8 Sumber Vitamin C yang Mudah Diperoleh dan Harganya Terjangkau

Sumber foto : Unsplash.com

Bukan rahasia lagi kalau vitamin C punya segudang manfaat! Dapat menjaga kekebalan tubuh alih-alih mengkonsumsi obat-obatan. Oh iya, vitamin C pun mengandung antioksidan yang bekerja cepat dan tepat banget untuk menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari infeksi virus corona di tengah masa pandemi seperti saat ini. Darimana saja vitamin C dapat kamu peroleh dan harganya terjangkau?

1. Nanas

pineapples on brown surface

Sumber foto : Unsplash.com

Nanas adalah salah satu sumber vitamin C yang mudah didapat dan harganya pun terjangkau, lho! Di supermarket hingga toko buah, buah kuning yang rasanya asam manis ini tersedia. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada nanas juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Berkat tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas, nanas dipercaya dapat meningkatkan imunitas mencegah berbagai virus apalagi di tengah wabah pandemi virus corona seperti saat ini.

2. Strawberry

person holding strawberry

Sumber foto : Unsplash.com

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C. Tahukah kamu bahwa menjaga kekebalan tubuh dan juga melawan berbagai macam jenis penyakit. Manfaat buah strawberry yang satu ini cocok sekali sebagai alternatif menjaga kekebalan tubuh alih-alih mengkonsumsi obat-obatan. Oh iya, buah strawberry pun mengandung antioksidan yang bekerja cepat dan tepat banget untuk menjaga sistem imun tubuh di tengah cuaca yang sedang tak menentu begini. Bye flu!

3. Lemon

two lemons

Sumber foto : Unsplash.com

Lemon, buah yang mengandung vitamin C ini juga mengandung asam. Zat ini berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut termasuk di bagian tenggorokan yang sakit. Kandungan vitamin C dalam lemon mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut hingga menghilangkan radang yang menyebabkan sakit tenggorokan. Cara membuat air perasan lemon sebagai obat sakit tenggorokan mudah banget lho : Pertama, kamu cukup memeras satu buah lemon dan digunakan untuk berkumur. Lakukan 3 berkumur dengan air lemon sebanyak 3 kali sehari, ya

4. Buah Naga

sliced pitaya fruits

Sumber foto : Unsplash.com

Buah naga mengandung antioksidan, vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi antioksidan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan tinggi yang dapat menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Konsumsi buah naga secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, sakit jantung, dan diabetes

5. Yogurt

clear glass cup with white liquid

Sumber foto : Unsplash.com

Tahukah kamu bahwa yogurt dapat menyembuhkan sariawan? Ya, inilah salah satu manfaat yogurt bagi kesehatan! Hasil fermentasi susu yang mengandung vitamin C ini juga mengandung bakteri baik dan asam. Zat ini berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut termasuk di bagian yang sariawan. Kandungan asam dalam yoghurt mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian yang mengalami sariawan.

6. Buah Plum

Hasil gambar untuk plum

Sumber foto : Wikipedia

Buah plum memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun dari berbagai ancaman berbagai penyakit, virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Zat di dalam buah plum mengandung molekul seperti lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, atau penyakit flu. Cocok untuk musim hujan seperti ini agar terhindar dari drop yang tidak diinginkan.

7. Tomat

five tomatoes in round brown wooden platet

Sumber foto : Unsplash.com

Tomat mengandung vitamin C likopen yang bersifat antioksidan, tepat banget untuk menangkal radikal bebas dan mengangkat sel-sel kulit mati. Eits, tidak hanya itu. Banyak manfaat lain yang dimiliki tomat, salah satunya menghilangkan kantung mata. Kamu bisa menggunakan tomat sebagai salah satu masker alami dengan cara menumbuknya sampai halus, kemudian campurkan dengan sedikit lemon. Oleskan di bawah mata tapi hati-hati, jangan sampai terkena bagian dalam mata, ya! Dikhawatirkan ada iritasi dan rasa perih.

8. Pepaya

sliced papaya fruit

Sumber foto : Unsplash.com

Lanjut, ada buah pepaya nih yang cocok untuk menghilangkan komedo secara alami! Buah pepaya mengandung enzim papain yang membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C pada buah pepaya berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembabkan kulit. Pepaya efektif menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah serta membersihkan komedo. Sama seperti tomat, kamu dapat menggunakan pepaya sebagai masker. Potong pepaya menjadi bagian yang kecil-kecil, haluskan lalu aplikasikan pada wajah. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Hi semua, aplikasi Fazzdoc tersedia di Playstore lho! Temukan ribuan dokter dan rumah sakit ternama yang dapat kamu pilih. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share