Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Manfaatnya

Sumber: Freepik

Asuransi kehamilan mungkin terdengar asing di telinga kamu. Ternyata asuransi kehamilan dan melahirkan akan memberi proteksi dan perlindungan saat kehamilan berlangsung hingga waktunya melahirkan. Kehamilan dan melahirkan adalah proses yang berisiko tinggi bahkan mengancam nyawa ibu dan bayi, sehingga jika kamu sedang mempersiapkan kehamilan sebaiknya memiliki asuransi kehamilan sebagai usaha untuk menjamin kesehatan ibu dan bayi. Selain itu, biaya yang dibutuhkan dari mulai awal kehamilan sampai pasca lahiran pun tidak sedikit. Apalagi jika ada kondisi darurat tertentu yang dapat menelan biaya besar. Nah, oleh karena itu mari kenali tips, syarat serta manfaat dari asuransi kehamilan! 

1. Pilih Produk Asuransi Kehamilan Sejak Dini

Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Manfaatnya

Sumber: Freepik

Dalam asuransi kehamilan, ada masa tunggu yang cukup lama, yaitu sekitar 9-12 bulan setelah masa asuransi kehamilan sudah terlewati. Kamu bisa menegosiasikan masa tunggu dengan pihak asuransi agar lebih singkat, namun beberapa perusahaan mempunyai peraturan khusus terkait hal tersebut. Oleh karena itu, jika sedang mempersiapkan kehamilan sebaiknya segera persiapkan asuransi kehamilan juga, ya!

Dengan begitu, kamu juga bisa menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk membayar premi bulanannya sambil menabung untuk membeli perlengkapan dan kebutuhan bayi sesudah melahirkan. Jika kondisi kamu sudah hamil dan baru mengajukan asuransi kehamilan, maka kamu tidak bisa menggunakan asuransi melahirkan untuk persalinan kamu kelak. Jadi, penting untuk mengambil asuransi kehamilan sesegera mungkin sebelum merencanakan kehamilan. 

2. Pelajari Polis

Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Manfaatnya

Sumber: Freepik

Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dan nasabah yang berisi risiko dan syarat-syarat berlaku tentang produk asuransi. Agar kamu tidak mengalami keluhan saat menggunakan asuransi kehamilan untuk persalinan kelak, sebaiknya pelajari polis dengan teliti.

Tanyakan apa saja aturan serta pengecualian yang akan kamu dapatkan jika memiliki asuransi kehamilan pada agen asuransi. Jangan sampai kamu komplain ke pihak asuransi di hari persalinan kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan cara klaim asuransi tersebut, apakah menggunakan cashless, non tunai, dan mengajukan klaim dengan reimbursement. Fasilitas cashless memang jauh lebih mudah karena kamu hanya perlu menunjukkan kartu asuransi kepada rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan pihak asuransi. 

3. Asuransi Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Manfaatnya

Sumber: Freepik

Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar manfaatnya menjadi maksimal. Dalam kehamilan ataupun persalinan, tidak menutup kemungkinan bahwa ada penyakit atau gangguan yang bisa saja terjadi. Nah, kamu bisa memilih produk asuransi yang dapat menanggung penyakit atau gangguan tersebut saat kamu sedang hamil.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menyesuaikan produk asuransi kehamilan dan persalinan dengan kemampuanmu untuk membayar premi setiap bulannya. Jika masa tunggu sudah terlewati dan kamu tidak membayar premi bulanan, maka saat kamu melahirkan manfaat dari produk asuransi akan hangus. Jadi, kamu bisa memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. 

4. Manfaat Asuransi Kehamilan

Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Manfaatnya

Sumber: Freepik

Asuransi kehamilan yang baik akan memberi manfaat, seperti perawatan di rumah sakit termasuk rawat inap pra bersalin minimal 30 hari dan pasca bersalin minimal 60 hari. Selain itu, dengan asuransi kehamilan dan persalinan, kamu juga akan mendapat jaminan biaya medis pra dan pasca melahirkan, baik persalinan normal ataupun sesar.

Tidak hanya ibu, bayi pun mendapat perlindungan pada 90 hari pertama jika bayi didiagnosis mengalami penyakit kritis dan kelainan bawaan. Kamu juga akan mendapatkan jaminan biaya konsultasi dokter, obat-obatan, suplemen untuk wanita hamil, dan sebagainya. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan manfaat seperti senam kehamilan dan bimbingan menjelang persalinan, lho! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Manfaatnya

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share