Hal Yang Harus Diketahui Saat Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Sumber foto : Freepik

Setiap badan usaha atau perusahaan memiliki kewajiban dalam menjamin kesehatan seluruh karyawannya. Melindungi karyawan dengan asuransi kesehatan akan menguntungkan pemilik perusahaan maupun karyawannya sendiri. Sebelum membeli asuransi kesehatan untuk karyawan, sebaiknya kamu simak tips di bawah ini agar tidak dirugikan serta mampu mensejahterakan karyawan.

1. Pahami Kebutuhan

Hal Yang Harus Diketahui Saat Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Sumber: Freepik

Seluruh pegawai perusahaan biasanya telah terdaftar dalam BPJS Kesehatan, namun jika para karyawan ingin proteksi lebih, maka bisa mendaftarkan diri ke asuransi swasta. Sebenarnya, layanan yang disediakan BPJS Kesehatan sudah memberikan manfaat lengkap untuk kamu dan keluarga dengan syarat harus mengikuti prosedur dan kelas kamar yang sesuai. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa fasilitas serta pelayanannya belum sempurna.

Jika kamu dan keluarga ingin mendapatkan asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas, maka bisa mendaftarkan diri ke asuransi swasta. Selain itu, asuransi kesehatan swasta juga memberikan kemudahan berupa pembayaran cashless, sehingga kamu tidak perlu melakukan reimbursement kepada pihak asuransi. Sekarang tinggal kamu yang memilih, apakah kamu dan keluarga ingin memproteksi diri dari penyakit yang kritis? Apakah kamu ingin mendapatkan fasilitas yang lebih baik dari BPJS? Pahami kebutuhan kamu dan keluarga terlebih dahulu. 

2. Mempertimbangkan Kemampuan

Hal Yang Harus Diketahui Saat Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Sumber: Freepik

Setelah kamu memahami kebutuhan kamu dan keluarga mengenai proteksi lebih asuransi kesehatan, sekarang saatnya mempertimbangkan premi bulanan yang harus kamu bayar. Biaya premi asuransi harus dihitung di dalam pengeluaran rumah tangga bulanan dalam kelompok biaya kesehatan. Jangan sampai biaya kebutuhan rumah tangga terkuras untuk membayar premi bulanan asuransi kesehatan.

Kamu juga bisa memilih perusahaan asuransi dengan fasilitas yang baik serta premi yang terjangkau. Selain itu, pahami juga kebutuhan keluarga dengan layanan tambahan dari produk asuransi kesehatan karyawan. Jika kamu sudah merasa mampu untuk membayar premi setiap bulannya, maka kamu sudah siap untuk menambah proteksi bagi kamu dan keluarga. Dengan memiliki asuransi kesehatan tambahan juga dapat membantu kamu mengatur serta mengelola keuangan, lho!  

3. Jaminan Layanan dan Fasilitas Yang Lengkap

Hal Yang Harus Diketahui Saat Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Sumber: Freepik

Saat memilih asuransi kesehatan, cermati jaminan yang ditawarkan, minimal harus meliputi perawatan jalan dan rawat inap. Fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini biayanya paling besar. Kemudian, kamu bisa menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan kamu untuk mendapat jaminan tambahan dan fasilitas lainnya.

Fitur layanan tambahan dapat berupa perawatan kesehatan gigi, persalinan, program kehamilan, dan sebagainya. Luas jaminan yang kamu inginkan akan mempengaruhi besaran premi yang harus kamu bayar tiap bulan. Semakin banyak jaminan dan manfaat yang kamu pilih, semakin besar juga premi yang harus kamu bayarkan. Seperti contoh, premi yang dibayarkan untuk rawat inap dan rawat jalan tentu lebih besar dibanding asuransi kesehatan yang ditujukan untuk rawat jalan saja. 

4. Jaringan Rumah Sakit Yang Luas dan Masa Tunggu Penyakit

Hal Yang Harus Diketahui Saat Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Sumber: Freepik

Saat sedang memilih produk asuransi, pastikan asuransi kesehatan yang kamu pilih memiliki rekanan penyedia jasa kesehatan yang luas. Umumnya kamu hanya bisa berobat dan melakukan perawatan di rumah sakit atau penyedia jasa kesehatan, sehingga penting untuk memilih asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas agar kamu lebih mudah melakukan rawat inap. Pilih asuransi yang menyediakan layanan cashless demi pembayaran yang lebih efisien dan mudah.

Selain itu, asuransi kesehatan memiliki syarat masa tunggu, yaitu beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal berlaku asuransi. Pilih asuransi dengan masa tunggu penyakit yang singkat. Sebaiknya tanyakan ke agen asuransi tentang penyakit apa yang masuk ke dalam masa tunggu dan berapa lama waktunya. Jika penyakit kamu masuk ke dalam masa tunggu, pilih asuransi dengan masa tunggu tersingkat walaupun rentang waktu yang dibutuhkan biasanya bervariasi dan bergantung pada jenis penyakitnya.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Hal Yang Harus Diketahui Saat Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share