March 31, 2020

6 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Sumber foto : Unsplash.com

Nanas adalah buah tropis yang mengandung banyak vitamin, enzim, dan antioxidan. Tidak hanya itu, nanas juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menguatkan tulang kita. Meskipun rasanya yang manis, nanas memiliki kalori yang rendah lho. Berikut 6 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumi buah nanas.

1. Mengatasi Nyeri Sendi

Sumber foto : Runner’s World

Nanas mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air dan membantu melawan kerusakan sel pada manusia. Hal ini membuat vitamin C mampu membantu anda mengobati rasa nyeri di bagian sendi.

2. Perkuat Tulang Melawan Osteoporosis

woman running upstair in room

Sumber foto : Unsplash.com

Buah nanas juga mengandung zat mangan, yaitu zat yang sangat penting dalam perkembangan tulang dan jaringan ikat pada manusia. Penyakit seperti osteoporosis dapat dicegah dengan konsumsi zat mangan yang terdapat pada buah nanas.

3. Cegah Penyakit Mata di Usia Tua

four pineapples on white background

Sumber foto : Unsplash.com

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada nanas juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Berkat tingginya kandungan vitamin C dan antioxidan pada nanas, nanas dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit mata pada usia tua.

4. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

frozen pineapple juice

Sumber foto : Unsplash.com

Seperti buah dan sayur pada umumnya, nanas mengandung banyak serat. Serat ini sangatlah penting untuk menjaga usus dan organ pencernaan manusia dalam keadaan yang sehat. Buat kalian yang memiliki gangguan pencernaan, mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang cukup dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan.

5. Mengurangi Resiko Pembekuan Darah yang Berlebih

beach, girl, and summer image

Sumber foto : We Heart It

Buah nanas kaya akan bromelain, yaitu enzim yang memecah protein. Zat bromelain dalam buah nanas dipercaya mampu mencegah peradangan yang berlebihan pada manusia, serta mengurangi risiko pembekuan darah yang berlebihan.

6. Mengurangi Lendir di Tenggorokan dan Hidung

pineapple flavour image

Sumber foto : We Heart It

Kandungan bromelain dalam nanas juga mampu mengurangi intensitas lendir di tenggorokan dan hidung. Jadi jika kalian sedang demam dan batuk batuk, cobalah untuk mengonsumsi buah nanas. Buah nanas juga sangat dianjurkan untuk kalian yang memiliki alergi untuk mengurangi lendir pada bagian sinus.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *