Masa Kadaluarsa Make Up yang Harus Kamu Tahu

Sumber foto : Freepik

Sama seperti makanan, make up juga memiliki masa kadaluarsanya. Beda jenis make up, beda juga masa kadaluarsanya. Jika terlalu lama dipakai, make up yang kadaluarsa bisa merusak kulit. Nah, sekarang saatnya kamu mengetahui masa kadaluarsa make up kamu agar tidak mengiritasi kulit! 

1. Foundation, Concealer dan Blush On Cair 

Expired Makeup: What Happens When You Use Old Makeup | The Healthy

Sumber: The Healthy

Kosmetik cair atau liquid memiliki masa kadaluarsa yang lebih singkat dibanding kosmetik bubuk atau powder, seperti foundation, concealer, dan blush on cair. Agar tidak menjadi sarang bakteri, ganti foundation, concealer, dan blush on cair setiap 6 hingga 12 bulan sekali.

Produk kosmetik cair umumnya menggunakan bahan dasar air yang menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Agar lebih awet, hindari penyimpanan foundation, concealer, dan blush on cair di tempat lembab, serta jauhkan dari tempat yang panas atau tempat dengan suhu tinggi. Ciri-ciri bahwa kamu harus mengganti produk tersebut, adalah perubahan warna, bau, dan konsistensi. Selain itu, jika komponen cairan menjadi terpisah, sebaiknya segera buang produk tersebut. 

2. Powder Blush On, Bedak, Eyeshadow dan Bronzer

The *Real* Makeup Expiration Date for Every Product in Your Makeup Bag

Sumber: Lindseysilberman

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masa kadaluarsa untuk make up bertekstur bubuk lebih lama dibanding kosmetik cair. Produk kosmetik bubuk atau padat mengandung sedikit kadar air dari ekstrak botani yang berisiko menjadi sasaran empuk bakteri untuk berkembang biak. Salah satu indikator bahwa kamu harus mengganti produk kosmetik tersebut, adalah saat produk padat berubah tekstur menjadi kering dan kasar.

Masa kadaluarsa blush on, bedak, eyeshadow, dan bronzer bubuk adalah 2 tahun setelah dibuka. Sebaiknya jangan biarkan produk kosmetik tersebut terbuka dalam waktu lama. Dengan membiarkannya terkena udara, akan memudahkan bakteri untuk berkembang biak di dalamnya. Untuk meminimalisir perkembangan bakteri, sering-sering cuci kuas make up dengan sabun khusus atau sabun antiseptik. 

3. Lipstik dan Lipgloss

Do Beauty products and Make up Expire? | Skin makeup, Beauty ...

Sumber: Pinterest

Produk lipstick atau lipgloss sebenarnya tidak mudah dicemari bakteri karena formulanya tidak mengandung air. Namun, karena kerap digunakan pada area mulut, maka sebaiknya diganti 1 tahun sekali. Tanda bahwa kamu harus mengganti lipstik dan lipgloss adalah saat terjadi perubahan bau dan tekstur. Lipstik dan lipgloss mengandung minyak yang jika dibiarkan terlalu lama, akan berbau.

Selain itu, saat lipstik terasa mengering dan kesat ketika diaplikasikan, sebaiknya segera ganti, ya! Jangan sekali-kali mencoba tester lipstik di counter make up langsung di bibir, karena rentan terjadi penyebaran bakteri. Sebaiknya, aplikasikan lipstik pada punggung tangan untuk mengetahui warnanya. Jangan lupa untuk selalu menutup lipstik atau lipgloss dengan rapat dan simpan di tempat yang kering. 

4. Maskara dan Eyeliner

Expired Makeup? Here are 5 brilliant ways to reuse it.

Sumber: Youthincmag

Kedua produk ini memang rentan dengan penyebaran bakteri, karena diaplikasikan di daerah sekitar mata. Maskara memiliki masa kadaluarsa yang cukup singkat, yaitu hanya 3 bulan. Mengapa? Bulu sikat yang sudah dikeluarkan (walaupun hanya sekali pakai) bisa terkena bakteri. Pemakaian maskara yang buka tutup menjadi sarang berkumpulnya bakteri, bahkan menyebabkan mata merah dan gatal.

Selain itu, saat maskara mulai mengeras, menggumpal, atau berbau aneh, segera ganti ya! Hampir sama dengan maskara, eyeliner cair memiliki masa kadaluarsa yang singkat pula, sekitar 3-4 bulan saja. Berbeda dengan eyeliner pensil yang bisa kamu pakai sampe 1 tahun. Untuk mempermudah kamu mengetahui masa kadaluarsa pada setiap produk, catat atau tempelkan dengan kertas tanggal kamu membuka produk di setiap jenis kosmetik. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share