Waspada Darah Rendah : Kenali Gejala dan Cara Atasinya

Sumber foto : We Heart It

Kamu kerap kali merasakan gejala seperti mata berkunang-kunang, pandangan kabur, rasa haus terus menerus dan merasa kedinginan? Gejala-gejala tersebut merupakan beberapa indikasi dari darah rendah. Sebetulnya, apa itu darah rendah dan gejala-gejala lainnya yang dirasakan tubuh? Apakah darah rendah berbahaya untuk kesehatan?triggering of migraine, chronic back pain, and cause migraine headache image

Sumber foto : We Heart It

Tekanan darah manusia normalnya berukuran 120/80 mm Hg. Jika setelah melakukan pemeriksaan, tekanan darahmu 90/60 mm HG, beberapa ahli kesehatan mengkategorikannya sebagai darah rendah. Apakah darah rendah berbahaya? Perubahan tekanan darah menjadi rendah secara tiba-tiba, berbahaya karena bisa berdampak pusing yang hebat, akibat otak gagal menerima aliran darah yang cukup. bp, hypertension, and yoga asanas image

Sumber foto : We Heart It

Apa itu darah rendah? Kondisi darah rendah terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal. Ketika darah mengalir lewat arteri, otomatis dinding arteri akan menerima tekanan. Tekanan ini yang menjadi ukuran kekuatan aliran darah atau yang sering disebut dengan tekanan darah.

Gejala Darah Rendah

types of headaches image

Sumber foto : We Heart It

Berikut adalah beberapa gejala dari darah rendah yang perlu kamu perhatikan. Meski begitu, untuk hasil yang lebih akurat maka kamu perlu melakukan tensi darah di klinik atau rumah sakit, ya. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan hasil diagnosa tepat dari tim kesehatan. Pemeriksaan kesehatan lebih awal bermanfaat untuk penanganan yang tepat, cepat dan efektif. 

  1. Mata berkunang-kunang
  2. Mual
  3. Penglihatan kabur
  4. Detak jantung lebih cepat dari normal
  5. Irama detak jantung tidak teratur
  6. Badan terasa lemas
  7. Merasa kedinginan
  8. Dehidrasi, merasa haus terus menerus

Cara Mengatasi Darah Rendah

health, heart, and hypertension image

Sumber foto : We Heart It

Setelah mengetahui apa itu darah rendah dan indikasinya, ada cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi darah rendah, nih. Apa saja, ya?

1. Jaga Pola Makan

food, eat, and fruit image

Sumber foto : We Heart It

Jaga pola makan yang sehat dan teratur. Kamu harus memperhatikan nutrisi yang ada dalam makanan yang kamu konsumsi setiap hari untuk mengatasi darah rendah. Makanan yang cocok untuk mengatasi darah rendah antara lain semangka, buah bit dan bayam.

2. Minum Air Putih secara Teratur

hipster, pale, and mineral image

Sumber foto : We Heart It

Saat darah rendah, salah satu gejala yang dirasakan adalah dehidrasi. Nah, untuk mengatasinya maka perlu konsumsi air putih secara teratur agar tubuh tidak kekurangan asupan air. Banyak minum air putih untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi, jadi terhindari deh dari darah rendah. 

3. Konsumsi Kopi

book, clothes, and coffee image

Sumber foto : We Heart It

Kurangi konsumsi minuman beralkohol untuk mencegah gejala darah rendah yang muncul. Sebaiknya, kamu meminum secangkir kopi di pagi hari untuk terhindari dari darah rendah karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat menaikkan tekanan darah. 

4. Atur Posisi saat Tidur

taylor hill image

Sumber foto : We Heart It

Kalau cara-cara atasi darah rendah sebelumnya berasal dari dalam tubuh, ada cara atasi darah rendah dari luar lho yaitu mengatur posisi tidur. Ketika tidur, tumpuklah 2 hingga 3 bantal agar ketika bangun dan berdiri tidak mengalami penurunan tekanan darah secara drastis. Jadi terhindar dari pusing, mata berkunang-kunang dan pandangan kabur ketika hendak bangkit setelah bangun tidur.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *