Bawang Putih Mencegah Corona, Mitos Atau Fakta?

Sumber foto : Freepik

Pernah mendengar berita simpang siur di media sosial yang mengatakan bahwa meletakkan bawang putih di sudut-sudut rumah dapat menangkal virus corona? Pada kondisi yang tidak kondusif seperti sekarang, tentu saja banyak tersebar informasi yang belum tentu kebenarannya sehingga membuat kamu berspekulasi. Berita yang simpang siur, rumor, serta spekulasi kian persulit masyarakat memperoleh informasi yang valid. Untuk mengetahui fakta apakah bawang putih dapat mencegah virus corona atau tidak, mari cek fakta di artikel berikut!

1. Bawang Putih Dapat Mencegah Infeksi Virus Corona? Faktanya…

Sick asian woman wearing mask having cold and flu | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Berita terkait khasiat bawang putih untuk mencegah Covid-19 kian simpang siur. Kabarnya, bawang putih yang sudah dikupas kulitnya lalu dicampur dengan air mendidih (air bawang putih) ampuh untuk menyembuhkan infeksi virus corona. Faktanya, dilansir dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (kominfo.go.id), terdapat pernyataan dari dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, ahli vaksin dari OMNI Hospital Pulomas yang mengatakan bahwa bawang putih dapat menyembuhkan corona adalah hoaks. Hingga saat ini, vaksin yang digadang-gadang untuk mengatasi virus corona (Vaksin Sinovac) masih dalam tahap uji coba. 

2. Apa Manfaat Bawang Putih?

Garlic Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Siapa sangka bahwa bumbu masak satu ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan sekaligus mengendalikan rasa sakit yang ada ketika sakit tenggorokan. Bawang putih tentunya dapat ditemukan dengan sangat mudah, bukan? Cara mengobati sakit tenggorokan dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit kemudian ditelan. Bawang putih akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri pada tenggorokan.

3. Khasiat Bawang Putih untuk Gigi Berlubang

Young asian woman feel toothache and discomfort on bed in white ...

Sumber foto : Freepik

Bawang putih mengandung antibakteri dan dapat mengurangi rasa yang nyeri akibat gigi berlubang. Kamu bisa mengunyah bawang putih mentah karena lebih efektif untuk gigi berlubang. Namun jika kamu merasa tidak nyaman untuk mengunyahnya, kamu bisa menggosokan minyak bawang putih pada area yang terasa nyeri. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan bawang putih yang dicampur dengan garam pada area yang berlubang. Lalu dilanjutkan berkumur dengan obat kumur dan kamu bisa melakukannya sehari dua kali untuk mengurangi penyebaran gigi berlubang. 

4. Bawang Putih Dapat Turunkan Darah Tinggi

Checking the blood pressure | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Mungkin kamu sudah familiar bahwa bawang putih dapat menurunkan darah tinggi. Bawang putih mengandung zat-zat yang membantu tekanan darah agar tetap normal. Beberapa zat tersebut, antara lain Allicin (allyl 2-propenethiosulfinate or diallyl thiosulfinate), Allyl methyl thiosulfonate, 1-propenyl allyl thiosulfonate dan Y-L-glutamyl-S-alkyl-L-cysteine. Zat-zat tersebut bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk menghasilkan zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S). Kedua zat tersebut akan menurunkan ketegangan pada pembuluh darah yang membuat tekanan darah meningkat. Jika pembuluh darah melemas, maka tekanan darah pun ikut turun. 

5. Kapsul Bawang Putih adalah Solusi untuk Mengatasi Keputihan

High view period calendar on a female lap | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Jika keputihan yang dialami disertai bau menyengat, kram serta nyeri, kamu harus mewaspadai adanya bakteri vaginosis. Nah, untuk mencegahnya dapat mengkonsumsi pil bawang putih. Satu studi menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi tablet suplemen bawang putih bisa menjadi pilihan untuk mengobati bakteri vaginosis. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang kuat, dan telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk vaginosis bakteri. Kapsul bawang putih yang kaya akan kandungan alicin atau sekitar 5000 mcg allium di dalamnya.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share