9 Syarat Donor Darah yang Harus Dipenuhi. Apa Saja?

Sumber foto : We Heart It

Donor darah merupakan tindakan sukarela atas dasar kemanusiaan. Proses ini dilakukan untuk menyelamatkan nyawa. Nah, umumnya tindakan donor darah merupakan sebuah aksi kemanusiaan. Banyak orang yang ingin melakukan donor darah tetapi beberapa dari mereka tidak dapat melakukannya karena syarat-syarat yang terpenuhi. Untuk kamu yang ingin melakukan donor darah, ada baiknya memperhatikan 10 syarat donor darah ini.

1. Batas Usia

Hasil gambar untuk ages illustration

Sumber foto : 123RF.com

Ada batas usia untuk melakukan donor darah, lho. Pastikan kamu berusia sekitar 17 hingga 60 tahun. Untuk yang berusia 17 tahun, dianjurkan memiliki surat dari orang tua ketika hendak menjadi pendonor.

2. Kondisi Tubuh

fitness, fit, and girl image

Sumber foto : We Heart It

Syarat donor darah berikutnya adalah kondisi tubuh. Pastikan kamu sedang fit, tidak sedang sakit demam atau flu. Jika kamu merasakan tidak enak badan, sebaiknya tunggu sampai kondisi pulih, ya!

3. Tekanan Darah Tinggi

health, heart, and hypertension image

Sumber foto : We Heart It

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi yakni lebih dari 180/100 mmHg, maka kamu tidak boleh melakukan donor darah. Kalau kamu memiliki tekanan darah tinggi, lebih baik urungkan niat untuk melakukan donor darah. Syarat ini dianjurkan untuk mengurangi resiko kesehatan yang akan datang.

4. Diabetes

high blood and high blood pressure image

Sumber foto : We Heart It

Kalau sebelumnya mengenai tekanan darah tinggi, kali ini untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes pun patut waspada ketika ingin melakukan donor darah. Diabetes dan kadar gula darah sedang dalam keadaan tinggi, maka kamu tak dianjurkan untuk mendonorkan darah. Serangkaian tes yang dilakukan sebelum melakukan donor darah akan menunjukkan apakah kamu layak untuk melanjutkan proses donor darah atau tidak.

5. Penyakit Menular Seksual

jakarta, check up, and rumah sakit image

Sumber foto : We Heart It

Ketika hendak melakukan donor darah, kamu akan melalui pendaftaran terlebih dahulu dan menjalani pemeriksaan pendahuluan seperti berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan dilanjutkan pemeriksaan oleh dokter. Jika calon pendonor memiliki penyakit menular seksual seperti sifilis dan gonore, maka donor darah tidak dapat dilakukan. Hal ini dilakukan untuk kesehatan calon pendonor dan penerima donor darah kelak.

6. Kadar Hemoglobin

blood test packages image

Sumber foto : We Heart It

Mengenai pemeriksaan terkait penyakit yang diidap calon pendonor darah, pemeriksaan pendahuluan seperti berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan dilanjutkan pemeriksaan oleh dokter. Ada batas minimal untuk para calon pendonor untuk kadar Hemoglobin yaitu: pada perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram

7. Obat Antibiotik

heals, infection, and medicine image

Sumber foto : We Heart It

Syarat donor darah selanjutnya adalah untuk kamu yang mengkonsumsi obat antibiotik tertentu secara rutin dalam kurun waktu tertentu, dianjurkan untuk tidak melakukan donor darah terlebih dahulu. Wah, mengapa demikian? Sebab, antibiotik yang kamu minum bisa ditularkan melalui darah yang kamu donorkan.

8. Ibu Hamil

Selanjutnya, syarat yang perlu diperhatikan ketika hendak mendonor darah adalah pastikan bahwa para wanita yang sedang mengandung tidak diperkenankan untuk melakukan proses donor darah. Jadi, untuk para bumil (ibu hamil) tidak diperkenankan untuk melakukan proses donor darah terlebih dahulu, ya. Proses donor memungkinkan untuk dilakukan 6 bulan setelah kelahiran.

9. Penyakit Jantung

heart surgery and primus hospital image

Sumber foto : We Heart It

Penyakit jantung salah satunya seperti serangan jantung dalam waktu 6 bulan terakhir, maka kamu harus menunda mendonorkan darah. Jadi jika kamu mengidap sakit jantung atau pernah mengalami serangan jantung dalam kurun waktu tersebut, dianjurkan tidak melakukan donor darah.

Share