Gejala dan Pencegahan Virus Corona yang Perlu Diketahui

Sumber foto : We Heart It

Virus corona yang menggemparkan dunia di awal tahun 2020 ini menjadi momok bagi masyarakat dunia. Bagaimana tidak? Sejak kemunculannya di Wuhan, China, hingga hari ini jumlah korban meninggal dunia akibat virus ini mencapai ratusan orang. Sebenarnya, darimana asal mula virus corona muncul?china, coronavirus, and sars image

Sumber foto : We Heart It

Seperti yang menyebabkan MERS-CoV dan SARS-CoV, corona termasuk dalam keluarga besar virus yang sejenis.  Virus corona rentan meluas. Betapa tidak, orang yang terserang tidak akan menunjukkan perubahan yang signifikan. Terdapat dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa coronavirus juga menular dari manusia ke manusia. 

china, wuhan, and virus image

Sumber foto : We Heart It

Dimulai dari Pasar Seafood (Huanan) di Wuhan, Cina, terdapat penjualan hewan-hewan liar yang diduga menjadi awal dari kemunculan virus corona. Dilansir dari South China Morning Post, 27 Januari 2020, papan iklan di pasar tersebut mencantumkan gambar rubah, buaya, anak anjing, serigala, salamander, ular, tikus, burung merak, landak, bahkan koala.

china, crowd, and hong kong image

Sumber foto : We Heart It

Pasar Seafood (Hunanan) menjual makanan laut seperti kepiting, udang, ikan namun terdapat beberapa pedagang nakal menjual hewan-hewan tersebut. Padahal, pemerintah Tiongkok sudah melarang dan mengawasi para penjual untuk tidak memperjual belikan daging hewan liar. Meski hingga kini belum ada penjelasan lebih lanjut mengapa virus ini bisa berada di sana namun saat ini Pasar Seafood (Hunanan) di Wuhan ditutup dan dilabeli tulisan ‘ground zero’ sebagai indikasi dari titik pertama penyebaran virus corona. 

Gejala

fever, medication, and fitness image

Menanggapi virus corona lebih lanjut, apa saja gejala yang perlu diwaspadai? Secara garis besar, gela corona mirip dengan gejala flu seperti hidung berair, demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala diikuti dengan infeksi pernapasan berat serta nyeri dada. Ada 3 gejala umum yang harus kamu waspadai dari virus corona ini yaitu demam, batuk dan sesak nafas. cough, syrup, and cough syrup image

Sumber foto : We Heart It

Kalau gejala-gejala tersebut sekiranya sudah berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Dilansir dari BBC.com, secara keseluruhan, jumlah pasien yang dipastikan terjangkit virus corona mencapai 2.744 orang. Media pemerintah mengatakan lebih dari 300 di antara mereka sakit kritis.

Pencegahanhands, wet, and washing image

Sumber foto : We Heart It

Untuk mencegah virus corona, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut. Pencegahan ini penting dilakukan karena hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus corona.

  1. Rajin cuci tangan, baik dengan air atau membersihkannya dengan hand-sanitizer setelah beraktivitas di luar ruangan.
  2. Jangan menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum mencuci tangan. 
  3. Jika sedang batuk, jangan lupa tutup mulut dengan tisu. Lalu segerakan buang tisu ke tempat sampah.
  4. Gunakan masker jika sedang beraktivitas di luar ruangan.
  5. Hindari kontak dengan hewan liar. Jika terjadi kontak, segera bersihkan diri.
  6. Saat memasak daging, pastikan kamu benar-benar memasaknya sampai matang, ya!
  7. Jangan berdekatan dengan orang yang sedang sakit.
  8. Ada baiknya untuk tidak bepergian ke Cina atau negara-negara lain yang sudah dikonfirmasi terpapar virus corona. 

Kunjungi Dokter Jika..

doctors, personalcarenurse, and personalcaredoctors image

Sumber foto : We Heart It

Nah, setelah mengetahui gejala-gejala corona seperti yang sudah dipaparkan diatas, ada baiknya untuk segera kunjungi dokter apabila gejala muncul setelah 2 minggu kembali dari Cina atau negara yang terpapar virus corona. Pasien yang dicurigai terinfeksi virus corona dibawa ke IGD untuk mendapat penanganan tepat.  

Share