Tips Ampuh Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

Sumber foto : Freepik

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan cairan selama lebih dari 12 jam. Selain dapat memicu dehidrasi ringan, berpuasa juga berpotensi menyebabkan kulit kering serta bibir kering dan pecah-pecah. Namun, hal-hal tersebut bisa dihindari jika kamu mengonsumsi cairan yang cukup saat sahur dan berbuka. Akan tetapi, terkadang kondisi bibir kering tetap dialami walaupun kamu sudah minum banyak air putih. Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan agar bibir tetap lembab dan tidak pecah-pecah? 

1. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Woman with bottle of fresh water Free Photo

Sumber: Freepik

Tubuh membutuhkan 2,3 liter sampai 2,5 liter per harinya. Jumlah tersebut setara dengan 8 gelas air putih per hari. sebanyak 8 gelas sehari. Jumlah tersebut setara dengan 2,5 liter per hari. Saat berpuasa, waktu yang diperbolehkan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh pun akan berubah. Saat sahur adalah waktu terbaik untuk memenuhi cairan tubuh harian.

Agar terhindar dari dehidrasi seharian, biasakan untuk minum air putih saat sahur sebanyak 4 gelas dan 4 gelas saat berbuka. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman manis atau mengandung kafein. Jika kamu tidak mencukupi kebutuhan cairan, maka salah satu ciri-ciri dehidrasi yang terlihat adalah bibir kering dan pecah-pecah. Jika cairan tubuh terpenuhi dengan baik, maka bibir dan kulit akan tetap lembab sepanjang hari. 

2. Mengaplikasikan Lip Balm

Portrait of white woman doing her daily skincare routine Free Photo

Sumber: Freepik

Fungsi lip balm adalah menambah hidrasi serta kelembaban pada bibir. Nah, dengan menggunakan lip balm, kamu juga dapat mengurangi kebiasaan membasahi bibir dengan lidah yang membuat bibir tambah kering. Kebiasaan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak bisa menghasilkan minyak secara natural agar permukaannya tetap lembab.

Maka, kamu membutuhkan lip balm agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. Umumnya lip balm mengandung minyak jojoba, beeswax, shea butter, dan vitamin E yang dapat melembabkan bibir serta menghaluskan kulit bibir kamu. Tidak hanya menghindari bibir yang kering dan pecah-pecah, lip balm juga dapat menyembuhkan luka pada bibir karena bibir yang kering, lho! Kamu bisa mengaplikasikan kapan saja saat bibir terasa kering, terutama sebelum tidur. 

3. Eksfoliasi Bibir 

Beauty and care. portrait of a young woman with a beautiful skin. beautiful lips. girl takes care of lips. woman with beautiful blue eyes. makeup. lip scrub. peeling Premium Photo

Sumber: Freepik

Tidak hanya kulit wajah yang perlu di eksfoliasi, kulit bibir juga penting lho! Menggunakan scrub khusus untuk bibir mengangkat sel kulit mati, sehingga bibir kembali halus. Sel-sel kulit mati yang menumpuk berpotensi membuat bibir terlihat kusam, terasa kasar, dan kering, sehingga eksfoliasi membantu bibir terlihat lebih cerah, halus, dan lembab.

Jika kamu tidak punya scrub khusus bibir, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya adalah, campurkan 1 sdt olive oil dengan 1/2 sdt gula. Atau, kamu juga bisa mencampurkan gula dan madu, kemudian pijat lembut bibirmu menggunakan scrub gula tersebut dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan scrub bibir minimal seminggu tiga kali setelah berbuka puasa, kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikan bibir agar bibir tidak kering. 

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Grapes; strawberries; pineapple; kiwi; apricot; banana and whole pineapple Free Photo

Sumber: Freepik

Salah satu tanda dehidrasi adalah bibir kering dan pecah-pecah. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi 8 gelas air putih sehari, kamu juga butuh nutrisi lebih dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Kandungan air dalam buah dan sayur juga membantu menghindari dehidrasi. Jadi, kamu bisa mendapat cairan tambahan dari buah dan sayur tanpa kembung!

Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran saat sahur bisa mengenyangkan perut sekaligus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya membantu memenuhi cairan dalam tubuh, kandungan vitamin, serat, dan mineral pada buah-buahan serta sayur-sayuran dapat memberi nutrisi pada tubuh dan melancarkan pencernaan saat berpuasa. Nah, agar bibir tetap sehat saat berpuasa, jangan lupa untuk selalu penuhi cairan tubuh, menggunakan pelembab bibir, serta rutin eksfoliasi bibir ya! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!5 Manfaat Scrub untuk Perawatan Tubuh

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share