Tips Ampuh dan Aman Untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Sumber foto : Freepik

Bekas jerawat yang berwarna gelap atau kemerahan dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri pada sebagian orang. Beda tipe bekas jerawat, berbeda pula cara penanganannya. Bekas jerawat terbagi menjadi dua, yaitu PIE (Post Inflammatory Erythema) atau yang biasa dikenal dengan bekas jerawat merah, dan PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) atau yang biasa dikenal dengan bekas jerawat gelap yang menghitam. Nah, bagaimana sih cara memudarkan bekas jerawat kemerahan dan menghitam dengan tepat? 

1. Memakai Tabir Surya

Portrait of white woman doing her daily skincare routine Free Photo

Sumber: Freepik

Jika kulit wajah kamu langsung terpapar sinar matahari tanpa adanya proteksi dari tabir surya, hal itu akan berdampak pada bekas jerawat kamu, lho! Tabir surya melindungi kulit kamu dari bekas jerawat, flek hitam, kerusakan kulit, hingga kanker kulit. Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit kamu dari kemerahan bila terpapar langsung sinar matahari, selain itu sinar matahari dapat memberburuk noda hitam bekas jerawat pada wajah kamu.

Penggunaan tabir surya tidak hanya penting bagi kamu yang memiliki bekas jerawat gelap, namun pada bekas jerawat merah juga butuh perlindungan tabir surya agar tidak memperparah kondisinya. Sebaiknya gunakan tabir surya minimal SPF 30 setiap harinya, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap 2-3 jam sehari agar perlindungannya maksimal. 

2. Menggunakan Serum Wajah

Skin care serum Free Photo

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang memiliki bekas jerawat merah, sebaiknya hindari menggunakan serum yang bersifat eksfoliasi atau mencerahkan, karena dapat memperparah iritasi pada bekas jerawat yang memerah. Kamu bisa menggunakan serum yang mengandung niacinamide, vitamin C, ceramide, ekstrak teh hijau (green tea), azelaic acid, dan lactic acid.

Kandungan-kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan, memperkuat skin barrier, dan anti bakteri. Nah, jika kamu memiliki bekas jerawat yang berwarna gelap, kamu bisa menggunakan serum yang mengandung AHA, BHA, vitamin C, alpha arbutin, retinoid, dan retinol. Kandungan-kandungan tersebut dapat memudarkan bekas jerawat hitam dan mencerahkan warna kulit. Jika kamu menggunakan serum dengan semua kandungan tersebut, jangan lupa untuk memakai tabir surya di pagi dan siang hari, ya! 

3. Memakai Pelembab Wajah

Skin care Free Photo

Sumber: Freepik

Kulit wajah membutuhkan kelembaban untuk menyembuhkan dan memperbaiki penampilannya. Lapisan atas kulit, yaitu stratum corneum dapat menyerap air sebanyak tiga kali beratnya. Pelembab dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan memperbaiki kerusakan sel yang terjadi akibat jerawat.

Kamu bisa pilih pelembab dengan kandungan ceramide dan centella asiatica untuk meredakan kulit yang meradang serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Jika kamu memiliki kulit kering, kamu juga bisa menggunakan pelembab yang mengandung hyaluronic acid. Selain itu, kandungan seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin B12 yang terdapat dalam beberapa produk pelembab wajah dapat memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata serta mencerahkan kulit. Pilih pelembab sesuai dengan jenis kulit kamu, ya! 

4. Toner Wajah

Skincare. young woman with lotion washing face at bathroom Premium Photo

Sumber: Freepik

Toner wajah terbagi menjadi dua, yaitu toner untuk eksfoliasi dan toner untuk hidrasi kulit. Bagi kamu yang memiliki PIE dan PIH, tetap harus menggunakan toner untuk hidrasi agar kelembaban kulit tetap terjaga dan mempersiapkan kulit untuk skincare selanjutnya. Untuk bekas jerawat yang menghitam, dapat menggunakan toner eksfoliasi yang mengandung AHA atau BHA untuk memudarkan noda bekas jerawat serta meregenerasi kulit. Kamu bisa menggunakannya setiap hari atau dua hari sekali.

Sebelum menggunakan toner eksfoliasi, lakukan tes alergi terlebih dahulu untuk memastikan kulit kamu tidak iritasi terhadap kandungan tersebut. Lain halnya dengan bekas jerawat hitam yang perlu untuk dieksfoliasi dengan toner secara rutin, untuk bekas jerawat kemerahan sebaiknya hindari eksfoliasi yang berlebihan. Untuk kamu yang memiliki bekas jerawat merah, boleh menggunakan toner eksfoliasi, namun pilih kandungan dengan konsentrasi rendah dan mild. Selain itu, hindari memakai toner eksfoliasi setiap hari. Kamu bisa menggunakan toner eksfoliasi seminggu dua kali, dan memakai toner untuk hidrasi kulit setiap hari, ya! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

8 Tips Makeup untuk Pemula yang Cara Aplikasinya Mudah

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share