4 Tips Lipstick Tahan Lama Sepanjang Hari! 

Sumber foto : Freepik

Berapa kali kamu mengaplikasikan ulang lipstik dalam sehari? Setelah makan siang, setelah ngemil sore, dan setelah makan malam mungkin? Mengaplikasikan ulang lipstick terkadang merepotkan, belum lagi kamu harus menghapusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Nah, biar kamu gak repot lagi, kami punya tips agar lipstik kamu awet sepanjang hari tanpa pudar. 

1. Eksfoliasi dan Gunakan Lip Balm

Dry, Chapped Lips? Try This! (With images) | Lip scrub diy, Lip ...

Sumber: Pinterest

Walaupun tampilan warna lipstik tahan lama, bibir kamu juga bisa kering dan pecah-pecah, lho. Untuk menghindari bibir yang pecah-pecah bahkan mengelupas, sebelum memakai lipstick, eksfoliasi bibir dengan menggunakan lip scrub. Atau, kamu bisa mencampurkan gula pasir dan madu untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat bibir terlihat kusam dan kering.

Setelah bibir di eksfoliasi, gunakan lip balm untuk melembabkan bibir kamu. Pilih lip balm dengan kandungan shea butter dan vitamin E untuk bibir yang halus dan lembut, sehingga terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah saat menggunakan lipstik. Dengan bibir yang halus dan lembut, lipstick akan lebih mudah menempel dan lebih halus saat diaplikasikan. 

2. Gunakan Lip Primer dan Lip Liner

Woman applying lip liner on model Free Photo

Sama seperti primer untuk wajah, primer untuk bibir juga berfungsi agar lipstik lebih tahan lama di bibir. Selain itu, lip primer juga bermanfaat untuk membantu mengisi garis-garis atau kerutan-kerutan di bibir, membuatnya terlihat halus, dan tidak tercoreng keluar dari garis bibir. Selain itu, dengan lip primer, warna lipstik pun akan tampak lebih nyata.

Setelah mengaplikasikan lip primer, lanjutkan dengan lip liner. Lip liner berfungsi untuk meratakan bibir yang tidak simetris, dan menjaga aplikasi lipstik tetap rapi, sehingga tidak mudah keluar dari garis bibir. Selain itu, menggunakan lip liner juga mencegah lipstik feathering dan smudging. Lip liner juga berfungsi sebagai primer, karena berbahan dasar lilin, sehingga melekat pada lipstik. 

3. Tap-Tap Dengan Tisu

3 Ways to Make Lipstick Matte - wikiHow

Sumber: Wikihow

Setelah menggunakan primer dan lip liner, saatnya memakai lipstik favorit kamu! Aplikasikan lipstik cukup satu lapisan saja, kemudian tap-tap bibir dengan tisu untuk menghilangkan minyak pada bibir. Setelah itu, oleskan kembali lipstik. Nah, untuk sentuhan terakhir, gunakan sedikit bedak tabur transparan di atas bibir. Aplikasikan dengan brush kecil sedikit saja dan pastikan bibir kamu tidak cakey.

Set lipstik dengan bedak berfungsi untuk menghindari transfer warna pada gelas atau sendok saat makan dan minum. Namun, jika kamu memiliki bibir yang kering atau sangat kering, hindari cara ini karena dapat membuat bibir kamu semakin kering. Tidak hanya menggunakan bedak tabur transparan, kamu juga bisa menggunakan eyeshadow atau blush on dengan warna yang mendekati warna lipstik kamu. 

4. Pilih Lipstik yang Tahan Lama 

Best Everyday Liquid Lipsticks | Twinspiration

Sumber: Twinspiration

Semakin lembut warna lipstik, semakin mudah pula untuk memudar. Warna-warna lipstik nude justru lebih mudah untuk pudar. Sebaiknya pilih lipstik dengan warna yang cenderung terang atau gelap, karena memiliki lebih banyak pigmen warna. Selain itu, pilih liquid lipstick dibanding lipstik biasa, karena liquid lipstick memberi coverage yang lebih tahan lama.

Jika kamu mencari lipstik yang tahan lama dan awet, pilih lipstik jenis matte. Beberapa produk lipstik juga memberi hasil waterproof dan transfer proof. Saat mengaplikasikan lipstik, sebaiknya gunakan jari, karena lipstik akan meleleh dan lebih merata saat dioleskan pada bibir. Tips-tips di atas membantu kamu mendapatkan hasil akhir lipstik yang awet, tahan lama, namun tetap nyaman di bibir tanpa merasa kering. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share