Cara Tepat Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Sumber foto : Freepik

Ketika kamu sedang menjalani program hidup sehat untuk menurunkan berat badan. Salah satu hal yang paling sulit adalah mengontrol nafsu makan yang berlebihan, karena jika tidak ditangani dengan baik nafsu makan yang besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan obesitas. Selain itu, saat menjalani program hidup sehat tentu kamu memperbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga. Hal tersebut juga memicu rasa lapar karena tubuh menuntut asupan makanan. Bagi kamu yang ingin mengontrol dan menurunkan nafsu makan berlebih, simak tips di bawah ini ya! 

1. Tidur yang Cukup

Cara Tepat Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Sumber: Freepik

Kalau kamu termasuk orang yang suka begadang, sehingga waktu tidur kamu kurang, segera ubah kebiasaan itu ya! Tidur malam yang cukup setidaknya selama 7 jam dapat memengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan. Jadi, jika kamu tidak mencukupi waktu tidur setiap harinya, maka kemungkinan nafsu makan kamu akan melonjak.

Sebaliknya jika waktu tidur kamu baik dan tercukupi, maka hormon tubuh akan bekerja dengan baik pula untuk mengendalikan nafsu makan. Saat tidur kamu tercukupi, produksi hormon leptin dan ghrelin akan menurun yang berakibat nafsu makan yang turun pula. Orang yang mengidap insomnia atau kurang tidur cenderung merasa bosan ketika malam hari dan malah mengonsumsi makanan ringan di malam hari. Hal tersebut merupakan salah satu pemicu kenaikan berat badan karena naiknya hormon leptin dan ghrelin. 

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Cara Tepat Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Sumber: Freepik

Perhatikan konsumsi makanan dengan menambahkan serat pada menu makanan kamu. Sayur, buah, kacang-kacangan serta gandum tidak hanya sehat dan penuh nutrisi, tetapi bisa membantu kamu mengontrol nafsu makan lho! Kandungan serat dalam makanan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga keinginan kamu untuk mengonsumsi makanan akan menurun.

Serat mempengaruhi nafsu makan dengan cara menggantikan makanan yang tinggi kalori, meningkatkan gerakan mengunyah yang memudahkan untuk mencerna makanan, dan menyebabkan lambung terasa penuh sehingga menurunkan nafsu makan. Tidak hanya itu, makanan berserat mampu memperlambat pengosongan lambung sekaligus membantu pelepasan hormon yang menimbulkan rasa kenyang. Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

3. Olahraga Teratur

Cara Tepat Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Sumber: Freepik

Dalam program menjalani hidup sehat, olahraga adalah salah satu yang paling penting. Selain dapat membakar kalori, dan gula darah, berolahraga juga membuat tubuh semakin bugar. Dengan melakukan olahraga, hormon ghrelin yang berperan mengatur nafsu makan akan menurun, sehingga kamu tidak ingin makan dalam porsi yang banyak.

Selain itu, olahraga juga meningkatkan hormon peptide YY dalam tubuh yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga seperti berenang, aerobik, berlari, dan bersepeda lebih dapat menekan nafsu makan serta meningkatkan kadar hormon peptide YY dalam tubuh. Pastikan konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan tepat sebelum dan sesudah berolahraga agar energi tubuh yang hilang tergantikan dengan baik. 

4. Hindari Stres

Cara Tepat Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Sumber: Freepik

Apakah kamu pernah mendengar tentang stress eating? Hal itu terjadi jika kondisi mental kamu sedang tertekan, stres, dan melampiaskannya dengan makan-makanan dalam porsi besar. Tentu saja hal itu berakibat buruk bagi tubuh kamu. Apalagi jika makanan yang kamu konsumsi saat stres mengandung lemak tinggi, terlalu manis, dan tinggi kalori.

Oleh karena itu, kelola stres dengan baik agar tidak menjadikan makanan sebagai penghibur di kala sedang tertekan. Saat stres, kamu bisa melakukan latihan pernapasan, meditasi, olahraga dan yoga untuk menenangkan pikiran. Selain itu, berpikir sebelum mengonsumsi sesuatu karena false hunger bisa muncul dan membuat kamu bingung apakah kamu benar-benar lapar atau hanya lapar mata sesaat. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Cara Tepat Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share