Cara Efektif Menjadi Produktif Selama Karantina di Rumah!

Sumber foto : Freepik

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengimbau seluruh masyarakatnya agar tidak beraktivitas di luar rumah selama dua minggu. Hal ini berkaitan untuk menekan penyebaran virus corona yang semakin mewabah di Indonesia. Sebagian besar perkantoran di Indonesia menerapkan work from home untuk menghindari penularan virus tersebut. Tak hanya perkantoran, sekolah dan tempat hiburan pun ditutup. Pemerintah mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan social distancing, yaitu menjaga jarak antara manusia, menghindari kerumunan dan pertemuan besar untuk menghindari penyebaran penyakit. Nah, jika kamu sedang bingung kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di rumah, cek tips berikut ini yuk!

1. Bersih-bersih rumah

Housekeeper wiping wooden window sill from dust with dry rag Free Photo

Sumber: Freepik

Kalau kamu sulit mencari waktu luang untuk bersih-bersih rumah, kamar, dan barang-barang di dalamnya, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat. Kamu bisa memulai dari lemari pakaian, meja rias, atau meja kerja. Selipkan alunan music favorit kamu di sela-sela kegiatan ini agar semakin semangat. Selain untuk mengusir rasa bosan, kegiatan ini juga membuat ruangan terasa lebih segar dan rapi lho!

Bonusnya adalah, kamu menemukan barang-barang yang sudah lama hilang atau barang-barang lama kamu. Kegiatan bersih-bersih rumah akan membuat badan kamu tetap aktif bergerak selama masa karantina, sehingga lebih produktif. Kamu juga bisa membuat garage sale pada barang-barang lama yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa untuk cuci tangan setelah bersih-bersih, ya!

2. Menghubungi Teman atau Keluarga yang JauhUnrecognizable man sitting at desk and having video call on tablet Free Photo

Sumber: Freepik

Jika kamu termasuk anak rantau yang hidup jauh dari keluarga maupun teman lama, kamu bisa menghubungi mereka untuk mengusir rasa bosanmu. Selain mengusir rasa bosan dan tetap produktif, kegiatan ini bisa mengusir rasa rindu kamu pada mereka sehingga kamu merasa tetap dekat dengan mereka. Kamu bisa saling menceritakan keadaanmu sekarang, sekedar bernostalgia tentang masa lalu, atau pengalaman seru yang pernah kamu alami.

Niscaya, saat berbincang-bincang dengan mereka kamu tidak akan merasa kesepian. Agar lebih seru, sebaiknya kamu melakukan video call dengan mereka. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ponsel dan gadget lainnya, ya!

3. Berjemur dan Olahraga

Young woman practicing yoga at home Free Photo

Sumber: Freepik

Berjemur di bawah sinar matahari merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh. Perlu diketahui bahwa tubuh manusia tidak memproduksi vitamin D sendiri, melainkan harus mendapatkan asupan dari makanan atau sinar matahari pagi. Kamu hanya cukup berjemur selama 10 menit di pagi hari untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Nah, kamu juga bisa berolahraga di rumah seperti yoga, aerobik, dan zumba. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan alat dan pakaian olahraga, ya!

Dengan berolahraga secara rutin, tubuh kamu akan menghasilkan hormon endorphin dan membantu menangkal respon stress yang bisa menurunkan sistem imun. Jika kamu merasa kesulitan untuk berolahraga, kamu bisa melihat tutorialnya di situs internet.

4. Memasak

Crop couple cooking salad together Free Photo

Sumber: Freepik

Saat kondisi seperti ini, kamu diharuskan untuk makan di rumah sehingga memasak bisa menjadi salah satu kegiatan serus saat karantina. Kamu bisa bereksperimen berbagai menu masakan. Nah, selain dapat mengusir kejenuhan, kamu juga tidak perlu membeli makanan di luar rumah yang dapat meningkatkan risiko penularan. Pastikan nutrisi dan gizi terpenuhi dalam setiap makanan. Jangan banyak mengonsumsi makan-makanan olahan karena kadar pengawet yang tinggi, sehingga nutrisinya pun hilang.

Dengan masak sendiri, kamu juga bisa mengatur asupan gizi yang akan kamu dan keluarga konsumsi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan bahan makanan serta mencuci tangan sebelum menyiapkan masakan, ya! Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C.

Share