7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Freepik

Sudah memasuki hari ke berapa kamu di rumah aja? Berbagai perasaan rasanya memenuhi diri karena terlalu lama tidak bersua dengan teman, rekan kerja dan beraktivitas seperti biasanya di luar rumah. Hati-hati dengan cabin fever, ya! Sebuah istilah negatif akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah atau tempat tertentu. Rasanya sedih, bosan, gelisah, mudah tersinggung, dan berbagai perasaan negatif lainnya hadir akibat terlalu lama berdiam diri di rumah. Tentu tidak mau kan negative vibes ada di sekitarmu? Yuk kita lakukan 7 cara cegah cabin fever saat Wabah Covid-19!

1. Berkebun

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Photodune

Kalau sudah mulai bosan di dalam rumah, kamu bisa memanfaatkan kebun belakang atau halaman depan untuk berkebun lho! Berkebun bersama keluarga dapat menjadi salah satu kegiatan seru selama karantina corona. Selain bisa menambah pengetahuan dengan berbagai tanaman, kegiatan ini juga bisa membuat rumahmu lebih rimbun dan asri, pastinya membuat kamu tambah rileks dan cegah cabin fever. Kamu bisa membeli bibit-bibit tanaman dan buah, harganya pun terjangkau. 

2. Menonton Series dan Film

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Freepik

Kalau kamu punya wishlist film atau series yang belum kamu tonton, sekarang adalah waktunya! Agar lebih seru, kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk nonton bersama. Jangan lupa untuk menyiapkan popcorn serta matikan lampu agar seolah-olah kamu berada di bioskop. Nonton film atau series dapat menghilangkan rasa penat, menghindarkan kamu dari cabin fever serta meningkatkan kemampuan bahasa asing juga lho! 

3. Bermain Games

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Unsplash.com

Permainan yang seru tidak melulu harus memerlukan koneksi internet, kok! Kamu bisa bermain monopoli, kartu uno, ular tangga, atau scrabble. Ajak anggota keluarga kamu untuk bermain agar lebih seru dan ramai. Permainan-permainan tersebut dapat melatih kemampuan pemecahan masalah dan menguji kecerdasan individu, strategi dan keterampilan. Bermain games tersebut dapat menjalin keakraban dan kedekatan antara keluarga menjadi lebih erat

4. Masak Bersama

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Freepik

Daripada membeli makanan dari luar, memasak sendiri lebih terjamin kebersihannya, serta mengusir rasa jenuh dan bosan selama di rumah dan mencegah cabin fever menyerang. Sebaiknya hindari makanan beku dan kalengan yang mengandung banyak pengawet, ya! Jangan lupa untuk menambah sayur dan buah untuk dikonsumsi agar tubuh semakin sehat, bugar, serta kebutuhan nutrisi sehari-hari tercukupi. Kamu bisa bereksperimen resep masakan yang lezat dan bergizi. Kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk memasak bersama agar lebih seru.

5. Piknik di Kebun atau Halaman Rumah

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Red Cottage Chronicles

Di rumah aja bukan berarti kamu tidak dapat mengajak seluruh anggota keluarga di rumah bersenang-senang, lho! Lakukan piknik kecil-kecilan di halaman belakang, atau di teras rumah pada pagi atau sore hari. Piknik memang memiliki manfaat untuk membuat keluarga semakin akrab. Menu untuk piknik pun bisa berupa snack yang anak-anak sukai. Hitung-hitung refreshing juga, kan? Kamu dapat melakukan piknik di pagi hari bersama sambil berjemur untuk cegah cabin fever akibat terlalu lama di rumah aja!

6. Olahraga Ringan dan Seru

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Freepik

Melakukan olahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit. Kamu dapat mengajak anggota keluarga di rumah untuk melakukan senam, menari atau relaksasi yang ringan-ringan saja. Kamu dapat mengajak anak untuk berjemur di halaman rumah untuk mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Tidak perlu olahraga dalam waktu yang lama, yang penting dilakukan rutin serta tidak diforsir.

7. Bersih-Bersih Rumah

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Sumber foto : Pristine Home

Kebersihan adalah hal yang utama untuk memerangi virus. Nah, untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (corona), langkah preventif berupa membersihkan barang-barang pribadi atau yang sering mengalami kontak dengan kita. Kamu dapat libatkan orang-orang untuk aktivitas ini, lho! Para peneliti berkata bahwa virus corona dapat bertahan hingga sembilan jam di benda-benda keras, seperti baja, plastik, tak terkecuali benda-benda di rumah. Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (corona), langkah preventif berupa membersihkan barang-barang pribadi atau yang sering mengalami kontak dengan seluruh anggota keluarga, termasuk anak. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

7 Cara Cegah Cabin Fever saat Wabah Covid-19

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

 

Share