Jenis dan Manfaat Asuransi Kerugian Untuk Bisnismu!

Sumber foto : Freepik

Tidak hanya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang memberikan proteksi bagi individu, aset atau harta benda pun perlu dilindungi. Rumah pribadi, tempat usaha, gedung, barang, hingga proyek bangunan termasuk ke dalam aset yang bisa diasuransikan agar terhindar dari kerugian. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada aset yang diasuransikan, maka perusahaan asuransi akan menanggungnya. Terdapat tiga jenis asuransi kerugian yang bisa kamu gunakan untuk proteksi aset di bisnis yang sedang kamu jalani lho! 

1. Asuransi Kebakaran

Jenis dan Manfaat Asuransi Kerugian Untuk Bisnismu!

Sumber: Freepik

Sesuai dengan namanya, asuransi kebakaran memberikan penggantian ketika terjadi kebakaran pada aset yang diasuransikan. Tidak hanya bangunan, objek yang bisa diasuransikan bisa berupa harta benda yang berharga. Jenis asuransi ini berguna untuk memberikan jaminan dan perlindungan kepada pelaku usaha yang punya nilai ekonomi tinggi, seperti bangunan, pabrik, perkantoran, pertokoan, rumah sakit, rumah makan, atau bangunan lain.

Selain menanggung risiko kerugian yang disebabkan oleh api, asuransi kebakaran juga menanggung kebakaran yang disebabkan oleh petir, ledakan, bahkan kejatuhan pesawat terbang. Jadi, faktor eksternal pun termasuk ke dalam penanggungan kerugian. Risiko seperti kebakaran dapat menyebabkan kerugian yang besar, bahkan dapat menyebabkan kebangkrutan. Oleh karena itu, asuransi kebakaran adalah produk asuransi yang tepat untuk kamu yang memiliki bisnis atau usaha. 

2. Asuransi Pengangkutan Barang

Jenis dan Manfaat Asuransi Kerugian Untuk Bisnismu!

Sumber: Freepik

Selain asuransi kebakaran, asuransi pengangkutan barang juga termasuk ke dalam asuransi kerugian yang penting untuk dimiliki bagi mereka pelaku bisnis. Asuransi pengangkutan barang memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang dalam proses pengangkutan barang baik itu melalui jalur laut, darat maupun udara.

Tidak hanya barang yang diangkut, umumnya asuransi pengangkutan barang juga menjamin perlindungan terhadap alat angkut yang digunakan. Jenis produk asuransi ini berguna untuk pelaku usaha dalam bidang ekspor atau impor, karena jika terjadi kerugian saat pengangkutan barang, kerugian tersebut sudah ditanggung oleh pihak asuransi. Jaminan dan manfaat yang diberikan dari produk asuransi jenis ini adalah kapal kandas, kebakaran dan peledakan, bencana alam, tertabraknya alat angkut oleh objek lain, dan sebagainya. 

3. Asuransi Aneka 

Jenis dan Manfaat Asuransi Kerugian Untuk Bisnismu!

Sumber: Freepik

Asuransi aneka adalah perlindungan yang diberikan selain yang sudah ditanggung oleh asuransi kebakaran dan asuransi pengangkutan barang. Oleh karena itu, jaminan yang ditawarkan pada jenis asuransi ini lebih banyak dan bervariasi. Beberapa jenis perlindungannya adalah asuransi pencurian, asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi mesin dan peralatan, asuransi konstruksi, asuransi pemasangan mesin, asuransi peralatan elektronik, dsb.

Jenis produk asuransi ini bermanfaat bagi pelaku usaha yang ingin melindungi asetnya yang tidak bisa dilindungi oleh asuransi kebakaran atau asuransi pengangkutan barang. Memiliki produk asuransi jenis ini sangat penting untuk melindungi aset berharga dari kerusakan, kerugian, bahkan kebangkrutan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan memikirkan tentang perlindungan aset, karena sudah ditanggung oleh asuransi. 

4. Asuransi Kerugian Sebagai Pondasi Perusahaan 

Jenis dan Manfaat Asuransi Kerugian Untuk Bisnismu!

Sumber: Freepik

Dengan asuransi kerugian yang dimiliki pada bisnis kamu, maka kamu tidak perlu memusingkan risiko dari bisnis yang akan ditimbulkan, karena bisnis kamu sudah memiliki pondasi kokoh yang membuatnya lebih kuat. Produk asuransi kerugian berperan sebagai perlindungan bisnis dengan upaya pengalihan risiko. Seiring dengan asuransi kerugian sebagai pondasi perusahaan yang kokoh, tentu harus dibarengi juga dengan upaya pencegahan risiko kerugian dari bisnis tersebut.

Dengan persiapan, pencegahan, serta penanganan risiko kerugian, bisnis akan berbuah manis dan terus stabil. Selain itu, adanya asuransi juga membuat para pebisnis lebih fokus untuk mengembangkan perusahaan. Asuransi kerugian merupakan upaya pencegahan serta penanganan risiko ketika perusahaan berada di titik terendah dan mengalami kerugian. Jadi, para pemilik bisnis akan lebih siap ketika perusahaan goyang. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Jenis dan Manfaat Asuransi Kerugian Untuk Bisnismu!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share