Mengenal Jenis-Jenis Batuk dan Cara Mengatasinya

Sumber foto : New York Post

Akhir-akhir ini sering batuk? Kala rasa gatal dan kurang nyaman mulai mengganggu tenggorokan, ingin segera temukan obat yang tepat untuk kesembuhan. Secara ilmiah, batuk merupakan respon tubuh terhadap benda asing seperti debu, polusi atau alergen (pemicu alergi) yang masuk ke saluran pernafasan. Batuk juga bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. 

Hasil gambar untuk cough freepik

Sumber foto : Freepik

Batuk ada dua jenis, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh infeksi dari virus atau bakteri. Batuk berdahak terjadi ketika paru-paru terinfeksi sehingga menghasilkan dahak lebih banyak. Akibat infeksi, terdapat dahak pada tenggorokan yang keluar saat batuk. Sementara, batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak. Penyebab batuk kering antara lain alergi, asma, terkena asap, dan debu. Lalu, bagaimana cara atasi batuk?

1. Cuka Apel

Sumber foto : Freepik

Cuka apel memiliki sifat asam yang berguna untuk melindungi tenggorokan-mu dari virus dan bakteri yang membandel. Obat batuk alami satu ini cocok banget untuk kamu yang sudah merasa sakit tenggorokan berat dan mengganggu saat makan, minum dan berbicara. Oh iya, jangan lupa campurkan cuka apel dan garam yang berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan yang kian menjalar. Ramuan ini dinilai efektif nih untuk melegakan sakit tenggorokan. Pertama, campurkan 1 sendok makan cuka apel, 2 sendok teh garam dan air hangat. Larutkan, lalu gunakan untuk berkumur. 

2. Kumur dengan Air Garam

Salt in wooden spoon and heap of white salt on dark Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat menjadi obat gusi bengkak paling ampuh dan alami tanpa menggunakan resep obat dari dokter. Caranya mudah banget, kamu cukup berkumur menggunakan air garam. Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dalam mulut selama beberapa saat, fokuskan di area tenggorokan yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam menyerap kelembaban dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Infeksi akibat peradangan di tenggorokan dapat diredakan pula dengan air garam.

3. Madu

Honey spoon on jar Free Photo

Sumber foto : Freepik

Dengan teksturnya yang legit dan manis, madu dipercaya sebagai pereda batuk, terutama bagi anak-anak. Biasanya, untuk meredakan batuk madu diminum sebelum tidur. WHO dan American Academy Pediatrics menyatakan bahwa madu memang dapat meredakan batuk. Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General menyatakan bahwa pemberian satu sendok makan madu setiap beberapa jam sekali dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan. Hasil studi di Amerika menunjukkan bahwa madu bisa meredakan radang tenggorokan dan batuk lebih baik dibanding obat batuk yang mengandung ekstrak madu. 

4. Jahe

Fresh ginger root and sliced on wooden table. Free Photo

Sumber foto : Freepik

Tidak hanya dikonsumsi untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin, konsumsi air jahe dapat juga dapat meredakan batuk berdahak. Jahe mengandung antioksidan yang tinggi serta antiinflamasi yang dapat membantu untuk melawan batuk berdahak. Kedua kandungan tersebut dapat membunuh virus yang menyebabkan batuk berdahak. Kamu bisa mencampurkan lemon pada air jahe, kemudian sebaiknya mengonsumsi dua kali sehari. Untuk mengencerkan lendir pada batuk berdahak, kamu juga bisa mengkombinasikan jahe, madu, dan lemon yang dilarutkan. 

5. Cengkeh

Closeup of clove texture Free Photo

Sumber foto : Freepik

Cengkeh merupakan salah satu bumbu dapur yang beraroma wangi dan membuat olahan makanan menjadi lebih sedap. Mengunyah cengkeh dengan garam dapat memudahkan dahak keluar dan mengurangi iritasi pada tenggorokan. Selain itu, kamu bisa mengkonsumsinya dengan menyeduh beberapa biji cengkeh dicampur dengan setetes minyak cengkeh. Larutan tersebut dapat meredakan flu dan batuk karena berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat meringankan peradangan pada saluran pernapasan atas. 

6. Madu dan Lemon

Sumber foto : Unsplash.com

Mengandung zat yang dapat meredakan lendir saat sakit tenggorokan menyerang. Madu adalah obat sakit tenggorokan yang efektif karena dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan membentuk selaput di tenggorokan yang mampu memberi rasa lega dan meringankan iritasi penyebab sakit tenggorokan. Sedangkan lemon yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk memaksimalkan imun pertahanan tubuh. Jadi cocok banget nih untuk melawan virus penyebab radang tenggorokan dengan lebih mudah. Tubuh bisa kembali fit dan aktivitas berjalan lancar.

7. Jeruk Nipis

sliced lemon on white surface

Sumber foto : Unsplash.com

Jeruk nipis seringkali menjadi salah satu komposisi di obat batuk yang dijual bebas. Nah, jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang dapat melemaskan otot-otot di saluran pernapasan, sehingga dapat meredakan batuk. Kamu bisa mencampurkan jeruk nipis, madu, dan air hangat sebagai ramuan pereda batuk. Ramuan tersebut dapat memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan. Tidak hanya dapat melegakan saluran pernapasan, jeruk nipis berkhasiat sebagai obat penurun panas, dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan yang gatal. 

Share