Yuk Kenali Asuransi Kredit, Apa Saja Manfaat dan Risiko yang Ditanggung?

Sumber foto : Freepik

Asuransi kredit memang terdengar asing di telinga masyarakat. Namun, asuransi kredit berperan penting bagi bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan. Jika banyak debitur yang tidak mampu melunasi beban kreditnya, tentu akan menimbulkan kerugian. Nah, hal itu tidak perlu dikhawatirkan lagi karena sekarang sudah ada asuransi kredit. Apa itu asuransi kredit? Apa saja keunggulannya? Risiko apa saja yang ditanggung? 

1. Apa Itu Asuransi Kredit?

Yuk Kenali Asuransi Kredit, Apa Saja Manfaat dan Risiko yang Ditanggung?

Sumber: Freepik

Produk asuransi kredit adalah proteksi yang diberikan oleh asuransi kepada bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan atas risiko kegagalan debitur di dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti kredit modal kerja, kredit perdagangan dan lain-lain yang diberikan oleh bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan.

Objek yang ditanggung  oleh asuransi kredit adalah risiko timbulnya kerugian yang dialami oleh bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan karena adanya kredit macet dari debitur, sehingga asuransi kredit melindungi pihak pembiayaan keuangan dari kerugian bahkan kemungkinan gulung tikar. Saat terjadi hal tak diinginkan pada debitur yang mengakibatkan gagal bayar, maka pihak perusahaan asuransi akan melunasi seluruh hutang debitur kepada bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan. 

2. Kriteria Kredit Yang Dijamin

Yuk Kenali Asuransi Kredit, Apa Saja Manfaat dan Risiko yang Ditanggung?

Sumber: Freepik

Bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan yang ingin mengajukan asuransi kredit harus memahami beberapa kriteria kredit yang dijamin oleh asuransi kredit, karena tidak semua jenis kredit dapat diasuransikan. Kriteria kreditnya adalah jika kredit yang diberikan kepada nasabah atau debitur didasarkan pada norma-norma perkreditan yang sehat, wajar, dan berlaku umum.

Kemudian ketika debitur pada saat melakukan kreditur tidak sedang berada pada kondisi ekonomi yang goyah atau dalam proses kepailitan. Selain itu, kondisi debitur tidak sedang memiliki tanggungan atau beban utang yang didapat dari bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan yang lain. Kemudian yang terakhir, debitur tersebut sudah memiliki izin usaha dan tidak bertentangan dengan aturan atau hukum yang berlaku. Proses kredit yang dilakukan sesuai dengan Manual Pemberian Kredit yang sesuai dengan SE Bank Indonesia. 

3. Risiko Yang Ditanggung

Yuk Kenali Asuransi Kredit, Apa Saja Manfaat dan Risiko yang Ditanggung?

Sumber: Freepik

Beberapa risiko yang dapat dijamin pada asuransi kredit adalah ketika debitur tidak melunasi kredit saat kredit sudah memasuki jatuh tempo dengan ketentuan bahwa usaha debitur sudah tidak berjalan lagi. Kemudian, ketika debitur sudah tidak memiliki kemampuan untuk membayar kewajibannya yang berbentuk utang karena usaha yang sedang dijalankannya itu bangkrut.

Selain itu, ketika debitur dinyatakan pailit oleh pengadilan negeri yang berwenang atau debitur telah dikenakan likuidasi. Kemudian, saat debitur meninggalkan tanggung jawabnya untuk melunasi hutang dengan melarikan diri atau menghilang, tidak diketahui lagi alamatnya. Kondisi lainnya adalah ketika debitur melakukan penarikan kembali kredit sebelum jangka waktu pelunasan hutang yang telah disepakati sebelumnya berakhir. 

4. Mengapa Asuransi Kredit Penting?

Yuk Kenali Asuransi Kredit, Apa Saja Manfaat dan Risiko yang Ditanggung?

Sumber: Freepik

Asuransi kredit memberikan proteksi agar cicilan tetap lunas meskipun terjadi risiko yang tidak diharapkan, seperti kematian, cacat permanen, PHK, sampai gulung tikar. Jadi, ahli waris tidak perlu menanggung atau dikenakan kewajiban untuk melunasi utang kredit. Perlindungan yang diberikan pun tidak hanya untuk bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan, namun bagi bagi ahli waris yang ditinggalkan oleh debitur atau penerima utang.

Asuransi kredit bukan sebagai jalan keluar untuk menghindari dari pembayaran atau pelunasan utang. Perusahaan asuransi hanya menanggung risiko-risiko yang sudah diatur dalam sertifikat kepesertaan. Jadi, asuransi kredit memberikan rasa aman dan tenang dari risiko-risiko yang tidak diinginkan dan berpotensi tidak dapat melunasi utang. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Yuk Kenali Asuransi Kredit, Apa Saja Manfaat dan Risiko yang Ditanggung?

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share