6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Kala rasa gatal dan kurang nyaman mulai mengganggu tenggorokan, duh rasanya mengganggu ya! Radang tenggorokan kerap hadir saat berpuasa. Siapa disini yang gemar berbuka puasa dengan gorengan panas dan minuman dingin manis? Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan radang tenggorokan, lho. Lalu, apa saja nih tips cegah radang tenggorokan saat berpuasa?

1. Hindari Konsumsi Gorengan saat Berbuka Puasa dan Sahur

6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : Selerasa.com

Ketika buka puasa, biasanya digunakan untuk memilih makanan sepuasnya karena sudah menahan lapar dan haus seharian. Untuk cegah radang tenggorokan saat berpuasa di esok hari, sebaiknya hindari pemilihan makanan yang digoreng panas seperti bakwan, tahu goreng, mendoan.

Wuih pokoknya yang biasanya jadi takjil favorit saat buka puasa. Menurut Dr Sepri, suhu ekstrem dari gorengan panas itulah yang akhirnya mengiritasi tenggorokan menyebabkan radang tenggorokan. Keadaan tersebut membuat virus atau bakteri lebih mudah menginfeksi. Hindari makanan ini untuk saat buka puasa maupun sahur, ya! 

2. Konsumsi Air Putih

6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Obat sakit tenggorokan yang efektif selanjutnya mudah banget ditemukan di kehidupan sehari-hari, yaitu perbanyak minum air putih. Rajin mengkonsumsi air putih juga dapat menjadi tips jitu untuk mencegah radang tenggorokan saat berpuasa. Kondisi dehidrasi menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. 

Jangan sampai kamu mengalami kekurangan cairan tubuh karena jika tubuh kekurangan air, produksi air liur terhambat. Akibatnya terjadi pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Jadi, biasakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau minimal 2 liter per hari, bisa kamu bagi seperti: 4 gelas saat berbuka puasa dan 4 gelas saat sahur.

3. Pilih Sup Hangat sebagai Menu Berbuka Puasa dan Sahur

6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Sup yang disajikan hangat dapat meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu. Sup hangat cocok lho dinikmati saat berbuka puasa dan sahur. Dengan mengkonsumsi sup hangat, kamu dapat terhindar dari radang tenggorokan saat berpuasa. 

Oh iya, kaldu ayam dalam sup memiliki banyak vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki kondisi tubuh dan tenggorokan. Selain itu, di dalam sup ayam juga ada campuran bawang putih yang kaya akan antibiotik untuk menghilangkan bakteri dan virus yang mengganggu tenggorokan.

4. Tidur yang Cukup

6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Jam tidur yang tepat dapat menghindari kamu dari keluhan sakit tenggorokan dan radang esok harinya kala berpuasa. Cobalah untuk tidur  cukup lama, orang dewasa dianjurkan untuk tidur minimal 7 jam setiap malam agar kesehatannya terjaga. 

Kurang tidur akan menyebabkan tubuh menjadi terlalu lelah sehingga dapat menyebabkan daya tahan tubuh turun, radang tenggorokan jadi mudah menyerang. Para ahli merekomendasikan waktu tidur yang baik adalah selama 7 hingga 8 jam setiap malam. 

5. Berkumur dengan Air Garam

6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : We Heart It

Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat menjadi pencegah radang tenggorokan paling ampuh dan alami. Caranya mudah banget, kamu cukup berkumur menggunakan air garam. Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. 

Kumur dalam mulut selama beberapa saat, fokuskan di area tenggorokan yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam menyerap kelembaban dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Infeksi akibat peradangan di tenggorokan dapat diredakan pula dengan air garam.

6. Pastikan Rumah Bersih6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Sumber foto : Freepik

Kebersihan adalah hal yang utama untuk memerangi virus. Nah, untuk mencegah radang tenggorokan, lakukanlah langkah preventif berupa membersihkan barang-barang pribadi atau yang sering mengalami kontak dengan kita. Kamu dapat libatkan anak untuk aktivitas ini, lho! 

Tahukah kamu bahwa faktanya debu dan kotoran yang terhirup saat bernapas dapat menjadi salah satu bahan iritan bagi tenggorokan. Ketika hendak melakukan bersih-bersih rumah, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker ya! Sarung tangan berfungsi agar tidak ada kontak langsung dengan debu. Serta disarankan juga menggunakan masker.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

6 Tips Cegah Radang Tenggorokan saat Berpuasa

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share