7 Protokol Kesehatan Berkendara saat New Normal

Sumber foto : Freepik

Masyarakat beraktivitas kembali di masa New Normal seperti bekerja misalnya, sehingga penggunaan kendaraan mulai optimal lagi. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil alih-alih transportasi umum, ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan nih guna mencegah penularan Covid-19. Tentunya, ingin kan berkendara secara aman dan nyaman? 

1. Cek Kondisi KendaraanAsian woman washing the car with a sponge | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Hal ini penting banget terlebih bila selama karantina PSBB kendaraanmu jarang digunakan. Jika menggunakan motor, pastikan lagi apakah ada kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman, kopling dan pastikan lampu aman. Untuk yang hendak mengendarai mobil, periksa dan bersihkan mulai dari selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok mobil, hingga bagian karpet dan lantai. Jika ada sampah yang tercecer langsung dibuang.

2. Hindari Penggunaan Helm secara Bergantian & Pastikan Riding Gear Lengkap

Asian woman with helmet and wearing and fasten before riding big ...

Sumber foto : Freepik

Protokol kesehatan ini tepat banget nih untuk para bikers. Pastikan helm yang kamu gunakan adalah milik pribadi, tidak pernah digunakan bergantian dengan orang-orang lain di rumah untuk mencegah penularan Covid-19. Cek juga riding gear, harus lengkap semua ya! Riding gear adalah perlengkapan naik sepeda motor seperti jaket, sarung tangan dan tentunya helm. Oh iya, pakai visor juga yaa selama berkendara untuk menghindari benda-benda asing masuk ke dalam mata.

3. Tubuh Harus FitBusinesswoman in a black mask sitting inside a car | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Sebelum berkendara, baik menggunakan kendaraan bermotor atau mobil pastikan bahwa suhu tubuh dibawah 37,3 derajat. Apabila suhu tubuh berada di angka 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya urungkan niat untuk berkendara. Selain suhu tubuh, jika hari itu kamu memiliki gejala-gejala, seperti batuk, pilek, dan demam tinggi, disarankan untuk tidak meninggalkan rumah. Hal itu dikarenakan jika kamu memiliki gejala-gejala tersebut, maka akan rentan menularkannya ke orang lain

4. Semprotkan Cairan Disinfektan

Disinfectant Car | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kemudian, jangan lupa semprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang sering disentuh. Misalnya di mobil, pastikan handphone, dompet, tas atau sepatu yang kamu bawa disemprot cairan disinfektan yaa. Di mobil sediakan pula hand sanitizer dan masker cadangan di dasbor. Namun, jangan meninggalkan hand sanitizer ketika turun mobil karena kandungan alkohol yang ada di hand sanitizer dapat menimbulkan kebakaran saat terpapar suhu kabin yang panas.

5. Siapkan Masker Cadangan dan Hand SanitizerYoung asian woman wearing mask for protection from corona virus ...

Sumber foto : Freepik

Penggunaan masker tidak boleh terlupa nih terlebih jika kamu mengendarai sepeda motor. Oh iya, disarankan untuk membawa masker cadangan yaa antisipasi apabila masker yang dipakai di jalan menjadi kotor atau basah. Terlebih jika kamu hendak berangkat ke kantor, gantilah masker yang baru setibanya disana. Tahukah kamu bahwa perkantoran adalah salah satu klaster penyebaran Covid-19? Maka, proteksi diri sebaik mungkin untuk melindungi diri serta orang lain ya. Jangan lupa bawa hand sanitizer.

6. Pilih Pembayaran Non Tunai untuk Parkir dan Tol

Pos credit card settlement instead of cash settlement shopping ...

Sumber foto : Freepik

Sebaiknya hindari pembayaran parkir dan tol secara tunai karena uang berpindah dari tangan ke tangan, jadi pilih pembayaran non tunai ya. Saat ini tersedia banyak metode pembayaran non tunai yang bisa kamu gunakan, khususnya untuk pembayaran parkir dan tol yang memiliki sistem pembayaran non tunai tersendiri serta sistem nya sekarang touchless jadi tidak perlu menyentuh tombol agar karcis parkir bisa diperoleh. Pastikan jangan lupa top up saldo di e-wallet dan e-money ya sebelum berkendara.

7. Setelah Berkendara Langsung Bersih-Bersih

Wash your Hands, 120 Best Free Graphics on Freepik

Sumber foto : Freepik

Rajin cuci tangan adalah cara mencegah corona yang harus kamu terapkan. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku setelah berkendara. Tahukah kamu bahwa mencuci tangan dapat mencegah corona lebih efektif dibandingkan hand sanitizer. Hal ini dikarenakan hand sanitizer memiliki kandungan anti bakteri, namun corona berupa virus. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share