6 Tips Aman Naik Ojek saat New Normal

Sumber foto : Ekonomi Bisnis.com

Aktivitas sehari-hari mulai kembali seperti biasanya sehingga sektor-sektor penunjang kehidupan pun mulai beroperasi lagi tak terkecuali transportasi umum yang satu ini, ojek. Memilih ojek sebagai transportasi penunjang kegiatan sehari-hari memiliki nilai plus tersendiri, salah satunya kamu tidak perlu berada dalam satu ruangan bersama banyak penumpang lain. Meski begitu, jarak di antara pengemudi dan penumpang di ojek memang cenderung dekat dibanding saat naik kendaraan umum lain. Cari tahu yuk 6 tips aman naik ojek saat new normal!

1. Kenakan Masker

Young asian man wear medical face mask for protection coronavirus ...

Sumber foto : Freepik

Jangan lupa untuk memakai masker sebelum keluar rumah dan ketika berada di ojek. Pastikan kamu menggunakan masker yang sesuai dengan ukuran wajah, sehingga dapat menutup mulut, hidung, dan dagu dengan baik. Jangan sampai terlalu longgar dan bercelah, agar virus tidak mudah masuk. Pastikan betul bahwa area hidung sudah tertutup, jangan gunakan masker di bawah hidung ya! Sebelum menggunakan masker, sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jaga jarak aman juga diperlukan ya. 

2. Bawa Helm Sendiri

Protection helm on the background of the sky | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Untuk kamu yang menggunakan layanan ojek, kamu bisa membawa helm sendiri sebagai langkah preventif penyebaran virus covid-19. Agar tidak menggunakan helm yang sebelumnya sudah digunakan penumpang lainnya. Kita tidak tahu apakah penumpang-penumpang sebelumnya bebas dari virus atau tidak. Sebagai bentuk proteksi dari penyebaran virus covid-19, sebaiknya kamu membawa dan menggunakan helm sendiri dari rumah. Jangan lupa, pastikan helm yang kamu bawa itu bersih dan sudah disterilkan yaa.

3. Perhatikan Pakaian yang Digunakan

Overweight asian woman with mask using public bicycle rental ...

Sumber foto : Freepik

Sebisa mungkin tutup semua anggota tubuh agar tidak mudah terpapar oleh virus. Saat naik ojek, jangan lupa untuk menggunakan baju dan celana panjang agar virus tidak menempel langsung pada kulit. Jangan biarkan lengan atau kaki terbuka tanpa lapisan pelindung, ya! Jika perlu, kenakan kaus kaki untuk menutupi punggung dan telapak kaki. Sebaiknya menggunakan topi atau penutup rambut karena virus mudah menempel pada rambut. Kenakan pakaian yang nyaman dan sebisa mungkin hindari pemakaian aksesoris seperti gelang, anting, cincin, dan sebagainya karena kemungkinan virus dapat menempel pada aksesori.

4. Hindari Menyentuh Area Wajah

grayscale photo of woman doing silent hand sign

Sumber foto : Unsplash.com

Jangan menyentuh area wajah seperti mata, mulut dan hidung jika belum mencuci tangan. Mengapa demikian? Ingat, penularan virus corona bisa terjadi ketika tangan menyentuh barang yang terkontaminasi virus, dan kemudian menyentuh mata atau wajah. Inang virus tertinggal pada benda dan tidak menetap dalam waktu lama. Jadi, jangan menyentuh 3 bagian tubuh ini dengan tangan yang kotor karena dikhawatirkan penyebaran virus corona dapat terjadi.

5. Pilih Pembayaran Non Tunai

E wallet app on phone with credit card technology pay - mobile ...

Sumber foto : Freepik

Sebaiknya hindari pembayaran secara tunai karena uang berpindah dari tangan ke tangan, jadi pilih pembayaran non tunai saat naik ojek ya. Saat ini tersedia banyak metode pembayaran non tunai yang bisa kamu gunakan, khususnya layanan ojek online yang memiliki sistem pembayaran non tunai tersendiri. Pastikan jangan lupa top up saldo di e-wallet ya sebelum naik ojek! Langsung remas dan buang tisu serta sarung tangan plastik ke tong sampah, dan jangan lupa mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah itu. 

6. Cuci Tangan Setelah Turun

Handwashing | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Rajin cuci tangan adalah cara mencegah corona yang harus kamu terapkan. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku setelah turun dari ojek ya. Tahukah kamu bahwa mencuci tangan dapat mencegah corona lebih efektif dibandingkan hand sanitizer. Hal ini dikarenakan hand sanitizer memiliki kandungan anti bakteri, namun corona berupa virus. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share