8 Obat Sakit Gigi yang Ampuh dan Efektif

Sumber foto : We Heart It

Sakit gigi kerap mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan? Rasa sakit pada gigi ditimbulkan akibat dari gigi berlubang, pertumbuhan gigi, gigi patah, abses gigi (nanah pada gigi) dan berbagai faktor penyebab lainnya. Sedang mencari obat sakit gigi yang ampuh dan efektif untuk proses penyembuhan rasa sakit yang optimal? Obat sakit gigi tidak hanya berupa obat generik yang kamu temukan di apotek, lho. Beberapa bahan alami yang mudah ditemukan juga terkenal efektif dalam meredakan sakit gigi. Apa saja? Simak artikel berikut yuk! 

Obat Sakit Gigi Alami

1. Garam

sea salt image

Sumber foto : We Heart It

Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat menjadi obat sakit gigi paling ampuh untuk meredakan rasa perih. Caranya mudah banget, kamu cukup berkumur menggunakan air garam. Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dalam mulut selama beberapa saat, arahkan pada area gigi yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam menyerap kelembaban dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Infeksi akibat peradangan dapat diredakan pula dengan air garam.

2. Bawang Merah

delicious, green, and food image

Sumber foto : We Heart It

Bahan alami selanjutnya yang ampuh dan efektif sebagai obat sakit gigi adalah bawang merah. Siapa sangka bahwa bumbu masak satu ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyeri yang ada ketika sakit gigi. Bawang merah tentunya dapat ditemukan dengan sangat mudah, bukan? Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi gigi yang sakit. Saat digigit oleh gigi, bawang merah akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri.

3. Jahe

Sumber foto : Unsplash.com

Obat sakit gigi berikutnya masih berasal dari bahan-bahan alami yaitu, jahe. Rempah-rempah ini mengandung antibiotik yang dapat membunuh kuman dalam mulut, termasuk di bagian gigi. Kandungan antibiotik dalam jahe mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi. Ada dua cara yang efektif untuk menggunakan jahe sebagai obat sakit gigi: Pertama, kamu bisa menumpuk satu siung jahe, kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang. Kalau kamu tidak suka rasa jahe yang terlalu kuat dan menyengat, kamu bisa menggunakan cara kedua nih yaitu mengolah jahe menjadi minuman hangat. 

4. Es Batu

cup, ice cube, and magic image

Sumber foto : We Heart It

Nah kalau tadi obat sakit gigi secara alami dari dalam, kali ini obat sakit giginya diaplikasikan dari luar mulut. Kamu bisa menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi yang ampuh dan efektif. Es batu akan membuat saraf gigi kebas sehingga rasa sakit tidak lagi terasa. Terdapat satu cara menarik yang bisa kamu coba jika ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Pijat area punggung tangan antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Terdapat saraf-saraf pada area ini yang sensitif terhadap rangsangan dingin sehingga akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi. Atau, kamu bisa langsung aplikasikan es batu ke pipi dekat bagian gigi yang sakit.

Obat Sakit Gigi di Apotek

1. Ibuprofen

bottle, Ibuprofen, and meds image

Sumber foto : We Heart It

Obat sakit gigi kedua yang dapat kamu beli di apotek adalah Ibuprofen. Obat sakit gigi ini adalah salah satu jenis obat yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Ibuprofen tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup. Namun ketika menggunakan obat sakit gigi ini, sebaiknya gunakan resep dokter untuk mendapatkan dosis pemakaian yang tepat. Jadi konsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya sebelum penggunaannya. 

2. Asam Mefenamat

Hasil gambar untuk asamefenamat

Sumber foto : Pinterest

Obat sakit gigi terakhir yang dapat kamu temukan di apotek adalah Asamefenamat. Kandungan anti inflamasi sendiri yang terkandung dalam Asam Mefenamat mampu menghentikan rasa nyeri dengan cepat. Wah, tentunya ini adalah obat sakit gigi yang ampuh dan efektif. Jadi obat sakit gigi ini tepat bila menjadi pilihan bagi kamu yang sering mengalami sakit gigi tiba-tiba dan memerlukan penanganan yang segera.

3. Paracetamol

aspirin, infectious, and medicine image

Sumber foto : We Heart It

Ada obat sakit gigi lain yang bisa kamu pilih, nih seperti salah satunya paracetamol. Obat sakit gigi ini memiliki kandungan yang mampu meredakan dan menghilangkan rasa nyeri saat sakit gigi menyerang. Jadi, paracetamol cocok nih untuk obat sakit gigi. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan dosis obat, ya. Jika rasa sakit berlangsung lama ada baiknya untuk pergi ke dokter gigi terdekat untuk penanganan yang tepat.

4. Naproxen

Hasil gambar untuk naproxen

Sumber foto : Amazon

Obat sakit gigi selanjutnya juga dapat kamu temukan nih di apotek, Naproxen. Obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk kaplet. Meski ampuh untuk meredakan sakit gigi, ada efek samping yang perlu kamu perhatikan ketika hendak mengkonsumsi Naproxen nih seperti perut kembung, penglihatan kabur, perut terasa mulas, diare, dan lainnya. Sehingga untuk pemakaiannya sebaiknya gunakan resep dari dokter.

Share