6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Sumber foto : Freepik

Kolesterol tinggi berbahaya bagi kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kadar LDL (kolesterol jahat) meningkat. Jumlah LDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat. Jika penyumbatan ini terjadi, resiko yang ditimbulkan antara lain penyakit jantung atau stroke. Untuk cegah kolesterol tinggi, mari simak 5 tips berikut ini!

1. Pola Makan Sehat

6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Sumber foto : Freepik

Batasi konsumsi gula, garam, makanan berlemak, minuman manis, soda, junk food, dan makanan manis. Makanan dan minuman berkalori tinggi tersebut memang enak, namun dapat mendorong kamu untuk terus mengkonsumsinya. Selain itu, kandungan gula pada soda dan softdrink sangat tinggi. Protein dapat meningkatkan metabolisme termasuk pembakaran lemak. Sebaiknya, pilih daging putih seperti ikan dan ayam daripada daging merah karena mengandung lebih banyak lemak.

2. Olahraga secara Teratur

6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Sumber foto : Freepik

Untuk menambah kebugaran tubuh sekaligus mencegah kolesterol tinggi, kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah secara teratur. Selain itu, pastikan kamu mendapat tidur yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa. Olahraga dapat kamu lakukan 30 sampai 60 menit sebelum berbuka puasa agar tubuh dapat kembali terhidrasi dengan baik saat buka puasa datang. Jika kamu ingin membakar lemak, kamu bisa melakukan skipping

3. Jaga Berat Badan

6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Sumber foto : Unsplash.com

Sebuah penelitian mengungkapkan, mengkonsumsi buah plum membantu dalam melawan sindrom metabolik karena senyawa bioaktif di dalamnya. Flavonoid dan komponen fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, dan katekin yang ada di dalam buah plum bermanfaat sebagai anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel, termasuk sel-sel lemak. Tahukah kamu kalau obesitas dapat mengakibatkan penyakit lain seperti kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular? Wah, jauh-jauh deh dari dua penyakit ini! 

4. Berhenti Merokok

6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Sumber foto : Freepik

Bahaya rokok dan rokok elektrik (vape) adalah dapat meningkatkan tekanan darah yang beresiko menimbulkan serangan jantung. Hal ini dipicu dari nikotin yang terdapat dalam rokok elektrik. Nikotin dapat memacu adrenalin dan mengakibatkan detak jantung lebih cepat hingga risiko terkena serangan jantung semakin tinggi. Wah, perlu diwaspadai betul yaa kebiasaan merokok baik rokok konvensional maupun rokok elektrik. Untuk menghindari penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi sebaiknya dihindari.

5. Konsumsi Pisang

6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Sumber foto : Freepik

Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Kandungan dalam serat buah pisang ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian, asam propionat telah terbukti menghambat enzim HMG-CoA reduktase yang terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati. Pisang berkhasiat mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Serta, kandungan serat yang ada di dalam buah plum juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL, low density liptoprotein).

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

6 Tips Cegah Kolesterol Tinggi, Yuk Ketahui!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore dan IOS. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share