Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : Freepik

Untuk para pekerja yang sudah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan kini tidak perlu khawatir lagi saat tatkala ingin melakukan klaim. BPJS Ketenagakerjaan  menyediakan 2 cara klaim untuk nasabah yaitu online dan datang langsung ke kantor. Di masa pandemi seperti ini yang menyebabkan masyarakat harus patuh untuk di rumah saja, klaim BPJS Ketenagakerjaan dapat kamu lakukan lho dengan cara online! Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : Merdeka.com

Sebelum mengetahui cara klaim BPJS Ketenagakerjaan, yuk ketahui 4 produk yang ditawarkan: Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JK). Lalu, apa saja manfaat dan bentuk dari keempat produk jasa dari BPJS Ketenagakerjaan ini? Yuk ketahui sama-sama!

1. Jaminan Pensiun (JP)Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : SHRM

Jaminan Pensiun (JP) adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau ahli warisnya. Jaminan Pensiun memberikan penghasilan setelah peserta memasuki masa pensiun, mengalami cacat total, atau meninggal dunia. 

Jaminan Pensiun berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia. Kemudian manfaat JP berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada janda atau duda yang menjadi ahli waris, serta pemberian uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta yang mengalami cacat total akibat kecelakaan dan tidak bisa bekerja kembali. 

2. Jaminan Hari Tua (JHT)

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : Freepik

Jaminan Hari Tua (JHT) adalah program jangka panjang yang diberikan secara berkala sekaligus sebelum peserta memasuki masa pensiun, anak atau ahli waris yang sah jika peserta meninggal dunia dan bisa diterimakan pada janda atau duda. JHT baru akan diberikan jika karyawan telah mencapai usia 57 tahun/meninggal/cacat total tetap, berhenti bekerja.

Serta telah memenuhi kesertaan selama lima tahun dan masa tunggu selama 1 bulan, atau pergi ke luar negeri dan tidak kembali lagi. JHT bisa diambil sebelum usia kamu mencapai 57 tahun dan jika menunda masa pensiun maka JHT akan diberikan saat kamu berhenti bekerja. Hal tersebut berlaku jika kepesertaan kamu di BPJS Ketenagakerjaan sudah berlangsung sepuluh tahun. 

3. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : Freepik

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) adalah program dari BPJS Ketenagakerjaan yang menjamin karyawan yang telah terdaftar agar memperoleh pelayanan kesehatan dan juga santunan uang tunai jika menderita penyakit akibat kerja dan mengalami kecelakaan kerja. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) memberikan jaminan berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta.

Dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk bekerja kembali akibat kecelakaan. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) memberikan jaminan kepada karyawan jika terjadi risiko kecelakaan saat bekerja, mulai dari berangkat hingga pulang dari tempat bekerja. Iuran untuk JKK sepenuhnya merupakan tanggungan perusahaan. Program ini menanggulangi resiko sosial apabila terjadi musibah yang dialami oleh tenaga kerja.

4. Jaminan Kematian (JK)

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : Freepik

Jaminan Kematian (JK) berupa bantuan dana jika peserta mengalami kematian bukan karena kecelakaan kerja. Santunan ini akan diberikan secara langsung kepada ahli waris dari peserta. Dengan program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan ini, kamu sudah menjaga keluarga dan orang yang dicintai dari risiko kerugian secara finansial. 

Memang, perihal musibah dan datangnya mau bisa terjadi dan tidak dapat diberhentikan oleh asuransi, namun bisa meminimalisir besarnya kerugian finansial yang terjadi kelak setelah musibah. Jaminan Kematian (JK) dapat menanggung ketika mengalami musibah, contohnya dalam musibah meninggal dunia. Perekonomian keluarga selaku ahli waris pun terjaga dari kerugian setelah musibah datang.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online (JHT)

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Sumber foto : Freepik

  1. Untuk mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online maka terlebih dahulu peserta melakukan pendaftaran antrian melalui website di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU
  2. Setelah data yang diisi valid, maka selanjutnya peserta diminta mengirim email ke alamat yang sudah ditentukan.
  3. Dalam badan email dilampirkan dokumen yang dibutuhkan yakni scan kartu peserta Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) serta lampirkan kartu digital yang diunduh dari aplikasi BPJSTKU, KTP, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan, buku rekening yang masih aktif, foto peserta dan formulir permohonan pencairan JHT BP Jamsostek yang sudah diisi dan ditandatangani.
  4. Petugas akan melakukan verifikasi seluruh dokumen. Hasil verifikasi akan diinfokan melalui Whatsapp, email, SMS atau telepon. 
  5. Peserta akan menerima uang JHT nya dalam rekening yang sudah ditentukan sesuai tanggal yang diberitahukan petugas.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

 

Share