6 Jenis Masker Anti Virus yang Harus Kamu Tahu

Sumber foto : Freepik

Penerapan protokol kesehatan 3 M : Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter dan Mencuci tangan sesering mungkin perlu sekali dilakukan oleh seluruh masyarakat guna mencegah kemunculan klaster-klaster baru virus corona dalam masyarakat. WHO menghimbau untuk selalu menggunakan masker, apalagi jika beraktivitas di luar rumah. Namun, masker mana yang efektif untuk mencegah virus corona? Yuk simak 6 jenis masker anti virus beserta keunggulan yang dihadirkan! 

1. Masker N95

Sumber foto : IndiaMART

Masker N95 dinilai efektif untuk mencegah penularan infeksi virus corona. Masker N95 dikenal sebagai respirator udara untuk melindungi pemakainya dari partikel berbahaya. Masker ini cenderung lebih mahal dari masker bedah, namun masker N95 lebih unggul untuk menghalau partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus dan menghalau percikan air liur. Masker N95 terasa lebih ketat pada wajah karena telah didesain untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa. 

Masker ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari karena desainnya yang membuat si pemakai sulit bernapas, gerah, dan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang lama. Masker ini memiliki efisiensi penyaringan 95 persen jika digunakan dengan benar. Masker ini efektif untuk menyaring partikel dan patogen yang berdiameter 0,3 mikron. Filter masker N95 terbuat dari bahan yang sangat tebal dan sulit disentuh. Masker ini lebih diperuntukkan bagi petugas kesehatan yang menangani virus corona mengingat petugas kesehatan paling berisiko terinfeksi virus karena kontak langsung dengan pasien. 

2. Masker N99

Sumber foto : Vova

Tidak hanya namanya yang mirip, bentuk masker N 99 dan N 95 pun cenderung serupa. Masker N 99 mampu menyaring 99% dari partikel PM 2.5 yang berbahaya. Seperti penggunaan masker bedah, masker ini digunakan sekali pakai. Untuk hasil pencegahan dari virus yang efektif, sebaiknya gunakan masker ini dalam kurun waktu 3 sampai 4 jam kemudian diganti apabila beraktivitas di luar rumah lebih dari waktu tersebut. 

Masker N 99 dirancang memiliki katup, nah kamu dapat memilih masker yang memiliki dua buah katup (double-valve) untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Harga dari masker ini mulai dari Rp. 50.000. Memang, masker ini tidak dapat disesuaikan dengan wajah. Jadi, saat penggunaan masker sedikit tidak nyaman karena berbahan kaku dan tidak bisa disesuaikan dengan bentuk wajah.

3. Masker N100

Sumber foto : Jon-Don

Masih seputar masker dari seri N, masker ini dinilai lebih ampuh dibanding masker-masker sebelumnya, efektivitasnya memfilter sekitar 99.97% dari partikel PM 2.5. Masker respirator N 99 dan N 100 mampu melindungi diri dari berbagai polusi dan virus dari luar, termasuk virus Corona. Masker N 100 mampu menyaring hingga partikel padat dan non-minyak yang tidak dapat terlihat oleh mata atau 30 kali lebih kecil dari diameter rambut. 

Wah, pas betul untuk menghindari virus corona. Masker N99 mampu menyaring udara hingga 99% sedangkan masker N100 mampu menyaring udara hingga 100%. Nah, untuk harga memang harga masker N 100 dibanderol lebih mahal jika dibanding 2 masker seri N lain : masker N 95 dan N 99. Untuk membeli masker ini, kamu perlu merogoh kocek antara Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000.

4. Masker R95

Sumber foto : Grainger

Setelah mengupas masker seri N, mari beralih ke masker seri R. Masker kesehatan seri ini berarti “somewhat resistance to oil”. Masker R 95 mampu menjaga pernafasan kamu dari partikel minyak dan non-minyak sekaligus dengan tingkat ketahanan menengah. Jika masker-masker sebelumnya dapat bekerja efektif jika digunakan selama kurun waktu 3 sampai 4 jam, ketahanan masker R 95 mampu hingga 8 jam pemakaian untuk menyaring partikel yang ada di udara. 

Masker ini menggunakan respirator yang dapat digunakan secara terus-menerus. Nah, namun kamu harus perhatikan betul bahwa masker R 95 ini tidak dirancang untuk anak-anak ya! Bicara soal performa, masker ini menangkal 95% dari partikel berbahaya. Memiliki tingkat ketahanan sedang atau agak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.

5. Masker FFP

Sumber foto : Amazon

Masker ini mungkin tidak terdengar familiar, namun masker ini dapat memberi kenyamanan penggunanya untuk bernapas terutama yang untuk mereka yang kesulitan bernapas saat memakai masker. Masker ini dibagi menjadi 3 tingkat penyaringan, yaitu FFP1, FFP2, dan FFP3. FFP1 dapat menyaring sebanyak 80% partikel yang ada di udara, FFP2 dapat menyaring 94% partikel udara, dan FFP3 dapat 99% partikel di udara.

Masker FFP1 masih lebih baik daripada masker bedah, tapi tidak dapat melindungi pemakainya dari virus. Kemudian, masker FFP2 memberi perlindungan lebih baik namun tidak dapat melindungi dari virus. Hanya masker FFP3 yang secara efektif memberi perlindungan penuh dari cairan, molekul protein, virus, bakteri, jamur dan spora dan partikel debu yang sangat berbahaya, seperti serat abses. Jadi, masker FFP3 dapat melindungi pemakainya dari infeksi virus, tidak seperti masker bedah biasa. 

6. Masker Bedah

Sumber foto : Freepik

Masker ini merupakan salah satu masker yang paling dicari di tengah-tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini. Selain harganya yang terjangkau, masker bedah pun mudah ditemukan di sekitar kita. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang dapat digunakan masyarakat umum dan tenaga medis. Masker bedah dapat kamu gunakan untuk mencegah penyebaran virus corona karena memiliki lapisan untuk menghalau percikan air liur.

Masker bedah memiliki 3 lapisan yang berbeda, yaitu lapisan luar yang anti air, lapisan tengah sebagai filter kuman, dan lapisan dalam yang menyerap cairan yang keluar dari mulut. Masker bedah harus memiliki tingkat penyaringan sebesar 80 persen atau lebih dan memiliki 3 fungsi dari lapisan tersebut untuk mencegah infeksi penyakit menular seperti virus corona. Masker bedah dirancang untuk menjaga pemakainya dari tetesan partikel besar atau percikan air mulut seseorang yang jaraknya dekat dengan pemakai. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share