Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Harus Kamu Ketahui!

Sumber foto : SouthPoint Financial Credit Union

Asuransi berbasis syariah semakin digemari di Indonesia karena sistem keuangannya diatur oleh layanan berbasis syariah, sehingga lebih menguntungkan bagi umat muslim. Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi atau bentuk aset. Asuransi syariah juga dinilai lebih transparan dan menguntungkan bagi nasabahnya. Kini, asuransi syariah juga terdiri dari beberapa jenis produk, apa saja sih?

1. Takaful Individu Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Harus Kamu Ketahui!

Sumber: Freepik

Sesuai dengan namanya, produk asuransi syariah ini memberikan perlindungan dan perencanaan yang bersifat pribadi bagi nasabah. Takaful individu juga dibagi menjadi 4 jenis, seperti takaful dana investasi, takaful dana haji, takaful dana jabatan, dan takaful dana siswa. Takaful dana investasi memberikan jaminan perlindungan hari tua dan menjadi jaminan dana bagi ahli waris jika nasabah meninggal dunia.

Kemudian, takaful dana haji diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan perlindungan dana perorangan saat menunaikan ibadah haji. Takaful dana jabatan memberikan jaminan santunan bagi ahli waris dari nasabah yang memiliki jabatan penting jika nasabah meninggal dunia atau tidak bisa bekerja lagi dalam masa jabatannya. Terakhir, takaful dana siswa memberikan jaminan dana pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar sampai memperoleh gelar sarjana. 

2. Takaful Grup Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Harus Kamu Ketahui!

Sumber: La Opinion

Produk asuransi syariah jenis ini memberikan perlindungan dan perencanaan untuk pribadi ataupun kelompok. Takaful grup dibagi menjadi 4 jenis, yaitu takaful Al-Khairat, takaful kecelakaan siswa, takaful wisata dan perjalanan, takaful kecelakaan grup, dan takaful pembiayaan. Takaful Al-Khairat sama seperti takaful haji, yaitu memberikan perlindungan bagi karyawan yang menunaikan ibadah haji, yang dananya dihasilkan dari iuran bersama dengan keberangkatan yang bergilir.

Takaful kecelakaan siswa memberikan perlindungan bagi pelajar dari risiko kecelakaan yang dapat mengakibatkan cacat bahkan meninggal dunia. Kemudian, takaful wisata dan perjalanan memberikan perlindungan bagi para nasabah yang sedang berwisata dari risiko kecelakaan yang mengakibatkan cacat atau meninggal dunia. Sesuai dengan namanya, takaful kecelakaan grup memberikan perlindungan santunan pada karyawan dalam perusahaan, organisasi, atau perkumpulan lainnya. Nah, takaful pembiayaan memberikan proteksi pelunasan hutang bagi nasabah yang sudah meninggal namun masih dalam masa perjanjian. 

3. Takaful Umum 

Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Harus Kamu Ketahui!

Sumber: Freepik

Takaful umum memberi perlindungan dan perencanaan yang bersifat umum. Takaful umum dibagi menjadi 5, yaitu takaful kebakaran, takaful kendaraan bermotor, takaful rekayasa, takaful pengangkutan, dan takaful rangka kapal. Sesuai dengan namanya, takaful kebakaran memberikan perlindungan dari kerugian yang disebabkan api. Takaful kendaraan bermotor memberi perlindungan terhadap kerugian pada kendaraan bermotor.

Takaful rekayasa melindungi terhadap kerugian pada pekerjaan pembangunan, seperti pembangunan rumah. Pada takaful pengangkutan, semua barang yang diangkut melalui udara, darat, dan laut, akan diberikan perlindungan terhadap kerugian yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Sementara pada takaful rangka kapal, produk ini memberi perlindungan pada kerusakan mesin khususnya mesin dan rangka kapal yang disebabkan oleh musibah atau kecelakaan. 

4. Manfaat Menggunakan Asuransi Syariah

Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Harus Kamu Ketahui!

Sumber: Freepik

Pada asuransi syariah, kamu bisa menarik dana premi yang sudah dibayarkan kepada perusahaan walaupun tidak ada klaim dan sebelum jatuh tempo, sehingga tidak ada dana yang hangus. Nasabah bisa mendapatkan dananya kembali secara utuh, sehingga lebih menguntungkan. Selain itu, pengelolaan dana di asuransi syariah menggunakan konsep pembagian yang jelas di awal.

Asuransi syariah memberikan penjelasan yang transparan soal pembagian investasi dan keuntungan. Semua dana dicatat secara proporsional dan tidak ada yang disembunyikan. Hal ini yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Segala bentuk kebijakan yang diambil oleh perusahaan asuransi syariah juga diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Jadi, nasabah tidak perlu khawatir tentang soal halal-haram dari produk asuransi syariah.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Harus Kamu Ketahui!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share