Jamu Bisa Menangkal Virus Corona, Mitos atau Fakta?

Sumber foto : Freepik

Pernahkah kamu menerima pesan berantai di grup-grup percakapan media sosial seperti Whatsapp misalnya, yang mengatakan bahwa jamu empon-empon bisa menghindarkan kita dari virus corona? Empon-empon sendiri terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh. Salah satu kandungannya, yaitu temulawak dapat menetralkan racun, antioksidan, antibakteri, dan menghilangkan nyeri. Kemudian, kunyit juga berfungsi merangsang daya tahan tubuh. Lalu, apakah betul jamu ini berkhasiat untuk menangkal virus corona? Bagaimana dengan jamu lainnya seperti jamu kunyit asam dan jahe? Yuk kita lakukan pembedahan fakta lebih lanjut terkait efektivitas jamu dalam memberantas Covid-19!

1. Mengenal Jamu Empon-Empon

Jamu Images | Free Vectors, Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Mungkin kita sering mendapat pesan broadcast dari Whatsapp tentang virus corona, namun tidak tahu tentang kebenarannya. Daripada menerima berita hoax dan simpang siur, lebih baik kamu membaca dari sumber-sumber lain secara mendalam terkait berita yang diperoleh, misalnya khasiat Jamu Empon-Empon yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. 

Ramuan kesehatan ini dikatakan mampu menangkal virus corona dan pesan ini dikirim secara berantai di grup-grup percakapan media sosial. Dalam pesan tersebut, narasinya adalah tata cara membuat ramuan empon-empon dimulai dari menyiapkan jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, dan sereh lalu direbus menjadi satu dan ditambahkan dengan gula merah. Adapun narasi dalam pesan berantai tersebut diklaim berasal dari seorang profesor di Universitas Airlangga yang bernama Nidam

2. Mitos Atau Fakta, Jamu Empon-Empon Mengatasi Covid-19?

Depressed asian business woman wearing protective mask sitting on ...

Sumber foto : Freepik

Untuk melakukan bedah fakta lebih dalam terkait efektivitas Jamu Empon-Empon dalam menghalau virus corona, dilakukan penelusuran ke situs cekfakta.tempo.co. Disana, terdapat informasi bahwa Tim CekFakta Tempo menghubungi Profesor Chaerul Anwar Nidom, Guru Besar Biologi Molekular Universitas Airlangga untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut terkait pesan ini. Ternyata, ada sebuah fakta yang menarik. 

Dalam pesan berantai tersebut dikatakan bahwa Jamu Empon-Empon mampu mengurangi dampak dari infeksi virus corona dan meningkatkan daya tahan tubuh. Diketahui bahwa pernyataan-pernyataan tersebut benar adanya. Meski demikian, dikatakan oleh Profesor Chaerul Anwar Nidom bahwa pesan berantai yang beredar di grup-grup percakapan media sosial sosial itu bukan berasal dari dirinya. Hingga saat ini, beliau masih melakukan uji formula curcumin dalam empon-empon untuk melawan patogen, termasuk virus Corona. 

3. Apa Khasiat Jamu untuk Kesehatan?Jamu Images | Free Vectors, Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Jamu memiliki berbagai khasiat untuk tubuh, seperti mengatasi asam lambung khususnya jamu yang terbuat dari campuran jahe. Dalam dosis yang rendah, jamu berfungsi sebagai antiinflamasi pada tubuh. Senyawa fenolat pada campuran jahe dalam jamu dapat meredakan iritasi saluran cerna dan mengurangi kontraksi pada lambung. Jadi, ramuan kesehatan tersebut dapat mengurangi asam lambung dari perut kembali ke kerongkongan, yang menyebabkan GERD.

Sifat antiinflamasi pada jamu dapat meredakan peradangan yang terjadi pada kerongkongan akibat GERD. Jamu juga dapat mengurangi mual yang diakibatkan oleh refluks asam. Minuman ini secara efektif dapat menurunkan produksi asam lambung karena jahe dalam jamu dapat memberikan respon gastroprotektif, yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Tidak hanya itu, jahe yang ada di dalam jamu juga dapat melawan bakteri Helicobacter pylori, yang hidup pada asam lambung dan dapat memperparahnya

4. Jamu untuk Nyeri Haid

Asian young woman sick with food poisoning and stomachache sit on ...

Sumber foto : Freepik

Minum jamu kunyit asam merupakan salah satu cara menanggulangi nyeri menstruasi secara herbal. Ini merupakan salah satu cara tradisional juga, lho untuk menyembuhkan nyeri menstruasi. Meracik jamu ini juga mudah, cukup siapkan 15 – 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Kemudian, rebus secara bersamaan dan disaring. Minum jamu saat hangat-hangat minimal 2 kali sehari.  

Kalau tidak terlalu suka dengan rasa jamu kunyit asam, kamu bisa mencoba jamu jahe. Dengan mengkonsumsi jamu jahe secara rutin, nyeri perut saat haid akan berkurang, lho! Beberapa penelitian menyatakan bahwa jahe disebut tidak berbeda jauh dengan obat penghilang rasa nyeri lainnya, seperti ibuprofen dan asam mefenamat. Jamu jahe dapat memberi efek menenangkan serta mengurangi nyeri saat haid. Tertarik untuk mencobanya? 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share