Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Sumber: Freepik

Anak yang susah makan mungkin kerap dialami oleh orang tua. Padahal, di masa pertumbuhan seperti ini asupan nutrisi anak dari makanan harus dipenuhi dengan baik, guna mendukung perkembangannya. Menghadapi anak yang susah makan memang susah-susah gampang, diperlukan kecerdikan ibu untuk menghadapinya. Jadi, bagaimana cara tepat mengatasi anak yang susah makan? 

1. Waktu Makan Yang Teratur 

Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Sumber: Freepik

Pertama-tama ajarkan anak tentang rutinitas sehari-hari, seperti jam berapa dia bangun, makan, bermain dan tidur, sehingga anak akan merasa lebih nyaman dengan rutinitas dan jadwal yang bisa ia prediksi. Kemudian, biasakan anak untuk makan tiga kali makanan utama dan dua kali makanan selingan di antara waktu makan utama.

Dengan begitu, anak tahu apa yang harus dilakukannya pada waktu-waktu tertentu sekaligus mengajarkan anak tentang rutinitas. Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap harinya. Mungkin anak sesekali akan menolak untuk menyantap makanan atau camilan yang disajikan. Tapi, ia akan mengerti bahwa setiap hari di waktu tertentu, pasti tersedia makanan. Kemudian, 10 menit sebelum jam makan, beritahu anak bahwa sebentar lagi akan masuk waktu makan. 

2. Makanan Dengan Porsi Kecil

Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Sumber: Freepik

Hidangkan makanan seperti lauk dan sayuran dalam porsi kecil, sehingga membuat anak menjadi lahap menghabiskan makanannya. Jika makanan sudah habis, kamu bisa menawarkan makanan lain untuk anak. Daripada memberi makanan dalam porsi besar tapi tidak habis, cobalah beri makanan dengan porsi kecil tapi sering.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan untuk memberi jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya. Memberi makanan dengan porsi besar saat anak sedang susah makan tentu membuatnya makan dengan porsi sedikit. Nah, dengan memberi porsi makan yang sedikit tapi sering, anak akan merasakan kapan lapar dan kapan kenyang. Cara ini dapat membantu mengatur jadwal makan anak, sehingga lama-kelamaan masalah susah makan pada anak dapat teratasi.

3. Sajikan Makanan Dengan Tampilan Menarik

Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Sumber: Freepik

Buat waktu makan menjadi menyenangkan dengan tampilan makanan yang menarik agar anak tidak bosan. Sebagai contoh, kamu bisa berkreasi mengikuti kid bento agar anak lebih tertarik dengan menu makanannya. Selain itu, ciptakan suasana yang menyenangkan ketika sedang makan.

Hindari marah atau nada bicara yang tinggi agar tidak menciptakan trauma pada anak. Kamu bisa mengajak anak main masak-masakan atau mengajarkan anak untuk menyiapkan makan bersama sebagai cara yang menarik agar anak mudah makan. Aktivitas tersebut dapat mendorong perkembangan positif dari perilaku makan anak, sehingga ia dapat mengetahui beragam jenis makanan baru. Tidak hanya itu, anak juga dapat menemukan makanan baru yang ia tertarik untuk coba. 

4. Buah dan Kacang-Kacangan Sebagai Camilan

Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Sumber: Freepik

Saat memasuki waktu makan camilan, kamu bisa memberikan buah-buahan segar, buah-buahan kering, atau kacang-kacangan. Camilan yang sehat dapat membuat anak tetap nafsu makan saat memasuki jam makan makanan utama. Hindari camilan yang terlalu manis karena anak akan kehilangan nafsu makannya.

Selain itu, buah-buahan dan kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan anak, serta membantu mengontrol berat badan anak. Salah satu buah-buahan yang dapat meningkatkan nafsu makan adalah pepaya. Kamu bisa memberi pepaya sebelum makan siang agar anak lahap menyantap makanan utama di siang hari. Selain pepaya, kamu juga bisa memberi anggur sebagai penambah nafsu makan. Pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, dikhawatirkan anak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share