6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Pada dasarnya, berpuasa tetap dapat dijalankan dengan aman asalkan kadar gula darah terkontrol dengan baik. Mari simak sama-sama 6 tips kontrol gula darah agar terhindar kadar gula darah turun secara drastis (hipoglikemia) atau justru menjadi sangat tinggi (hiperglikemia). Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Rutin Cek Gula Darah

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Melakukan cek gula darah secara rutin saat puasa dapat membantu kadar gula darah tetap terkontrol dan stabil. Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan sendiri di rumah dengan alat pengukur gula darah. Menggunakan alat cek gula darah yang berupa penusukan jarum ke kulit tidak membatalkan puasa. Hal ini perlu dilakukan jika penderita merasakan sakit atau ada gejala dari gula darah rendah atau tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu cek gula darah 2-4 kali sehari, yaitu setelah sahur, saat puasa, dan setelah berbuka puasa.

2. Makan 3 Kali Sehari

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Makan 3 kali sehari sebaiknya tidak diabaikan meski sedang berpuasa. Tujuannya dilakukan adalah agar kadar gula darah tidak turun terlalu lama, ini adalah salah satu tips kontrol gula darah saat berpuasa. Kamu bisa mengganti sarapan dengan waktu sahur, kemudian waktu buka puasa tepat untuk menggantikan makan siang. Jangan lupa di malam hari usai sholat tarawih, kembali konsumsi makanan ya sebagai pengganti makan malam.

3. Hindari Gorengan dan yang Manis-Manis

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Ruang Bisnis Indonesia

Para penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka agar gula darah tetap terkontrol dan tidak terjadi lonjakan. Hindari konsumsi gorengan karena dapat menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh yang akan meningkatkan gula darah. Hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi penderita diabetes adalah menghindari makanan gorengan atau minuman yang terlalu manis agar gula darah tetap stabil. 

4. Minum Air Putih Rutin saat Sahur dan Berbuka Puasa

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Penderita diabetes wajib memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, konsumsi air putih lebih baik dibanding minuman manis atau minuman yang mengandung kafein. Minuman yang mengandung kafein memicu buang air kecil lebih sering, sehingga dapat memicu dehidrasi. Pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi saat sahur dan berbuka.

5. Lakukan Olahraga Ringan

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Untuk mengontrol gula darah saat berpuasa salah satunya dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga ringan. Berolahraga saat puasa penting untuk menjaga kebugaran tubuh asal tidak berlebihan. Lakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat, serta perhatikan durasi dan intensitasnya agar tidak menyebabkan hipoglikemia. Waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah sesaat sebelum berbuka, karena dapat segera menggantikan cairan yang hilang saat berbuka puasa. 

6. Konsultasikan ke Dokter

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Hal ini penting untuk dilakukan agar dokter dapat menyesuaikan obat yang diberikan. Jika dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, maka dokter akan mengatur ulang jadwal konsumsi obat agar sesuai dengan waktu makan ketika berpuasa. Tentu saja kondisi tubuh setiap penderita diabetes berbeda-beda, jadi sebaiknya konsultasi dengan dokter 1-2 bulan menjelang puasa. Saat berkonsultasi, dokter akan memeriksa ulang tingkat gula darah, sehingga dokter dapat menentukan apakah kamu dapat menjalankan ibadah puasa.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

6 Tips Kontrol Gula Darah Saat Berpuasa

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share