7 Tips Cegah Asam Lambung Naik Ketika Puasa

Sumber foto : Freepik

Naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan menyebabkan gejala seperti tenggorokan terbakar dan nyeri pada ulu hati. Asam lambung naik dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Lalu bagaimana cara efektif mencegah asam lambung naik ketika puasa? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Mulai dengan Makanan Porsi Kecil saat Berbuka Puasa

7 Tips Puasa Untuk Penderita Maag Agar Lancar dan Nyaman

Sumber foto : Unsplash.com

Jangan makan terburu-buru ketika berbuka puasa dan sahur! Jangan mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang langsung banyak ketika berbuka. Mulailah perlahan dengan konsumsi air putih dan kurma lalu disusul dengan makanan lainnya dengan porsi kecil selepas sholat. Hal yang sama dapat dilakukan saat sahur juga. Kamu bisa memilih sayur, buah, serta lauk pauk yang aman dikonsumsi agar asam lambung tidak naik ketika puasa dimana tubuh tidak mengkonsumsi makan dan minum selama lebih dari 12 jam.

2. Makan Saat Sahur

Close-up top view of person having breakfast | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Kalau kamu kerap merasakan sakit perut karena asam lambung naik, jangan sampai melewatkan sahur yaa. Makan sahur dapat mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat sedang berpuasa. Oh iya, makanlah dengan perlahan dan dalam jumlah secukupnya. Hindari makan dalam jumlah yang banyak dalam waktu sahur maupun berbuka. 

3. Hindari Langsung Berbaring setelah Sahur

Counting sheep

Sumber foto : Freepik

Tips berikutnya untuk kamu yang kerap asam lambung naik terutama saat puasa adalah dianjurkan untuk tidak tidur setelah makan sahur. Hal tersebut bisa meningkatkan asam lambung dan membuat mual. Nah, kalau kamu merasa ngantuk yang teramat sangat, pilihlah tidur dengan posisi setengah duduk. Jadi, posisikan kepala dan bahu lebih tinggi daripada perut. Caranya adalah gunakan tumpukan bantal untuk menyangga kepala dan bahu. 

4. Makanan Pedas dan Asam, Kurangi Dulu

Noodle | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kalau bulan puasa seperti sekarang paling nikmat waktu berbuka ditemani dengan gorengan dengan cabe rawit pedas atau baso aci pedas berkuah panas. Wuih, ini nih yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan. Nah, tapi untuk kamu yang kerap merasakan gejala asam lambung naik, hindari makanan pedas, baik untuk makan sahur maupun berbuka. Makanan pedas yang banyak ini bisa membuat perut iritasi dan mengakibatkan perut sakit. 

5. Hindari Konsumsi Kopi

Coffee Background | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Mengkonsumsi kopi dapat mengundang asam lambung naik, apalagi saat puasa Ramadhan, hal tersebut bisa mengundang asam lambung meningkat hingga mengakibatkan rasa perih kambuh saat sedang berpuasa. Untuk cegah asam lambung naik ketika puasa, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi, teh dan soda saat berbuka apalagi sahur karena minuman-minuman tersebut meningkatkan kinerja asam lambung.

6. Jauhi Stres

Beauty | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Untuk cegah asam lambung, hindari stres. Ya, stres dan kenaikan asam lambung berkaitan. Stres dapat menguras produksi zat yang disebut prostaglandin, yang biasanya melindungi perut dari efek asam. Produksi zat prostaglandin yang terkuras dapat meningkatkan persepsi seseorang tentang ketidaknyamanan. Kelelahan juga dapat menyebabkan lebih banyak perubahan tubuh yang mengarah pada peningkatan asam lambung. Jadi, untuk hindari asam lambung naik ketika puasa, perbanyak rileks dan jauhi stres.

7. Perbanyak Karbohidrat Baik

Whole Wheat | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Perhatikan pola makan saat sahur dan buka puasa agar asam lambung tidak kembali melonjak. Saat sahur, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan serat seperti almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum adalah asupan yang tepat dikonsumsi penderita asam lambung saat sahur dan berbuka. Untuk menu buka puasa, dapat diawali dengan kurma.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Mengenal Asuransi Online dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share