4 Cara Cegah Iritasi Kulit Akibat Pemakaian Masker

Sumber: Freepik

Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19. Namun, beberapa orang dengan kulit sensitif cenderung mudah gatal dan iritasi, terutama jika salah memilih masker. Tapi, bukan berarti kamu tak bisa menggunakan masker untuk melindungi kulit dan sehat terbebas dari Covid-19. Untuk itu, simak tips berikut ini yuk untuk mencegah iritasi yang timbul seperti rasa gatal atau wajah kemerahan akibat penggunaan masker! 

1. Masker untuk Perawatan, Harus Rutin Juga DigunakanFacial | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber: Freepik

Ketika berada di luar ruangan, gunakan masker untuk memproteksi diri dari penyebaran virus corona. Nah, ketika sudah di rumah jangan lupa gunakan masker untuk kulit wajah agar kulit tetap terjaga dan terhindar dari iritasi! Apakah kulit kamu sensitif, berminyak, kering, kombinasi, atau berminyak cenderung berjerawat, setelah itu kamu dapat memilih masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Untuk kulit berminyak, pilih masker yang dapat menyeimbangkan kadar minyak di kulit dan mengurangi produksi sebum.

Untuk kulit berjerawat, kamu bisa memilih masker yang dapat meredakan jerawat yang sedang meradang. Nah, untuk kulit kering dan sensitif, pilih masker yang dapat melembabkan, menenangkan serta menambah hidrasi kulit. Kalau kulit kamu cenderung kombinasi, dianjurkan untuk melakukan multimasking, yaitu menggunakan masker wajah sesuai dengan permasalahan kulit. Misalnya menggunakan masker wajah yang bisa menyerap kelebihan minyak di daerah T dan hydrating mask di area kulit yang kering.

2. Hindari Skincare dengan Bahan Aktif yang KerasPortrait beautiful young asian woman clean fresh bare skin concept ...

Sumber: Freepik

Tahapan selanjutnya, hindari bahan aktif yang keras pada skincare, seperti kandungan untuk mengelupas kulit. Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin C, retinol, alpha hydroxy acid (AHA), dan benzoyl hydroxy acid (BHA). Hal itu dikarenakan, kamu belum tentu cocok dengan bahan-bahan aktif tersebut.

Bahan-bahan aktif tersebut akan menimbulkan reaksi yang beragam, seperti kemerahan, gatal, hingga rasa panas dan perih pada wajah. Jadi, agar tidak terjadi reaksi yang tidak diinginkan, sebaiknya pilih skincare tanpa bahan aktif, ya! Selain itu, hindari skincare dengan butiran scrub sebagai eksfoliator di dalamnya. Butiran scrub akan membuat goresan mikro pada wajah yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 

3. Pilih Skincare yang Dapat Menghidrasi Aloe vera moisturizer cream and spray bottle on blue background ...

Sumber: Freepik

Semua jenis kulit membutuhkan ekstra hidrasi agar kulit tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan pada lapisan epidermis yang menyebabkan hilangnya natural moisturizing factors. Jadi walaupun jenis kulit kamu berminyak, kamu juga bisa mengalami dehidrasi yang menyebabkan kulit memproduksi banyak sebum untuk melembabkannya.

Oleh karena itu, pilih masker dengan kandungan hyaluronic acid yang dapat menyimpan air hingga 1.000 kali lebih banyak sehingga tekstur kulit bisa tampak lebih kenyal, dan lembab. Jaringan kulit akan semakin lembab, sehingga tekstur kulit pun akan lebih halus dan lebih kencang. Selain melembabkan kulit, hyaluronic acid juga mampu mencegah penyumbatan minyak penyebab timbulnya jerawat. 

4. Hindari Skincare dengan Kandungan Alkohol dan ParabenSenior asian woman say no holding two arms crossed | Premium Photo

Sumber: Freepik

Terakhir, untuk mencegah iritasi pada kulit karena penggunaan masker, hindari skincare dengan kandungan alkohol yang tinggi, paraben, dan parfum. Beberapa orang mengalami iritasi kulit jika menggunakan skincare yang mengandung parfum serta alkohol, jadi sebaiknya hindari kandungan tersebut ya! Jennifer Rock, salah satu pendiri dan CEO The Skin Nerd dan Skingredients mengatakan bahwa wewangian dalam bentuk apapun dapat mengiritasi kulit sensitif, termasuk pewangi sintetis, dan minyak atsiri. J

Jadi, sebelum memilih skincare yang tepat untuk cegah iritasi kulit karena penggunaan masker yang cukup sering, perhatikan baik-baik kandungan di dalamnya ya! Sebaliknya, pilih lah skincare dengan kandungan asam hialuronat, gliserin, oatmeal, lidah buaya, chamomile dan ceramide, yang tepat digunakan untuk semua jenis kulit karena mereka membantu menenangkan, melembabkan dan mengurangi peradangan pada kulit. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share