6 Tips Melembabkan Bibir

Sumber foto : Freepik

Perawatan maksimal from head to toe tuh penting banget deh tak terkecuali yang satu ini, bibir.  Memiliki bibir lembab dan sehat adalah dambaan semua orang. Namun, walaupun sudah minum banyak air putih, beberapa orang tetap mengalami bibir kering, pecah-pecah, bahkan berdarah. Bibir yang sehat ditandai dengan bibir yang lembab, tidak kering, dan cerah, bagaimana tips dapat bibir lembab?

1. Lipstik Berformulasi untuk Melembabkan

Beautiful asian muslim woman with hijab applying lipstick ...

Sumber foto : Freepik

Jika kamu memiliki bibir yang kering, pilih lipstik dengan kandungan minyak yang lebih banyak, seperti minyak castor, minyak jojoba, cocoa butter, dan minyak mineral. Kandungan minyak yang banyak pada bibir dapat memberikan kelembaban bagi bibir, sehingga bibir kamu terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.

Walaupun lipstik jenis matte banyak digemari wanita karena warnanya yang lebih tebal serta pigmented di bibir. Namun, lipstik jenis matte kurang cocok untuk mereka yang memiliki bibir kering karena kandungan minyak yang lebih sedikit. Selain itu, pilih lipstik dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A untuk menutrisi dan memberi kelembaban pada bibir.  Setelah memakai lipstik, pastikan kamu membersihkannya dengan benar dan memakai lip balm setelahnya. 

2. Gunakan Argan Oil

Argan oil with floral background. | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Tidak hanya bermanfaat untuk kuku dan rambut, argan oil juga dapat melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Kandungan argan oil juga dapat ditemukan pada produk perawatan bibir, seperti lip balm, sehingga dapat menyembuhkan bibir yang pecah-pecah dan menjaganya tetap halus.

Kandungan argan oil juga dapat kamu temukan di produk kecantikan, seperti lipstick atau lip cream. Jadi, bibir tidak akan kering saat memakai lipstick. Kamu bisa mengaplikasikan 1-2 tetes argan oil pada bibir, kemudian pijat lembut hingga merata. Sebaiknya rutin memakai argan oil untuk perawatan bibir sebelum tidur agar hasilnya lebih maksimal. Agar bibir senantiasa sehat dan lembab, sebaiknya aplikasikan argan oil setiap hari, ya! 

3. Vaseline Petroleum Jelly

Harga Vaseline Repairing Jelly Terbaru #harga #vaseline ...

Sumber foto : Pinterest

Kalau kamu punya masalah dengan bibir yang kering, pecah-pecah, bahkan mengelupas, petroleum jelly bisa membantu lho! Gunakan petroleum jelly sebagai lip balm di siang hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly sebagai pelembab bibir sebelum menggunakan lipstik.

Tidak hanya lip balm, menggunakan lip scrub seminggu sekali juga dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir, sehingga terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. Caranya mudah, ambil petroleum jelly secukupnya, lalu campurkan dengan garam laut atau gula pasir. Setelah itu, aplikasikan pada bibir dengan gerakan memutar, dan bilas dengan air hangat atau hapus menggunakan handuk. Setelah scrub bibir, lanjutkan dengan menggunakan vaseline petroleum jelly sebagai lip balm. 

4. Scrub Bibir

Beauty and care. portrait of a young woman with a beautiful skin. beautiful lips. girl takes care of lips. woman with beautiful blue eyes. makeup. lip scrub. peeling Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Tidak hanya kulit wajah yang butuh untuk dieksfoliasi secara rutin, kulit bibir juga harus di eksfoliasi.  Menggunakan scrub khusus untuk bibir mengangkat sel kulit mati, sehingga bibir kembali halus. Sel-sel kulit mati yang menumpuk berpotensi membuat bibir terlihat kusam, terasa kasar, dan kering, sehingga eksfoliasi membantu bibir terlihat lebih cerah, halus, dan lembab.

Kamu bisa membeli scrub bibir di berbagai e-commerce, atau kamu bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah. Caranya adalah, campurkan 1 sdt olive oil dengan 1/2 sdt gula. Atau, kamu juga bisa mencampurkan gula dan madu, kemudian pijat lembut bibirmu menggunakan scrub gula tersebut dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan scrub bibir minimal seminggu tiga kali sebelum tidur, kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikan lip balm agar bibir ternutrisi dan tidak kering. 

5. Aplikasikan Lip Balm

Lipbalm | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kalau kamu memiliki kebiasaan membasahi bibir dengan lidah, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga ya! Kebiasaan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak bisa menghasilkan minyak secara natural agar permukaannya tetap lembab. Maka, kamu membutuhkan lip balm agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. Fungsi utama lip balm adalah menambah hidrasi serta kelembaban pada bibir.

Umumnya lip balm mengandung minyak jojoba, beeswax, shea butter, dan vitamin E yang dapat melembabkan bibir serta menghaluskan kulit bibir kamu. Tidak hanya melembabkan bibir dan mencegah bibir kering, lip balm juga dapat menyembuhkan luka pada bibir karena bibir yang mengelupas, lho! Pastikan kamu rutin memakai lip balm, seperti sebelum memakai lipstik, saat bibir terasa kering, dan sebelum tidur. Dengan rutin menggunakan lip balm, kamu juga dapat mengurangi kebiasaan membasahi bibir dengan lidah yang membuat bibir tambah kering. 

6. Cukupi Kebutuhan Sayur dan Buah-Buahan

Vegetables | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Salah satu tanda dehidrasi adalah bibir kering dan pecah-pecah. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi 8 gelas air putih sehari, kamu juga butuh nutrisi lebih dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Kandungan air dalam buah dan sayur juga membantu menghindari dehidrasi. Jadi, kamu bisa mendapat cairan tambahan dari buah dan sayur tanpa kembung!

Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran saat sahur bisa mengenyangkan perut sekaligus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya membantu memenuhi cairan dalam tubuh, kandungan vitamin, serat, dan mineral pada buah-buahan serta sayur-sayuran dapat memberi nutrisi pada tubuh dan melancarkan pencernaan saat berpuasa. Nah, agar bibir tetap sehat saat berpuasa, jangan lupa untuk selalu penuhi cairan tubuh, menggunakan pelembab bibir, serta rutin eksfoliasi bibir ya! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share