7 Protokol Kesehatan di Kantor

Sumber foto : Freepik

Antisipasi penyebaran virus corona betul-betul perlu dilakukan dan dapat kamu mulai dari lingkungan terdekat seperti tempat kerja. Perkantoran merupakan sentral ekonomi bagi masyarakat. Dalam pengaturan pola kerja yang baru, kamu harus siap dengan pengaturan waktu kerja bagi karyawan serta berbagai protokol kesehatan lain yang perlu diterapkan di kantor sebagai langkah-langkah preventif pencegahan Covid-19. Apa saja yaa?

1. Pembatasan Jumlah Karyawan dalam Shift Kerja

Creative designer business worker, working in spaced and wearing a ...

Sumber foto : Freepik

Dalam pengaturan pola kerja yang baru, kamu harus siap dengan pengaturan waktu kerja bagi karyawan. Contohnya buatlah shift kerja untuk karyawan, tim 1 bekerja hari Senin dan Selasa, sedangkan tim 2 bekerja Kamis dan Jumat. Hari Rabu dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kantor. Waktu bekerja juga disesuaikan untuk seluruh karyawan, ada yang bekerja lebih pagi, dan ada yang lebih siang untuk menghindari peak commuting time. Beberapa perusahaan pun mungkin masih ada yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH (Work From Home), sehingga perusahaan lebih fleksibel dalam mengatur karyawannya.

2. Lakukan Rapid Test

Sumber foto : Fazzdoc

Guna mencegah penyebaran Covid-19 di kantor, maka langkah preventif yang dapat dilakukan adalah menyelenggarakan rapid test untuk seluruh tenaga kerja. Fazzdoc menyediakan layanan rapid test yang nyaman, aman dan praktis, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memberikan hasil dari sampel darah serta rapid test diselenggarakan di kantor mu! Dengan memilih rapid test Fazzdoc, tentunya sangat efisien untuk mengakomodir karyawan dalam jumlah banyak. Yuk segera daftarkan kantormu mengikuti rapid test Fazzdoc dengan isi form di https://covid19.fazzdoc.com/rapid-test-company/  

3. Terapkan Physical Distancing

Peenat | Freepik

Sumber foto : Freepik

Pengaturan posisi meja dan kursi sangat penting dilakukan guna menerapkan physical distancing antar karyawan di kantor. Disarankan, setiap orang menjaga jarak 6 kaki atau 1,5 hingga 1,8 meter agar physical distancing efektif. Pengelola gedung juga harus mempertimbangkan untuk membatasi jumlah orang di dalam lift. Pengelola gedung juga wajib menandai lantai lift untuk mengatur posisi orang dalam lift dengan posisi saling membelakangi. Pengaturan jalur tangga di kantor juga tak kalah penting. Jika hanya terdapat satu jalur tangga, pengelola gedung juga harus membagi jalur untuk naik dan turun, sehingga tidak ada karyawan yang papasan saat melewati tangga. 

4. Sterilkan Barang-Barang di Kantor

Asian primary student wearing masks and cleaning table by wipe and ...

Sumber foto : Freepik

Penularan virus corona sangat sederhana. yaitu memastikan kondisi di sekitar kamu tetap terjaga higienitasnya. Hal tersebut dituturkan oleh WHO. Bagaimana menjaga lingkungan agar selalu bersih? Dimulai dengan membersihkan meja kerja, atau benda-benda yang kontak dengan dirimu setiap harinya menggunakan desinfektan, dan meletakkan pembersih tangan di tempat-tempat umum yang sering dipakai. Semua karyawan diimbau untuk menggunakan alat makan sendiri, sehingga pantry tidak perlu menyediakan alat makan yang digunakan bersama-sama. Tidak hanya alat makan, alat ibadah, seperti mukena, sarung dan sajadah pun tidak boleh dipakai bersama. 

5. Proteksi Diri dengan Masker dan Face Shield

Working asian woman, he wears a mas and face shield to protect ...

Sumber foto : Freepik

Penggunaan face shield dan masker secara berbarengan lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus corona melalui droplets. Face shield dinilai praktis untuk dilepas pasang dan minim kesalahan untuk digunakan. Face shield juga terbilang lebih mudah dibersihkan dengan disinfektan di mana saja dan kapan saja. Penggunaan face shield dibarengi dengan masker tepat banget agar dapat memproteksi diri secara penuh. Penggunaan masker penting untuk menghindari penyebaran virus corona antar manusia lewat droplets. 

6. Lakukan Pengukuran Suhu Tubuh

Infrared Thermometer Images | Free Vectors, Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kantor harus memberlakukan pengukuran suhu di pintu masuk untuk memastikan kondisi fisik para pekerja. Suhu tubuh orang dewasa normal berkisar antara 36,5 derajat sampai 37,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius, maka dikategorikan demam. Pastikan para karyawan yang sedang bekerja di shift hari itu tidak memiliki gejala-gejala, seperti batuk, pilek, dan demam tinggi. Hal itu dikarenakan jika kamu memiliki gejala-gejala tersebut, maka akan rentan menularkannya ke orang lain dan rentan terinfeksi penyakit. Jadi, pastikan kondisi tubuh kamu benar-benar fit, sehat, dan bugar ya! 

7. Sediakan Fasilitas Sanitasi Kebersihan

Asian man in quarantine and social distancing wearing surgical ...

Sumber foto : Freepik

Perusahaan juga wajib menyediakan sabun antiseptik dan hand sanitizer. Ruang kerja juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Menyediakan hand sanitizer dapat menjadi langkah preventif yang tepat banget. Akan lebih baik lagi apabila kantor meletakkan hand sanitizer touch less di lobi tepatnya setelah pengukuran suhu tubuh. Hal ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 secara efektif. Pastikan tersedia fasilitas sanitasi seperti westafel untuk mencuci tangan beserta sabun di sudut-sudut kantor. Namun, akan lebih baik lagi apabila fasilitas sabun dibuat canggih dengan sistem touch less, agar semua orang tidak perlu menyentuh tempat yang sama untuk memperoleh sabun.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share