Tips Efektif Cegah Berat Badan Naik Saat dan Setelah Lebaran

Sumber foto : Wikipedia

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri. Dalam perayaan hari lebaran, banyak sajian-sajian khas lebaran seperti opor ayam, rendang, sambal goreng, ketupat, dan sebagainya. Setelah menahan lapar dan haus selama 30 hari, seringkali kita memilih untuk balas dendam dengan makan sepuasnya di hari lebaran. Tentu saja perilaku tersebut dapat membuat berat badan kita melonjak. Nah, agar berat badan tetap terkontrol dengan baik saat lebaran, simak tips di bawah ini yuk! 

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Tips Efektif Cegah Berat Badan Naik Saat dan Setelah Lebaran

Sumber: Freepik

Saat lebaran, kita disajikan berbagai macam menu makanan dari mulai makanan ringan hingga makanan berat. Makanan ringan yang berupa kue-kue kering mengandung gula dan kalori yang tinggi. Satu buah nastar mengandung 75 kalori, jika kamu makan 5 buah nastar artinya setara dengan satu piring nasi putih. Tidak hanya nastar, kue kering seperti kue keju, putri salju, lidah kucing, dan sebagainya mengandung kalori yang tidak jauh berbeda dengan nastar.

Jika kamu biasa banyak makan kue kering saat lebaran, sekarang sebaiknya hindari itu ya! Selain itu, hindari juga minuman terlalu manis seperti soda, sirup, es buah, dan sebagainya. Pilih minuman yang rendah kalori seperti air putih, teh, kopi, sparkling water atau infused water agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh tetap terkontrol. 

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Tips Efektif Cegah Berat Badan Naik Saat dan Setelah Lebaran

Sumber: Freepik

Pastikan kamu tetap sarapan agar nafsu makan kamu di siang hari tetap terkontrol. Jika kamu sudah merasa kenyang, maka godaan makanan di tempat lain saat kamu bersilaturahmi bisa teratasi. Kamu tetap boleh untuk mencicipi kue atau makanan yang ada di  rumah, tapi pastikan porsinya dibatasi. Menu sarapan juga perlu diperhatikan lho!

Kamu bisa menambahkan ekstra protein dalam menu sarapan kamu, seperti yoghurt, kacang-kacangan, dan telur. Mengapa protein? Protein dapat mengurangi ketagihan terhadap permen dan makanan manis lainnya. Jadi, kemungkinannya kecil untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dengan porsi yang berlebihan. Selain itu, waktu yang baik untuk sarapan adalah 1 jam setelah bangun tidur. 

3. Tetap Berolahraga Teratur

Tips Efektif Cegah Berat Badan Naik Saat dan Setelah Lebaran

Sumber: Freepik

Setelah lebaran dan memasuki libur lebaran, saatnya kamu kembali ke aktivitas seperti biasanya termasuk berolahraga. Setelah mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori saat lebaran, sekarang waktunya untuk membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu sukai dan dapat dilakukan di rumah sehubungan dengan imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak fisik.

Kamu bisa melakukan olahraga seperti berenang, jogging, lompat tali, dan lari untuk membakar kalori yang berlebih dalam tubuh, sehingga berat badan setelah lebaran tetap terkontrol dengan baik. Kombinasi olahraga yang teratur dan makan-makanan sehat akan membuat berat badan kamu lebih terkontrol dan badan akan terasa lebih sehat dan bugar. Berolahraga penting untuk mengembalikan energi positif serta semangat sebelum mulai bekerja kembali. 

4. Perhatikan Pola dan Menu Makanan

Tips Efektif Cegah Berat Badan Naik Saat dan Setelah Lebaran

Sumber: Freepik

Setelah mengonsumsi makanan yang berlemak dan kalori yang tinggi saat lebaran, saatnya kembali ke pola makan yang normal. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dan agar pencernaan tetap lancar. Usahakan makan dengan porsi seperti biasa yang kamu makan, tapi dengan menu yang lebih sehat.

Ganti nasi putih dengan nasi merah, shirataki, nasi kongbap, atau kentang rebus agar terhindar dari gula darah yang berlebih. Selain itu, perhatikan olahan makanan, seperti makanan yang digoreng dan bersantan. Tidak hanya itu, hindari camilan yang terlalu manis, terlalu asin, dan mengandung pengawet. Jika kamu ingin ngemil, kamu bisa pilih camilan sehat, seperti granola, buah-buahan kering, atau kacang-kacangan. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Tips Efektif Cegah Berat Badan Naik Saat dan Setelah Lebaran

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share