Keunggulan dan Efek Samping Vaksin Sinovac

Sumber: Freepik

Korban terinfeksi virus corona di Indonesia terus bertambah, bahkan mencapai angka 100.000 kasus. Hal itu dikarenakan belum ada obat dan vaksin untuk mengobati dan mencegah infeksi virus corona. Namun, beberapa terakhir ini ada kabar gembira tentang penemuan vaksin virus corona yang disebut vaksin sinovac dari China. Publik digemparkan dengan vaksin sinovac yang kabarnya menjadikan Indonesia sebagai kelinci percobaan pada fase uji klinis. Apakah benar? Yuk kenali tentang apa itu vaksin sinovac, keunggulan, dan efek sampingnya pada manusia. 

1. Uji Klinis Vaksin Sinovac di Indonesia

Researching in laboratory Free Photo

Sumber: Freepik

Salah satu perusahaan farmasi di Indonesia, yaitu Bio Farma menggandeng vaksin buatan China, yaitu Sinovac sebagai mitra pengembangan vaksin COVID-19. Namun, publik dikejutkan dengan rumor bahwa Indonesia menjadi kelinci percobaan dari vaksin sinovac. Saat ini sebanyak 2.400 dosis vaksin sinovac telah tiba di Indonesia yang rencananya akan dipergunakan untuk kebutuhan uji klinis tahap 3 pada Agustus mendatang.

Faktanya, tak benar bahwa uji klinis ini menjadikan Indonesia sebagai kelinci percobaan vaksin sinovac dari China. Padahal, uji klinis vaksin di negara lain adalah hal yang biasa. Perlu diketahui bahwa uji klinis tahap tiga akan dilihat dari imunogenitas (kemampuan menginduksi respon imun tubuh) hingga masalah keamanan vaksin corona. 

2. Efek Samping Vaksin Sinovac

Sick woman with headache sitting at home Free Photo

Sumber: Freepik

Seperti vaksin lainnya, vaksin sinovac juga tentu memiliki efek samping pada manusia. Dalam pemberian vaksin, kemungkinan terdapat dua efek samping, yaitu lokal dan sistemik. Reaksi lokal yang dimaksud adalah merah, bengkak, dan nyeri di area suntikan yang akan hilang selama kurang lebih 48 jam. Reaksi sistemik adalah saat relawan mengalami demam di kondisi 30 menit pertama setelah pemberian vaksin yang akan hilang selama kurang lebih 48 jam.

Pihak Sinovac sendiri mengungkapkan bahwa vaksin COVID-19 belum menyebabkan efek samping yang parah. Jika terjadi efek samping pada relawan di Indonesia, maka pihak yang melakukan uji klinis akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap relawan. Relawan akan mendapatkan asuransi kesehatan selama masa uji klinis, terutama jika terjadi keluhan setelah penyuntikkan vaksin sinovac. 

3. Manfaat Vaksin Sinovac

Express covid-19 test for igm and igg antibodies to novel coronavirus sars-cov-2, covid-19. nurse or medtech hand in glove Premium Photo

Sumber: Freepik

Selain tidak menimbulkan efek samping yang parah pada relawan yang telah diberikan vaksin sinovac, vaksin sinovac telah menimbulkan respon kekebalan tubuh untuk percobaan pada manusia. Vaksin virus corona ini juga menunjukkan adanya perlawanan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus corona. Sinovac mengungkapkan bahwa vaksin COVID-19 belum menyebabkan efek samping yang parah dan lebih dari 90 persen orang yang diberi suntikan pada interval 14 hari telah menginduksi antibodi penawar dua minggu setelah inokulasi.

Hampir semua vaksin yang digunakan saat ini telah memasukkan bentuk virus yang tidak aktif atau virus yang lemah, sehingga tidak akan lagi menyebabkan penyakit. Ketika sel-sel kekebalan bertemu dengan vaksin yang berisikan virus tidak aktif tersebut, maka mereka akan memunculkan antibodi. 

4. Bagaimana Jika Uji Klinis Berhasil?

Close-up of a doctor's hand wearing blue gloves giving syringe on patient's arm Free Photo

Sumber: Freepik

Uji klinis vaksin COVID-19 dijadwalkan akan berjalan selama 6 bulan, sehingga ditargetkan akan rampung pada Januari 2021 mendatang. Apabila uji klinis vaksin sinovac tahap tiga lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya pada tahun 2021 mendatang. Metode pengembangan vaksin yang dilakukan adalah metode inaktivasi. Inaktivasi adalah metode pembuatan vaksin dengan menggunakan versi tidak aktif dari jenis virus penyebab penyakit tertentu.

Selain vaksin sinovac, vaksin COVID-19 yang juga menggunakan metode inaktivasi adalah vaksin inactivated SARS-CoV-2 yang dikembangkan Wuhan Institute of Biological Products. Menjelang uji klinis tahap tiga, sebanyak 2400 vaksin diperuntukkan bagi 1640 sukarelawan. Setibanya di Indonesia, vaksin tersebut harus lebih dulu dikarantina sehingga tidak bisa langsung digunakan.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share