7 Cara Atasi Sariawan di Gusi

Sumber foto : Freepik

Rasa perih akibat sariawan di gusi mengganggu sekali saat makan, minum bahkan saat berbicara! Nah, untuk kamu yang sedang mencari cara atasi sariawan di gusi yang ampuh dan efektif, harus banget cek artikel berikut ini. Banyak lho obat sariawan di gusi yang alami, mudah didapat dan cepat sembuhkan sariawan di gusi. Apa saja yaa?

1. Obat Kumur Betadine

Hasil gambar untuk obat kumur betadine

Sumber foto : Kania Safitri

Kamu bisa pilih cara satu ini untuk atasi sariawan di gusi yaitu dengan menggunakan obat kumur antiseptik, Betadine. Obat kumur ini mengandung Povidon Iodine 1%, jadi Betadine dapat mengobati sariawan serta gusi yang membengkak serta membantu menyegarkan mulut. Obat sariawan satu ini juga efektif lho dan menangani sariawan dengan cepat. Caranya mudah, cukup gunakan obat kumur antiseptik Betadine untuk berkumur dan jangan lupa tekankan pada gusi tepat di bagian yang sariawan, ya!

2. Tea Tree Oil

acne, tea tree oil, and natural remedies image

Sumber foto : We Heart It

Minyak tea tree memiliki kandungan anti jamur dan anti bakterinya yang baik untuk menyembuhkan sariawan di gusi. Sariawan terjadi akibat infeksi jamur Candida Albicans, nah tea tree oil cocok untuk mengendalikan bakteri sehingga pemulihan semakin cepat. Tea tree oil dapat diaplikasikan sebagai cara atasi sariawan di gusi dengan cara yang cukup mudah. Pertama, teteskan tea tree oil ke air hangat. Lalu kumur menggunakan larutan tersebut selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga sariawan membaik.

3. Kompres dengan Es Batu

Ice Cube | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kamu bisa menggunakan es batu sebagai cara atasi sariawan di gusi yang ampuh dan efektif. Es batu akan membuat saraf pada bagian mulut yang sariawan kebas sehingga rasa sakit tidak lagi terasa. Terdapat saraf-saraf pada area mulut yang sensitif terhadap rangsangan dingin sehingga akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari sariawan. Kamu juga bisa lho langsung aplikasikan es batu ke bagian mulut letak sariawan berada. 

4. Ekstrak Daun Kemangi

benefits of basil leaves image

Sumber foto : We Heart It

Obat sariawan berikutnya juga berasal dari bahan alami nih, yaitu daun jambu kemangi.  Daun jambu kemangi mengandung anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut. Kamu dapat merebus daun kemangi dan gunakan rebusan dari daun kemangi tersebut untuk berkumur. Kemangi memiliki anti bakteri yang baik untuk mencegah infeksi jamur Candida albicans. Cara agar sariawan cepat sembuh dapat menggunakan daun kemangi

5. Buah Strawberry

Strawberry | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Untuk mengatasi dan mencegah sariawan pada gusi kamu bisa menggunakan buah strawberry. Buah berwarna merah bercita rasa asam manis yang mengandung vitamin C ini juga mengandung bakteri baik dan asam. Zat ini berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut termasuk di bagian yang sariawan. Kandungan asam dalam strawberry mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian yang mengalami sariawan di gusi.

6. Obati dengan Madu

tea, honey, and cup image

Sumber foto : We Heart It

Madu mengandung zat yang dapat meredakan luka pada sariawan. Obat sariawan ini terkenal efisien, alami dan tidak bikin kantong bolong untuk mengatasi sariawan adalah, madu! Ya, madu dapat berfungsi untuk mengobati gusi yang bengkak karena bersifat anti bakteri. Kamu cukup oleskan madu murni beberapa kali dalam satu hari langsung ke sariawan di gusi yang sedang meradang. Ingat, kamu harus gunakan madu asli sebagai cara atasi sariawan di gusi bukan madu campuran ya!

7. Yoghurt

Yogurt | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Cara atasi sariawan di gusi berikutnya masih berasal dari bahan-bahan alami yaitu, Yoghurt. Hasil fermentasi susu yang mengandung vitamin C ini juga mengandung bakteri baik dan asam. Zat ini berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut termasuk di bagian yang sariawan. Kandungan asam dalam yoghurt mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian yang mengalami sariawan.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share