7 Tips Mencegah Penyebaran Corona pada Anak

Sumber foto : Unsplash.com

Penambahan kasus virus corona yang semakin banyak tiap hari menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia. Kesehatan anggota keluarga adalah hal yang utama, tak terkecuali anak. Untuk menjaga kesehatan si kecil di tengah wabah virus covid-19 (corona), terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan di rumah. Yuk, lakukan langkah preventif untuk ia yang terkasih.

1. Beri Pemahaman Mengenai Virus Corona kepada Anak

boy sitting on chair beside table using tablet computer

Sumber foto : Unsplash.com

Menanggapi virus corona lebih lanjut, apa saja gejala yang perlu diwaspadai? Beri pemahaman pada anak mengenai virus corona. Secara garis besar, gela corona mirip dengan gejala flu seperti hidung berair, demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala diikuti dengan infeksi pernapasan berat serta nyeri dada. 

Ada 3 gejala umum yang harus kamu waspadai dari virus corona ini yaitu demam, batuk dan sesak nafas. Kalau gejala-gejala tersebut sekiranya sudah berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. 

2. Ajari Si Kecil untuk Cuci Tangan dengan Benar

woman in blue and white stripe shirt washing her hands

Sumber foto : Unsplash.com

Penting sekali untuk anak belajar cara cuci tangan yang benar serta ingatkan akan manfaat cuci tangan guna mencegah penyebaran virus corona. Rajin cuci tangan adalah cara mencegah corona yang harus kamu terapkan. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.  

Tahukah kamu bahwa mencuci tangan dapat mencegah corona lebih efektif dibandingkan hand sanitizer? Hal ini dikarenakan hand sanitizer memiliki kandungan anti bakteri, namun corona berupa virus. Jadi selalu pastikan kamu rajin mencuci tangan, terlebih setelah menyentuh benda-benda seperti gagang pintu.

3. Bersihkan Peralatan Rumah

blue Honest plastic spray bottle

Sumber foto : Unsplash.com

Para peneliti berkata bahwa virus corona dapat bertahan hingga sembilan jam di benda-benda keras, seperti baja, plastik, tak terkecuali benda-benda di rumah. Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (corona), langkah preventif berupa membersihkan barang-barang pribadi atau yang sering mengalami kontak dengan seluruh anggota keluarga, termasuk anak. 

Penularan virus corona sangat sederhana. yaitu memastikan kondisi di sekitar kamu tetap terjaga higienitasnya. Hal tersebut dituturkan oleh WHO. Bagaimana menjaga lingkungan agar selalu bersih? Dimulai dengan membersihkan meja kerja, atau benda-benda yang kontak dengan seluruh anggota keluarga setiap harinya menggunakan desinfektan, dan meletakkan pembersih tangan di tempat-tempat umum yang sering dipakai.

4. Ajak Anak Untuk Berolahraga

Healthy Kids Day (April 18) - Northfield Area Family YMCA

Sumber foto : Northfield YMCA

Untuk menjaga tubuh anak tetap sehat dan bugar, sebaiknya melakukan olahraga ringan di rumah. Olahraga teratur dapat membangun lebih banyak stamina, dan meningkatkan daya tubuh sehingga terhindar dari penyebaran virus corona.

Anak dapat melakukan olahraga ringan di rumah. Sebaiknya tidak khawatir, panik, dan stress berlebihan mengenai pandemi ini. Nah, olahraga ringan namun rutin untuk anak dapat mengurangi stres juga lho! Selain itu, olahraga saat hamil merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorphin yang berfungsi untuk membuat pikiran tenang, mengurangi stress, dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Sumber foto : Unsplash.com

Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari penting banget nih untuk kesehatan anak. Kamu dapat mengolah sayur, seperti salah satunya bayam. Bayam mengandung vitamin yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten yang membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh melawan virus jahat. 

Bayam tepat untuk dikonsumsi guna mencegah virus corona. vitamin yang terkandung dalam sayur bayam, yakni vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. kemudian mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium. Kamu dapat mengolah sayur bayam menjadi berbagai sajian seperti sup sayur bayam atau ditumis juga lezat.

6. Kenalkan Anak dengan Masker

Hand holding  wearing protective mask ,covid-19 and coronavirus. Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Saat ini, masker disarankan sebagai salah satu bentuk untuk mengantisipasi penularan virus corona. Nah, kamu dapat mengajarkan pada anak pentingnya masker dan membiasakan untuk memakai masker. Kerap ada rasa gatal di belakang telinga tatkala tak terbiasa menggunakannya, namun kamu pembiasaan anak untuk menggunakan masker harus dilakukan.

Meski begitu, penggunaan masker jauh lebih efektif jika digunakan oleh orang yang sakit untuk mencegah penularan kuman ke orang lain. Ketimbang dipakai oleh orang yang sehat untuk melindungi diri dari penyakit.

7. Jangan Libatkan Anak Saat Berbelanja ke Supermarket

woman in brown and black jacket holding green plastic shopping basket

Sumber foto : Unsplash.com

Ketika hendak belanja, hendaknya kamu cukup pergi sendiri atau 2 orang saja. Hal ini dimaksudkan agar meminimalisir resiko infeksi corona. Jika memungkinkan, jangan bawa anak-anak. Selain untuk alasan keselamatan antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19, waktu belanja akan lebih efektif jika kamu pergi sendiri atau ditemani satu orang dewasa lainnya. 

Biarkan anak-anak untuk tetap tinggal di rumah, melakukan aktivitas seperti belajar dan bermain agar tetap aman. Memang, usia anak dapat dipertimbangkan jika memang dianggap sudah cukup dewasa dan daya tahan tubuh kuat tetapi langkah preventif adalah hal yang esensial untuk dilakukan.

Share