7 Cara Meminimalisir Transmisi Airborne Covid-19

Sumber foto : Freepik

Dalam ringkasan ilmiah mengenai transmisi virus penyebab Covid-19 dan rekomendasi pencegahannya, WHO memperbarui perihal kemungkinan penularan virus lewat udara atau airborne di ruang tertutup pada tanggal 9 Juli 2020. Bagaimana cara meminimalisir transmisi airborne Covid-19? Mari simak langkah-langkah berikut. 

1. Seberapa Besar Potensi Penyebaran Covid-19 Melalui Udara?

Asian middle aged people wearing mask and keep social distancing ...

Sumber foto : Freepik

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona Covid-19 bisa melayang-layang di udara dalam waktu lama sehingga menyebabkan penyebaran penularan. Dikutip dari pernyataan pimpinan teknis WHO untuk pencegahan dan pengendalian infeksi, Benedetta Allegranzi, kemungkinan penularan melalui udara dalam pengaturan publik, terutama dalam kondisi yang sangat spesifik, padat, memang tidak dapat dikesampingkan. Lalu, bagaimana cara mencegah penularan Covid-19 melalui udara?

2. Hindari Kepadatan

Young asian woman wearing protection mask against novel ...

Sumber foto : Freepik

Penyakit yang ditularkan melalui udara dapat menyebar dengan mudah, maka disarankan untuk menghindari keramaian khususnya di transportasi umum dan gedung atau ruang publik. Jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak sebaiknya tetap berada di rumah. Apabila harus datang ke kantor untuk menghadiri rapat, buatlah acara berlangsung seefektif mungkin dengan protokol kesehatan yang berlaku. Para ahli juga merekomendasikan untuk menghindari tempat-tempat ramai, terutama transportasi umum. Dalam kondisi yang mengharuskan untuk naik kendaraan umum, hindari jam padat (rush hour).

3. Pastikan Sirkulasi Udara dalam Ruangan Berfungsi Baik

Air purifier in the interior on the wooden floor background ...

Sumber foto : Freepik

Untuk meminimalisir transmisi airborne Covid-19, jumlah ventilasi dalam ruangan dapat ditingkatkan serta sediakan pembersih udara. Terlebih di ruangan tertutup seperti di kantor. Kamu dapat meletakkan air purifier di dalam ruang kantor sebagai penyaring udara. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa air purifier memang terbukti efektif untuk mengurangi jumlah virus dan bakteri dalam ruangan. Tidak hanya bakteri dan virus, air purifier juga dapat mengurangi jumlah jamur yang dapat menjadi sumber penyakit.

4. Terapkan Physical Distancing secara Benar

Asian business woman wearing mask sneezing or coughing in subway ...

Sumber foto : Freepik

Physical distancing adalah pembatasan fisik yang menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19. WHO menyarankan agar menjaga jarak fisik 1 hingga 3 meter antar individu. Jangan menghabiskan waktu di tempat ramai. Apabila menggunakan lift, patuhi posisi orang dalam lift dengan posisi saling membelakangi. Begitu pula jika menggunakan tangga terutama di tempat umum, patuhi betul arahan yang tertera. Gunakan tangga naik untuk naik begitupun dengan tangga turun untuk turun. Tujuannya agar tidak ada individu yang saling berhadapan di tangga dengan jumlah yang padat. 

5. Pakai Masker dengan Tepat

Young asian woman wearing surgical face mask against novel ...

Sumber foto : Freepik

Selalu gunakan masker, face shield atau segala penghalang di wajah guna meminimalisir risiko kontak dengan mikroba di udara. Penting banget yaa diterapkan terlebih jika di fasilitas publik. Oh iya, pastikan kamu menggunakan masker dengan benar! Pakai masker sampai menutupi hidung dan rapatkan. Jangan menurunkan masker ke bagian bawah dagu yang terbuka karena mudah bagi kuman, virus dan bakteri menempel. Ketika masker diturunkan sampai ke posisi dagu, maka akan mencemari bagian dalamnya. Nah, saat masker dinaikkan kembali justru bagian mulut dan hidung tercemari masker kotor. 

6. Tambah Ventilasi

Window Images | Free Vectors, Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Ventilasi berfungsi untuk menyediakan pasokan udara bersih dari luar ruangan. Cara meminimalisir transmisi airborne Covid-19 ini tepat dilakukan di perkantoran. Ketika memutuskan untuk rapat di kantor, pastikan ruangan yang digunakan memiliki sirkulasi udara mumpuni. Disarankan untuk memulai rapat saat pagi hari, hal ini dimaksudkan agar peserta rapat yang menggunakan kendaraan umum dapat menghindari jam padat. Selama rapat berlangsung, buka jendela agar sirkulasi udara semakin baik. 

7. Jika Bersin Atau Batuk, Tutup dengan Sapu Tangan atau Siku

Asian woman sitting on sofa at home having a cold fever using ...

Sumber foto : Freepik

Jika sedang batuk, jangan lupa tutup mulut dengan sapu tangan, tisu atau dengan siku. Jika menggunakan tisu segerakan buang tisu ke tempat sampah. Ingat, penularan virus corona bisa terjadi ketika tangan menyentuh barang yang terkontaminasi virus, dan kemudian menyentuh mata atau wajah. Inang virus tertinggal pada benda dan tidak menetap dalam waktu lama. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share