawan!

Sumber: Freepik

Sama seperti asuransi kesehatan pada umumnya, asuransi kesehatan karyawan memberikan jaminan dan perlindungan terhadap kesehatan karyawan. Karena karyawan adalah sumber daya manusia yang merupakan aset bagi perusahaan, maka kesehatannya perlu dilindungi oleh asuransi kesehatan.

Sekarang ini, pemerintah Indonesia mewajibkan setiap badan usaha untuk mendaftarkan karyawannya ke asuransi kesehatan milik negara (BPJS) atau asuransi swasta. Asuransi kesehatan karyawan tidak hanya bermanfaat bagi para pegawai, namun berimbas positif pula bagi perusahaan. Dengan memiliki asuransi kesehatan karyawan, maka kamu sudah terjamin untuk mendapatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Jadi, karyawan tidak perlu khawatir lagi dengan risiko kesehatan karena sudah ditanggung oleh perusahaan dan pihak asuransi. 

2. Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Yuk Kenali Tips Memilih dan Manfaat dari Asuransi Kesehatan Karyawan!

Sumber: Freepik

Jika karyawan mengalami sakit yang perlu dirawat inap, semua akan ditanggung oleh pihak asuransi sampai fase penyembuhan. Dari mulai pemeriksaan, obat-obatan, sampai rawat inap, karyawan tidak perlu mengeluarkan uang karena sudah ditanggung oleh perusahaan dan pihak asuransi. Adanya asuransi kesehatan bagi karyawan juga memberikan rasa tenang dan aman bagi karyawan.

Jadi tidak perlu khawatir tentang besar biaya yang harus dikeluarkan saat sakit. Tidak hanya karyawan lho, beberapa perusahaan pun menjamin keluarga dari karyawan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari asuransi kesehatan karyawan. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi pegawai, sehingga meningkatkan produktivitas serta semangat kerja karena sudah mendapatkan proteksi dari perusahaan. Sangat menguntungkan, bukan?

3. Pahami Jenis Produk Asuransi Kesehatan

Yuk Kenali Tips Memilih dan Manfaat dari Asuransi Kesehatan Karyawan!

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang ingin memiliki asuransi kesehatan karyawan sebagai tambahan proteksi selain BPJS, kamu harus memahami betul polis asuransi kesehatan yang akan kamu beli. Kamu bisa memilih produk asuransi yang menyediakan layanan cashless, jadi kamu tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai dan menunggu reimbursement dari perusahaan asuransi.

Jadi, saat suasana sedang genting di rumah sakit, pembayaran asuransi akan lebih mudah dan efisien jika menggunakan layanan cashless. Selain itu, dalam proses pemilihan produk asuransi,  setiap karyawan juga perlu mengetahui manfaat yang diperoleh. Sebagai contoh, perusahaan asuransi menjamin keperluan kesehatan kamu dan keluarga sebagai sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir memikirkan biaya kesehatan. Tentu saja sebaiknya pilih produk asuransi yang menjamin kesehatan keluarga karena jauh lebih menguntungkan. 

4. Mengetahui Manfaat Yang Diperoleh

Yuk Kenali Tips Memilih dan Manfaat dari Asuransi Kesehatan Karyawan!

Sumber: Freepik

Sebelum memilih salah satu produk asuransi, sebaiknya kamu mengetahui manfaat yang akan kamu peroleh sebagai nasabah. Pilih produk asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas. Umumnya kamu hanya bisa berobat dan melakukan perawatan di rumah sakit atau penyedia jasa kesehatan, sehingga penting untuk memilih asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas agar kamu lebih mudah melakukan rawat inap.

Saat memilih asuransi kesehatan, cermati jaminan yang ditawarkan, minimal harus meliputi perawatan jalan dan rawat inap. Fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini biayanya paling besar. Kemudian, kamu bisa menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan kamu untuk mendapat jaminan tambahan dan fasilitas lainnya. Selain itu, manfaatkan uang pertanggungan yang ditawarkan, sehingga jika terjadi sesuatu terhadap orang yang ditanggung, maka uang pertanggungan tersebut akan membantu individu dan keluarganya.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Yuk Kenali Tips Memilih dan Manfaat dari Asuransi Kesehatan Karyawan!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share