4 Tips Olahraga di Luar Ruangan Saat New Normal

Sumber foto : Freepik

Di tengah pandemi virus corona, berolahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Setelah berbulan-bulan berolahraga di rumah, sekarang kamu bisa lho berolahraga di luar ruangan! Asal, kamu tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku di era new normal ini, ya. Agar tetap aman saat berolahraga di luar ruangan, simak tips di bawah ini ya! 

1. Cek Kondisi Tubuh

Healthy beautiful young asian runner woman in sports clothing running and jogging Free Photo

Sumber: Freepik

Di tengah era new normal, kondisi tubuh yang fit adalah kunci untuk menghindari infeksi virus corona. Saat memutuskan untuk berolahraga di luar ruangan, pastikan kondisi tubuh kamu sedang fit, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Sebaliknya, jika kondisi tubuh sedang tidak baik, sebaiknya berolahraga di dalam rumah saja.

Saat kondisi tubuh sedang tidak fit, daya tahan tubuh akan menurun dan secara otomatis membuat kamu rentan terserang penyakit. Dengan berolahraga di rumah saat kondisi tubuh kurang fit, kamu juga tetap mendapatkan manfaat yang sama dengan berolahraga di luar ruangan, bahkan jauh lebih aman. Pastikan melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu dan jangan memaksakan diri. 

2. Cek Wilayah

Close up man holding smartphone for playing while walking on treadmill machine Premium Photo

Sumber: Freepik

Jika kondisi tubuh sedang fit dan siap untuk berolahraga di luar ruangan, tips selanjutnya adalah cek dahulu wilayah mana yang kamu akan melakukan olahraga di luar ruangan. Jika wilayahnya masuk ke dalam zona hijau atau zona kuning, kamu masih bisa berolahraga di wilayah tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Jika wilayahnya masuk ke dalam zona merah bahkan zona hitam, sebaiknya hindari berolahraga di luar ruangan karena risiko penyebarannya juga besar. Sekarang, pengecekan wilayah juga bisa diakses dengan sangat mudah. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah meluncurkan situs yang bisa kamu akses guna mengetahui perkembangan terkini soal penyebaran virus corona.

3. Aplikasikan Physical Distancing

Young african american man in sportswear walking along road Free Photo

Sumber: Freepik

Saat melakukan olahraga di luar, sebisa mungkin usahakan melakukan physical distancing dengan orang-orang sekitar. Walaupun kamu berolahraga bersama teman, tetap lakukan ini ya! Terutama jika kamu berolahraga di tempat yang sedikit ramai. Saat berpapasan dengan orang lain, jaga jarak 1,5 sampai 2 meter seperti anjuran dari WHO.

Menjaga jarak minimal 1,5 meter berlaku untuk semua olahraga yang kamu lakukan, ya! Mulai dari senam, jogging, jalan kaki, lari, dan lainnya. Dengan melakukan physical distancing, kamu akan terhindar dari risiko penyebaran virus corona melalui droplets atau risiko bersentuhan dengan orang lain. Nah, sebaiknya hindari olahraga yang akan sulit menerapkan physical distancing, seperti sepak bola, basket, voli, dan sebagainya. 

4. Jangan Menyentuh Benda-Benda Sekitar

Woman hand using wash hand hygiene gel pump dispenser Premium Photo

Sumber: Freepik

Ini adalah syarat terpenting, yaitu usahakan tidak menyentuh benda-benda yang ada di sekitar tempatmu berolahraga. Terutama benda-benda yang sekiranya sering disentuh orang lain. Pasalnya, kita tidak tahu apa saja yang menempel pada benda-benda tersebut. Tempat-tempat olahraga publik, seperti taman kota, atau stadion menyediakan fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Mulai dari bangku, hingga alat-alat olahraga, seperti untuk pull-up, dan sebagainya.

Dengan banyaknya orang yang menggunakan fasilitas umum tersebut, banyak bakteri bahkan virus yang menempel tanpa kamu ketahui sebelumnya. Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh fasilitas umum ya! Jika tidak sengaja menyentuh, gunakan hand sanitizer segera. Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer atau tisu basah antiseptik. Setelah berolahraga, segera cuci pakaian yang kamu pakai untuk berolahraga tadi dan sebaiknya segera mandi, ya! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share