Harus Diketahui! Pentingnya Memiliki Asuransi Bisnis Bagi Wirausahawan

Sumber foto : Freepik

Tidak hanya asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, bagi kamu yang memiliki usaha wajib juga memiliki asuransi bisnis. Asuransi bisnis akan memberikan perlindungan pada usaha kamu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan berpotensi merugikan usaha kamu. Asuransi bisnis adalah perlindungan terhadap usaha atau bisnis kamu dari kerugian finansial. Perlindungan asuransi bisnis dapat membantu kamu untuk meminimalisir kerugian yang kamu tanggung, sehingga risiko mengalami kebangkrutan pun minim. Yuk simak apa saja manfaat memiliki asuransi bisnis bagi usaha kamu! 

1. Melindungi Aset Perusahaan

Harus Diketahui! Pentingnya Memiliki Asuransi Bisnis Bagi Wirausahawan

Sumber: Freepik

Aset perusahaan seperti roda yang membantu bisnis terus berjalan dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Baik benda, sumber daya manusia ataupun sumber daya alam yang dimiliki perusahaan adalah aset bagi perusahaan tersebut. Aset yang dimiliki perusahaan pun tentu saja memiliki risiko yang tidak rendah. Aset-aset perusahaan yang berupa benda pun bisa hilang dicuri, mengalami kerusakan yang merugikan, ataupun mengalami kebakaran.

Pegawai perusahaan pun berisiko sakit, mengalami kecelakaan, cacat, atau meninggal dunia. Untuk menghindari kerugian-kerugian tersebut, kamu bisa membeli asuransi bisnis agar perusahaan terhindar dari kerugian. Nah, kerugian akan dialihkan atau ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan memikirkan tentang perlindungan aset, karena sudah ditanggung oleh asuransi. 

2. Mengganti Kerugian 

Harus Diketahui! Pentingnya Memiliki Asuransi Bisnis Bagi Wirausahawan

Sumber: Freepik

Setiap usaha memiliki risikonya masing-masing, baik risiko yang kecil, sedang, ataupun risiko yang besar. Jika usaha kamu mengalami kerugian, tentu saja kamu harus siap menanggung kerugian tersebut. Namun, kerugian yang dialami belum tentu sesuai dengan kondisi finansial pribadi ataupun perusahaan. Kerugian yang sangat besar dapat menyebabkan kebangkrutan pada usaha kamu. Jika kamu membeli asuransi bisnis, kerugian yang kamu alami akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Kamu hanya perlu membayar premi secara berkala untuk mendapatkan proteksi kerugian dari perusahaan asuransi tergantung dengan produk dan perusahaan asuransi yang kamu pilih. Adanya asuransi dapat membantu kamu untuk menghadapi semua risiko yang mungkin akan terjadi. Contoh kerugian yang masuk ke dalam pertanggungan asuransi adalah kebakaran, pencurian, kecelakaan, kerusakan karena bencana alam, dan kehilangan aset. 

3. Sebagai Fondasi PerusahaanHarus Diketahui! Pentingnya Memiliki Asuransi Bisnis Bagi Wirausahawan

Sumber: Freepik

Dengan asuransi bisnis, kamu tidak perlu memusingkan risiko dari bisnis yang akan ditimbulkan, karena bisnis kamu sudah memiliki pondasi kokoh yang membuatnya lebih kuat. Asuransi bisnis berperan sebagai perlindungan bisnis dengan upaya pengalihan risiko. Seiring dengan asuransi bisnis sebagai pondasi perusahaan yang kokoh, tentu harus dibarengi juga dengan upaya pencegahan risiko kerugian dari bisnis tersebut.

Dengan persiapan, pencegahan, serta penanganan risiko kerugian, bisnis akan berbuah manis dan terus stabil. Selain itu, adanya asuransi juga membuat para pebisnis lebih fokus untuk mengembangkan perusahaan. Asuransi bisnis merupakan upaya pencegahan serta penanganan risiko ketika perusahaan berada di titik terendah dan mengalami kerugian. Jadi, para pemilik bisnis akan lebih siap ketika perusahaan goyang. 

4. Menjamin Pengiriman Barang

Harus Diketahui! Pentingnya Memiliki Asuransi Bisnis Bagi Wirausahawan

Sumber: Freepik

Jika bisnis kamu berada di bidang atau melibatkan ekspedisi atau pengiriman, maka asuransi bisnis wajib kamu miliki. Asuransi bisnis dapat menjamin keamanan saat pengiriman barang, apalagi jika kamu memiliki bisnis online. Jaminan barang yang diberikan adalah risiko penggantian atas kerusakan atau kehilangan barang konsumen yang terjadi selama masa pengiriman.

Selain itu, bisnis yang berada di bidang perdagangan pun akan sangat memerlukan asuransi bisnis. Bisnis perdagangan merupakan salah satu usaha yang memiliki risiko tinggi. Nah, risiko yang paling sering dialami adalah kerusakan barang saat proses pengiriman dilaksanakan. Asuransi bisnis akan menanggung semua risiko kehilangan atau kerusakan pada barang yang sedang dalam proses pengiriman. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Harus Diketahui! Pentingnya Memiliki Asuransi Bisnis Bagi Wirausahawan

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share