Tips Efektif Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa

Sumber foto : Freepik

Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama 12 jam. Tentu saja tidak minum dalam jangka waktu tersebut sambil melakukan aktivitas sehari-hari berisiko terkena dehidrasi. Meskipun memang, dehidrasi yang terjadi pada puasa adalah dehidrasi ringan yang tidak berbahaya. Namun, dehidrasi ringan juga dapat menimbulkan beberapa gejala seperti pusing, sakit kepala, dan tubuh terasa lelah. Agar terhindar dari dehidrasi dan kebutuhan akan cairan selalu tercukupi, simak tips di bawah ini ya! 

1. Minum Air Putih 8 Gelas 

Close-up of beautiful young woman drinking water from glass | Free ...

Sumber: Freepik

Disaat hari-hari biasa, kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Jumlah tersebut setara dengan 2,5 liter per hari. Saat berpuasa, waktu yang diperbolehkan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh pun akan berubah. Nah, saat sahur adalah waktu terbaik untuk memenuhi cairan tubuh harian.

Agar terhindar dari dehidrasi seharian, biasakan untuk minum air putih saat sahur sebanyak 4 gelas. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman manis atau mengandung kafein. Jika kamu tidak mencukupi kebutuhan cairan, maka ciri-ciri dehidrasi yang terlihat adalah air liur mulai kering, bibir pecah-pecah, dan mudah terserang demam. 

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Various fresh vegetables Free Photo

Sumber: Freepik

Agar puasa tetap lancar dan selalu bugar, kamu bisa menambahkan buah dan sayur saat sahur. Kandungan air dalam buah dan sayur juga membantu menghindari dehidrasi. Jadi, kamu bisa mendapat cairan tambahan dari buah dan sayur tanpa kembung! Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran saat sahur bisa mengenyangkan perut sekaligus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi semangka, timun, tomat, anggur, dan lain-lain. Kandungan air dalam buah dan sayur pun dapat menjaga stamina tubuh, lho! Perhatikan cara mengolah sayuran ya agar tidak merusak nutrisinya dan hindari menggoreng sayuran. Selain itu, kandungan vitamin, serat, dan mineral pada buah-buahan serta sayur-sayuran dapat memberi nutrisi pada tubuh dan melancarkan pencernaan saat berpuasa. 

3. Hindari Makanan Terlalu Asin

Chips on the table Free Photo

Sumber: Freepik

Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang terlalu asin saat sahur agar tidak mempercepat rasa haus. Hal itu dikarenakan saat mengonsumsi makanan asin berlebihan, maka kadar sodium dalam tubuh pun tidak seimbang. Sodium berfungsi sebagai penjaga keseimbangan jumlah air dalam tubuh.

Saat jumlah sodium tidak seimbang, maka kita bisa mengalami dehidrasi. Dalam waktu yang sama setelah mengonsumsi makanan yang terlalu asin, sel-sel tubuh mengirimkan sinyal ke salah satu bagian otak, yaitu hypothalamus. Sinyal itulah yang diterima oleh sensor perasa haus dalam hypothalamus. Oleh karena itu, kita akan merasakan haus terus-menerus setelah mengonsumsi makanan asin yang berlebihan. Jika sinyal tersebut diabaikan, maka dapat berakibat fatal. 

4. Hindari Aktivitas Terlalu Berat 

Rear view of mature golfer couple Premium Photo

Sumber: Freepik

Saat berpuasa, kita tetap menjalani aktivitas normal seperti biasanya. Namun, pada hari biasa sebanyak 1.000-4.500 mililiter cairan hilang lho dari tubuh kamu. Agar tidak mudah haus dan menghindari dehidrasi, hindari aktivitas yang terlalu berat saat berpuasa karena akan membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan.

Jika kamu rutin berolahraga saat berpuasa juga dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga yang berat. Kamu bisa berolahraga di waktu menjelang berbuka puasa agar cairan yang hilang dapat segera terganti saat berbuka. Selain itu, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan agar tidak mudah terasa lelah dan haus. Selain melalui urine, cairan juga hilang melalui keringat. Jadi, hindari aktivitas berlebih di siang hari untuk mencegah hilangnya cairan berlebih saat berpuasa. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Cara Daftar BPJS Kesehatan Online, Yuk Cari Tahu!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share