Hand Sanitizer vs Tisu Antiseptik, Mana yang Lebih Efektif?

Sumber: Freepik

Di tengah era new normal seperti sekarang ini, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk selalu mengikuti protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Menjaga jarak dan menjaga kebersihan adalah langkah yang tepat untuk menghindari penyebaran virus corona saat ini. Kita diimbau untuk mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Namun, tidak semua fasilitas umum menyediakan sabun antiseptik serta air mengalir, sehingga agar lebih praktis, kita dapat menggunakan hand sanitizer atau tisu antiseptik. Penggunaan hand sanitizer dan tisu antiseptik dinilai lebih praktis untuk dibawa ke manapun. Namun, manakah yang lebih efektif? Hand sanitizer atau tisu antiseptik? Apa keunggulan keduanya? 

1. Hand Sanitizer 

Portrait of woman sanitizing hands with gel Free Photo

Sumber: Freepik

Hand sanitizer adalah cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi pantogen pada tangan. Pemakaian hand sanitizer sebagai alternatif mencuci tangan dengan sabun lebih disukai karena lebih cepat dan praktis. Selain itu, hand sanitizer juga hadir dengan parfum yang menyegarkan. Umumnya, hand sanitizer mengandung alkohol yang berkisar 60-90% karena terbukti paling efektif untuk membunuh kuman dan bakteri.

Hand sanitizer tanpa alkohol tidak direkomendasikan untuk digunakan secara umum. Beberapa jenis hand sanitizer juga memiliki kandungan seperti gliserol untuk mencegah kulit kering. Bahkan akhir-akhir ini ada inovasi baru yang menggabungkan hand cream dan hand sanitizer agar kulit senantiasa lembab dan higienis. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif mungkin akan kurang cocok dengan hand sanitizer karena kandungan alkoholnya yang tinggi. 

2. Tisu Antiseptik

Concept of covid-19 outbreak health protection with antiseptic. woman wash hands using antibacterial napkin as prevention measure for coronavirus on blue background Premium Photo

Sumber: Freepik

Selain hand sanitizer, tisu antiseptik juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk membunuh kuman secara efektif dan praktis. Sama seperti hand sanitizer, tisu antiseptik juga mengandung alkohol untuk menghilangkan bakteri. Tisu antiseptik juga tidak hanya dapat membersihkan tangan, namun bisa juga membersihkan permukaan benda-benda sekitar kamu.

Selain itu, tisu basah juga hadir dalam kemasan yang praktis dengan harga yang ekonomis. Gunakan tisu basah mengandung alkohol untuk membunuh bakteri. Tisu basah non alkohol disarankan untuk membersihkan mulut agar tidak iritasi. Namun, keefektifan tisu basah non alkohol tidak ampuh untuk membunuh kuman serta bakteri pada tangan atau benda-benda sekitar. Tisu basah juga hadir untuk bayi tanpa parfum dan alkohol yang tentu lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi.

3. Manakah yang Lebih Ampuh? 

Woman doctor with white coat in hospital Free Photo

Sumber: Freepik

Kalau hand sanitizer dan tisu antiseptik sama-sama bisa membersihkan tangan dan permukaan lain dari kuman, manakah yang lebih baik? Hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60-95 persen alkohol memang bisa membersihkan kuman. Tapi, hand sanitizer tidak bisa menghilangkan semua jenis kuman yang menempel di tangan. Sementara tisu basah antiseptik, hanya akan membersihkan kuman pada permukaan saja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London membuktikan bahwa tisu basah antiseptik bukan menghilangkan kuman, tapi malah menyebarkannya ke seluruh permukaan dan bagian tangan. Oleh karena itu, hand sanitizer lebih baik untuk membersihkan bakteri dan kuman pada tangan daripada tisu basah yang malah menyebarkan kuman. 

4. Memakai Hand Sanitizer dan Tisu Antiseptik Dengan Benar

Person disinfects and cleans door handle with antibacterial wet wipes to protect against coronavirus outbreak Premium Photo

Sumber: Freepik

Walaupun hand sanitizer lebih direkomendasikan daripada tisu basah, mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir adalah pilihan yang paling tepat. Saat menggunakan hand sanitizer, sebaiknya tunggu kering dengan sendirinya.

Jangan mengelap tangan yang masih basah oleh hand sanitizer dengan tisu karena dapat menyebarkan kuman. Tisu basah antiseptik juga tetap bisa kamu gunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda, seperti meja, sendok, garpu, gagang pintu, dan sebagainya. Untuk si kecil, kamu bisa menggunakan tisu basah non alkohol agar tidak mengiritasi kulit. Untuk kulit sensitif, pilih tisu basah nonalkohol dengan kandungan minim zat aditif.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share