Pentingnya Memiliki Asuransi Properti Yang Harus Kamu Ketahui

Sumber foto : Freepik

Salah satu asuransi yang mungkin terdengar asing namun memiliki segudang manfaat adalah asuransi properti atau asuransi rumah. Asuransi tersebut memproteksi properti atau aset yang berupa bangunan serta isinya. Rumah beserta isinya termasuk aset yang berharga maka jika menyebabkan kerugian akan membuat situasi keuangan kamu memburuk, terutama jika dana darurat tidak mencukupi. Asuransi properti terbagi menjadi dua, yaitu asuransi rumah kebakaran dan asuransi all-risk. Apa saja sih manfaatnya?

1. Melindungi Rumah Beserta Isinya

Pentingnya Memiliki Asuransi Properti Yang Harus Kamu Ketahui

Sumber: Freepik

Selain menjadi tempat tinggal, rumah dan isinya adalah aset yang sangat berharga. Rumah juga dapat memiliki risiko seperti kebakaran, pencurian, terkena bencana alam, dan sebagainya. Oleh karena itu, asuransi properti dapat melindungi aset tersebut. Fungsi utama dari asuransi properti adalah memberikan jaminan perlindungan kepada rumah yang kamu miliki beserta isinya.

Jadi, jika terjadi risiko-risiko tersebut, maka pihak asuransi yang akan menanggungnya. Furniture serta harta benda yang terdapat di dalam rumah pun dapat diproteksi oleh asuransi jika kamu turut mengasuransikan barang-barang tersebut. Asuransi rumah atau properti memberikan penggantian biaya akibat kerusakan atas kehilangan atas properti kamu. Nah, syarat penggantiannya adalah bahwa kerugian tersebut tidak terjadi karena kelalaian kamu sendiri. 

2. Biaya Yang Murah

Pentingnya Memiliki Asuransi Properti Yang Harus Kamu Ketahui

Sumber: Freepik

Premi asuransi yang dikenakan pada asuransi kebakaran pun rata-rata sangat kecil, yaitu 0.50/00 dari total aset yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki bangunan rumah beserta isinya dengan total Rp1 miliar rupiah, maka total premi yang harus kamu bayarkan hanya Rp500.000 per tahun untuk asuransi rumah kebakaran. Namun, premi yang dikenakan akan lebih tinggi jika kamu memiliki asuransi all-risk karena cakupan perlindungan yang lebih luas.

Kamu hanya perlu membayar premi yang sangat murah untuk mendapatkan proteksi yang maksimal atas properti yang kamu miliki. Jadi, hanya dengan biaya yang murah, aset kamu sudah terjamin. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir akan risiko serta kemungkinan buruk yang akan terjadi pada aset kamu sewaktu-waktu. 

3. Nilai Properti Yang Stabil

Pentingnya Memiliki Asuransi Properti Yang Harus Kamu Ketahui

Sumber: Freepik

Dengan asuransi rumah atau properti, aset yang kamu miliki nilai propertinya akan stabil, bahkan lebih tinggi. Jika rumah kamu terkena bencana atau musibah, maka nilai propertinya akan berkurang. Namun, jika rumah kamu diasuransikan, nilainya propertinya akan tetap stabil. Bangunan, harta, benda, serta surat-surat penting yang kamu miliki juga akan terlindungi dengan baik oleh asuransi rumah atau properti.

Benda-benda tersebut termasuk di dalam asuransi rumah all-risk dan kamu harus mendaftarkan barang-barang yang ingin diasuransikan. Dengan asuransi rumah all-risk, maka kamu juga akan mendapatkan jaminan perlindungan jika kehilangan pendapatan. Jadi, jika kamu bermaksud untuk menjual aset yang kamu punya, tidak perlu khawatir jika harganya akan turun karena asuransi properti menjaga nilai properti stabil bahkan kemungkinan bisa meningkat. 

4. Hidup Yang Lebih Nyaman

Pentingnya Memiliki Asuransi Properti Yang Harus Kamu Ketahui

Sumber: Freepik

Kamu akan merasakan hidup yang lebih nyaman dan tentram dengan mengasuransikan aset properti yang kamu punya. Dengan memiliki asuransi properti, setidaknya kamu telah melindungi dan meminimalisir kerugian dari kejadian yang tidak terduga. Asuransi properti sendiri bisa dikatakan sebagai tindakan preventif jangka panjang untuk hidup kamu.

Bayangkan jika kamu tidak mengasuransikan aset yang kamu miliki saat terjadi bencana, maka kamu akan mengalami kerugian finansial yang cukup besar. Apalagi jika kamu tidak punya dana darurat untuk menanggung itu semua. Oleh karena itu, kamu akan terhindar dari gangguan finansial yang dapat menyebabkan kerugian atau bahkan kebangkrutan. Pihak asuransi akan menanggung kerugian sesuai dengan perjanjian dalam polis. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Pentingnya Memiliki Asuransi Properti Yang Harus Kamu Ketahui

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share