9 Obat Sakit Tenggorokan yang Alami dan Jadi Andalan

Musim hujan begini, daya tahan tubuh semakin menurun dan biasanya rentan terkena penyakit mulai dari pusing sampai batuk demam. Nah, kamu sedang merasakan gejala-gejala sakit tenggorokan? Kala rasa gatal dan kurang nyaman mulai mengganggu tenggorokan, ingin segera temukan obat yang tepat untuk kesembuhan. Kali ini, Fazzdoc mengulas 9 obat sakit tenggorokan dari bahan alami, mudah ditemukan dan pastinya andalan banget deh untuk sembuhkan rasa gatal yang membandel. Yuk yuk mari disimak!

1. Kumur-Kumur dengan Air Garam

salt, sea salt, and self care image

Sumber foto : We Heart It

Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat menjadi obat gusi bengkak paling ampuh dan alami tanpa menggunakan resep obat dari dokter. Caranya mudah banget, kamu cukup berkumur menggunakan air garam. Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dalam mulut selama beberapa saat, fokuskan di area tenggorokan yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam menyerap kelembaban dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Infeksi akibat peradangan di tenggorokan dapat diredakan pula dengan air garam.

2. Banyak Minum Air Putih

aesthetic, water, and pink image

Sumber foto : We Heart It

Obat sakit tenggorokan yang efektif selanjutnya mudah banget ditemukan di kehidupan sehari-hari, yaitu perbanyak minum air putih. Rajin mengkonsumsi air putih juga dapat menjadi tips jitu untuk mengatasi sariawan yang mengganggu saat makan dan minum. Kondisi dehidrasi menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Jangan sampai kamu mengalami kekurangan cairan tubuh karena jika tubuh kekurangan air, produksi air liur terhambat. Akibatnya terjadi pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Jadi, biasakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau minimal 2 liter per hari.

3. Madu dan Lemon

sore throat treatment image

Sumber foto : We Heart It

Madu mengandung zat yang dapat meredakan lendir saat sakit tenggorokan menyerang. Madu adalah obat sakit tenggorokan yang efektif karena dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan membentuk selaput di tenggorokan yang mampu memberi rasa lega dan meringankan iritasi penyebab sakit tenggorokan. Sedangkan lemon yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk memaksimalkan imun pertahanan tubuh. Jadi cocok banget nih untuk melawan virus penyebab radang tenggorokan dengan lebih mudah. Tubuh bisa kembali fit dan aktivitas berjalan lancar.

4. Air Perasan Lemon

Image by balmsthread

Sumber foto : We Heart It

Obat sakit tenggorokan berikutnya masih berasal dari bahan-bahan alami yaitu, Lemon. Buah yang mengandung vitamin C ini juga mengandung asam. Zat ini berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut termasuk di bagian tenggorokan yang sakit. Kandungan asam dalam lemon mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut. Cara membuat air perasan lemon sebagai obat sakit tenggorokan mudah banget lho : Pertama, kamu cukup memeras satu buah lemon dan digunakan untuk berkumur. Lakukan 3 berkumur dengan air lemon sebanyak 3 kali sehari, ya. 

5. Bawang Putih

sore throat treatment image

Sumber foto : We Heart It

Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Siapa sangka bahwa bumbu masak satu ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan sekaligus mengendalikan rasa sakit yang ada ketika sakit tenggorokan. Bawang putih tentunya dapat ditemukan dengan sangat mudah, bukan? Cara mengobati sakit tenggorokan dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit kemudian ditelan. Bawang putih akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri pada tenggorokan.

6. Cuka Apel

sore throat treatment image

Sumber foto : We Heart It

Cuka apel memiliki sifat asam yang berguna untuk melindungi tenggorokan-mu dari virus dan bakteri yang membandel. Obat sakit tenggorokan satu ini cocok banget untuk kamu yang sudah merasa sakit tenggorokan berat dan mengganggu saat makan, minum dan berbicara. Oh iya, jangan lupa campurkan cuka apel dan garam yang berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan yang kian menjalar. Ramuan ini dinilai efektif nih untuk melegakan sakit tenggorokan. Pertama, campurkan 1 sendok makan cuka apel, 2 sendok teh garam dan air hangat. Larutkan, lalu gunakan untuk berkumur. 

7. Air Kunyit

food, tumeric, and heart image

Sumber foto : We Heart It

Siapa sangka kalau salah satu bahan masak ini memiliki manfaat sebagai obat sakit tenggorokan yang efektif? Kunyit memiliki kandungan  antioksidan yang sangat kuat. Tidak hanya sakit tenggorokan, berbagai keluhan penyakit lainnya dapat disembuhkan dengan kunyit. lho. Kamu bisa meracik air kunyit untuk obat sakit tenggorokan dengan mudah nih di rumah. Siapkan bubuk kunyit ½ sendok makan dan garam ½ sendok teh. Kemudian larutkan dengan air hangat. Obat sakit tenggorokan ini bukan diminum ya tapi digunakan untuk berkumur. 

8. Sup

delicious, japan, and like image

Sumber foto : We Heart It

Sup yang disajikan hangat dapat meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu. Apalagi kalau sedang sakit tenggorokan, biasanya sulit menelan makanan yang keras dan sulit dikunyah. Jadi mengkonsumsi sup, pas banget untuk obat sakit tenggorokan. Oh iya, kaldu ayam dalam sup memiliki banyak vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki kondisi tubuh dan tenggorokan. Selain itu, di dalam sup ayam juga ada campuran bawang putih yang kaya akan antibiotik untuk menghilangkan bakteri dan virus yang mengganggu tenggorokan.

Share