7 Tips Merawat Kulit untuk Remaja

Sumber foto : Freepik

Di usia remaja, perawatan kulit itu penting banget lho karena tidak ada salahnya menjaga penampilan kulit sejak dini. Terlebih, ketika memasuki masa pubertas, hormon-hormon tubuh yang timbul kerap memicu timbulnya jerawat. Kalau kamu sebagai remaja. bingung mau mulai merawat kulit dari mana yaa dan apa saja produk skincare yang tepat? Mari simak 7 tips merawat kulit untuk remaja berikut ini yuk!

1. Micellar Water Itu Penting

Micellar Water | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Tips merawat kulit untuk remaja yang pertama adalah gunakan micellar water!  Ya, skincare satu ini dapat membantu membersihkan wajah dari kotoran tanpa membuatnya terasa kering. Selain itu, menggunakan micellar water dapat sekaligus menyegarkan wajah sambil membersihkannya. Micellar water juga bermanfaat bagi yang memiliki kulit berminyak karena dapat menghilangkan minyak di wajah dalam sekejap serta menyamarkan tampilan pori.

2. Bersihkan Wajah secara Rutin

article, health, and healthy image

Sumber foto : We Heart It

Nah,  tips merawat kulit untuk remaja yang pertama adalah bersihkan muka secara rutin. Pastikan kamu cuci muka terlebih setelah beraktivitas. Debu, asap dan polusi kerap kamu jumpai di jalan. Pasti tidak ingin zat-zat negatif tersebut menempel di kulit hingga menyebabkan iritasi dan jerawat bukan? Oh iya setelah mencuci muka, keringkan muka dengan handuk atau tisu yang steril yaa agar aman untuk kulit.

3. Rawat Kulit Wajah dengan Masker

Morning freshness Free Photo

Sumber foto : Freepik

Aplikasikan masker sebagai pelengkap tips merawat kulit untuk remaja itu penting, lho. Kamu bisa membuat masker sendiri lho di rumah. Wah, menghemat biaya sekali bukan? Masker dapat diaplikasikan pada kulit sebagai salah satu cara mengatasi kulit wajah yang berminyak. Bahan-bahan alami seperti madu, kulit jeruk, hingga mentimun cocok banget untuk dijadikan bahan campuran untuk masker. Meski begitu, tidak ada salahnya membeli sheet mask atau peel off mask, sesuai selera dan tentunya kebutuhan untuk kulit kamu yaa!

4. Pakai Sunscreen

SPF, PPD, PA+, UVAPF: What's Behind Your SPF Meaning

Sumber foto : The Klog

Pada kulit remaja, produksi minyak berlebih pada kulit dapat menimbulkan kemunculan jerawat. Nah, tahap penggunaan skincare untuk pemula selanjutnya, kamu bisa menggunakan sunscreen. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari. Sekarang ini, telah banyak produk sunscreen (tabir surya) yang tepat digunakan untuk kulit berjerawat. Merek-merek sunscreen terkenal seperti Avene, Cetaphil dan lainnya mudah ditemukan di apotek terdekat.

5. Perbanyak Minum Air Putih

blue, colours, and ice image

Sumber foto : We Heart It

Ini adalah salah satu tips merawat kulit untuk remaja yang efektif dan tentunya praktis. Cairan dalam tubuh yang mencukupi membantu proses penyembuhan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru. Jika kekurangan cairan, kulit dapat mudah kering hingga dapat iritasi. Jadi, air putih adalah hal yang esensial banget lho untuk mengatasi jerawat. Yuk dicoba!

6. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Nutrisi

fruit, salad, and health image

Sumber foto : We Heart It

Satu lagi tips merawat kulit untuk remaja dari dalam yaitu, konsumsi makanan sehat. Memang, konsumsi makanan sehat itu banyak banget manfaatnya terlebih untuk kesehatan tubuh. Selain menjaga tubuh ideal, konsumsi makanan sehat juga punya dampak positif lho untuk kulit. Jerawat dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Hal tersebut akan memancing produksi sebum yang berlebihan. Jadi, perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah yang mengandung vitamin C, ya! 

7. Relax, Don’t Stress!

Happy Asian | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Ketika stress, hormon tubuh lebih banyak menghasilkan sebum (minyak). Terlebih saat masa remaja, produksi hormon tubuh meningkat dan kerap menghasilkan jerawat pada kulit wajah. Nah, salah satu cara  tips merawat kulit untuk remaja yang patut kamu lakukan adalah adalah jauh-jauh dari stress. Kalau sedang penat, ataupun aktivitas menumpuk, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak agar tidak stress. Perawatan tubuh dari dalam tuh penting banget.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share