Yuk Kenali Tentang Skin Fasting dan Manfaatnya! 

Sumber foto : Freepik

Belakangan ini, istilah detoks dan puasa tidak hanya berkaitan dengan tubuh, melainkan dengan kulit. Istilah detoks kulit atau skin fasting adalah puasa menggunakan produk skincare untuk mengistirahatkan kulit dari bahan kimia yang biasa ditemukan di berbagai produk skincare. Tren ini berasal dari salah satu perusahaan skincare di Jepang, yaitu Mirai Clinical. Mereka percaya bahwa puasa skincare dapat bekerja sebagai mekanisme penyembuhan tradisional. Selain itu, dermatologis Jepang juga percaya bahwa skin fasting adalah salah satu upaya untuk mendetoks kulit. Apa saja sih manfaatnya? Apakah semua jenis kulit dapat melakukan skin fasting? 

1. Kesempatan Kulit Untuk Bisa Bernafas

What Is Skin Fasting – And Should You Be Doing It? | British Vogue

Sumber: Vogue

Dengan melakukan skin fasting, kita tidak memakai produk skincare dan make up apapun selama beberapa hari. Nah, saat itu adalah kesempatan kulit untuk bernafas karena kulit memiliki kemampuan untuk merawat dirinya sendiri walaupun tidak dibantu oleh produk skincare. Jadi, dengan mengistirahatkan kulit dari produk skincare, kulit berkesempatan untuk bekerja sendiri untuk memperbaiki permasalahan di dalamnya.

Secara ilmiah, sel kulit dapat bertukar gas dari pembuluh darah di dalam tubuh, sehingga kulit memang bisa bernafas. Penggunaan make up yang terlalu tebal pun berisiko menyumbat pori-pori, sehingga kulit akan susah untuk bernafas. Namun, jangan biarkan kulit terlalu lama berpuasa, karena kulit kita tetap butuh perawatan dari luar untuk menjaganya tetap sehat. 

2. Melembabkan dan Menyehatkan Kulit 

Woman with eyes closed Free Photo

Sumber: Freepik

Kulit menghasilkan zat minyak atau sebum secara alami, sehingga pada dasarnya kulit memiliki sistem pelembab sendiri agar terhindar dari kulit yang dehidrasi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa produk skincare harus disusun menyerupai pola molekul sebum, sehingga pertukaran gas dalam sel kulit pun tidak terhambat. Jadi, skin fasting adalah salah satu cara untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan kelembaban alami kulit.

Menghentikan sementara pemakaian produk kecantikan tidak hanya dapat membebaskan kulit dari bahan kimia, tapi juga menyehatkan kulit. Dengan berpuasa menggunakan skincare, kita bisa mulai memilah produk mana yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit. Perlu diketahui bahwa kulit juga beregenerasi setiap satu bulan sekali, sehingga skin fasting akan membantu kulit dalam proses membuang racun atau detoksifikasi. 

3. Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Skin Fasting

OpenLetr — What is Skin Fasting & Why Should You Try It?

Sumber: Openletr

Tidak semua jenis kulit dapat melakukan skin fasting, lho! Jika kamu memiliki kulit berjerawat dan acne prone disarankan untuk tidak melakukan skin fasting. Dengan tidak memakai skincare apapun justru akan memicu komedo serta jerawat karena produksi minyak yang tidak terkontrol.

Pada kulit yang sangat kering, tidak menggunakan pelembab serta hydrating toner juga akan membuat kulit semakin kering bahkan mengelupas. Nah, untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal, sangat disarankan untuk melakukan skin fasting. Dengan melakukan skin fasting, kulit akan terhindar dari dehidrasi dan mengembalikan kelembaban kulit. Selain itu, kulit juga akan beristirahat sejenak dari paparan bahan kimia dalam produk skincare. Namun, sebaiknya dengarkan kebutuhan kulit kamu, ya! Karena tidak semua kulit cocok dengan tren ini. 

4. Waktu Yang Tepat Untuk Skin Fasting

The Truth Behind The 'Skin Fasting' Trend | Marie Claire Australia

Sumber: Marieclaire

Beberapa orang pernah mencoba tren ini dan hasilnya memuaskan. Kamu bisa mencoba skin fasting saat pergantian musim, dan bisa melakukannya 1-2 minggu. Namun, hindari metode skin fasting saat kulit wajah sedang melakukan perawatan, seperti perawatan jerawat atau eksim karena akan memperburuk kondisi wajah.

Saat melakukan skin fasting, pastikan asupan cairan tubuh terjaga dengan minum air putih minimal 2,5 liter per hari. Selain itu, pastikan kamu menambah asupan sayuran dan buah-buahan. Sel kulit dapat bekerja sendiri tergantung dengan nutrisi yang kamu konsumsi. Saat skin fasting, cobalah keluar rumah tanpa bantuan skincare dan hindari sementara paparan sinar matahari langsung. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba tren ini? 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!6 Penyebab Jerawat Muncul meski Di Rumah Aja

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share