7 Tips Atasi Gejala PMS

Sumber foto : Freepik

Siapa yang disini kerap merasakan perut perih, punggung pegal linu, mood swing alias mudah naik turun menjelang tanggal menstruasi? Hal ini disebut dengan PMS (Premenstrual Syndrome) yang merupakan sebuah sindrom dimana rasa sakit secara fisik maupun emosi datang menjelang menstruasi. Bagaimana cara meminimalisir rasa sakit yang kerap dirasakan saat PMS datang? 

1. Berolahraga

Woman doing yoga at home | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Jika kamu kerap mengalami nyeri di bagian tubuh tertentu seperti pinggang, perut, bahkan punggung saat PMS, berolahraga bisa membantu meredakan nyeri tersebut. Sebuah studi menyatakan bahwa perempuan yang rutin berolahraga saat menjelang dan sedang menstruasi cenderung tidak mengalami kram pada perut dan sakit kepala dibanding yang tidak berolahraga. PMS kerap identik dengan mood swing karena saat menstruasi, perempuan cenderung lebih sensitif.

2. Kompres dengan Air Hangat

Young girl with using a hot compress on her stomach | premium image by rawpixel.com

Sumber foto : Pinterest

Cara ini cocok banget kalau rasa atasi gejala pms sudah membuat tidak nyaman beraktivitas. Dengan mengompres bagian perut dengan air hangat, otot-otot akan melemas sehingga mengurangi rasa nyeri yang seolah mencengkram. Atau, kamu juga dapat meminum air hangat untuk tips atasi gejala PMS. 

3. Jaga Pola Makan

Grilled Salmon Steak | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Saat menstruasi, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari lho untuk meredakan atau mencegah rasa nyeri kian parah seperti kafein dan makanan berlemak. Jadi, dianjurkan untuk kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium guna mengurangi kram otot saat PMS datang. Makanan berbahan dasar susu, sayur dan almond adalah beberapa diantaranya.

4. Konsumsi Buah-Buahan seperti Pisang

Sliced Banana | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Siapa disini para wanita yang kalau sedang  PMS, mood-nya langsung mudah berubah drastis alias gampang bete, senang, nangis di waktu yang berdekatan? Gejala yang sering timbul kalau sedang PMS tuh! Tingkatkan suasana hati kamu dan kurangi gejala PMS dengan makan pisang, yang mengatur gula darah dan menghasilkan relaksasi penghilang stres. Cocok banget nih untuk kamu yang suka didera mood swing saat atau menjelang haid. 

5. Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam image

Sumber foto : We Heart It

Meminum jamu kunyit asam merupakan salah satu cara menanggulangi nyeri menstruasi secara herbal. Ini merupakan salah satu cara tradisional juga, lho untuk menyembuhkan nyeri menstruasi. Meracik jamu ini juga mudah, cukup siapkan 15 – 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Kemudian, rebus secara bersamaan dan disaring. Minum jamu saat hangat-hangat minimal 2 kali sehari. 

6. Air Jahe

An elevated view of herbal tea cup with lemon; ginger and dried herbs on white backdrop Free Photo

Sumber foto : Freepik

Buat kamu yang sering mengalami nyeri perut saat haid dan tidak ingin mengonsumsi obat-obatan, jahe bisa menjadi pilihannya. Dengan mengonsumsi air jahe secara rutin, nyeri perut saat haid akan berkurang, lho! Beberapa penelitian menyatakan bahwa jahe disebut tidak berbeda jauh dengan obat penghilang rasa nyeri lainnya, seperti ibuprofen dan asam mefenamat. Air jahe dapat memberi efek menenangkan serta mengurangi nyeri saat haid. Tertarik untuk mencobanya? 

7. Pijat Ringan

Massage Therapy – Beeson Chiropratic Center

Sumber foto : Freepik

Melakukan pijatan lembut pada bagian perut dapat membantu otot-otot semakin rileks. Di tengah aktivitas padat dan sulit menemukan obat pereda nyeri, cara pijat ini ampuh lho untuk menanggulangi atasi gejala pms. Nah, tapi perhatikan betul yaa saat melakukan pijat. Pemijatan dilakukan dengan halus agar tidak terjadi penekanan yang keras sehingga memicu kontraksi otot perut.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share