6 Fakta Vaksin Coronavac yang Sedang Melakukan Uji Klinis Tahap 3

Sumber: Freepik

Belakangan ini, wacana tentang kemunculan vaksin Covid-19 semakin mencuat. Negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Rusia, China, bahkan Indonesia sedang menguji vaksin yang kabarnya siap diproduksi tahun depan. Salah satu vaksin yang sedang melakukan uji klinis tahap 3 di Indonesia adalah vaksin Coronavac yang berasal dari perusahaan China Sinovac Biotech. Perusahaan farmasi di Indonesia, yaitu Bio Farma menggandeng vaksin buatan China, yaitu Coronavac sebagai mitra pengembangan vaksin Covid-19. Penasaran? Simak fakta-faktanya di bawah ini yuk!

1. Melakukan Uji Klinis Tahap 3 di Indonesia

Sumber: Freepik

Di bulan Agustus, Coronavac telah melakukan uji klinis tahap 3 di Indonesia. Uji klinis tahap tiga akan dilihat dari imunogenitas (kemampuan menginduksi respon imun tubuh) hingga masalah keamanan vaksin corona. Penyuntikan kandidat vaksin terhadap relawan membutuhkan waktu selama satu hingga dua bulan. Kira-kira, proses penyuntikan terhadap relawan akan selesai di bulan September atau Oktober 2020.

2. Produksi dan Harga Vaksin Coronavac

Sumber: Freepik

Uji klinis tahap 3 diperkirakan berjalan selama 6 bulan, sehingga uji klinis ditargetkan akan selesai pada bulan Januari 2021. Nah, jika uji klinis tahap 3 berhasil, maka Bio Farma akan memproduksinya pada tahun 2021 mendatang. Bio Farma memprediksi harga vaksin Coronavac berkisar Rp73.000-Rp146.000 per dosisnya. 

3. Kemungkinan Efek Samping Vaksin Coronavac

Front view of doctor holding coronavirus vaccine Free Photo

Sumber: Freepik

Seperti vaksin lainnya, vaksin Coronavac juga tentu memiliki efek samping pada manusia. Dalam pemberian vaksin, kemungkinan terdapat dua efek samping, yaitu lokal dan sistemik. Reaksi lokal yang dimaksud adalah merah, bengkak, dan nyeri di area suntikan yang akan hilang selama kurang lebih 48 jam. Reaksi sistemik adalah saat relawan mengalami demam di kondisi 30 menit pertama setelah pemberian vaksin yang akan hilang selama kurang lebih 48 jam. Jika terjadi efek samping pada relawan di Indonesia, maka pihak yang melakukan uji klinis akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap relawan. Relawan akan mendapatkan asuransi kesehatan selama masa uji klinis, terutama jika terjadi keluhan setelah penyuntikkan vaksin Coronavac. 

4. Menimbulkan Respon Kekebalan Tubuh pada Manusia

Front view of doctor using coronavirus vaccine Free Photo

Sumber: Freepik

Pada vaksin Coronavac, selain tidak menimbulkan efek samping yang parah pada relawan yang telah diberikan vaksin, vaksin ini juga telah menimbulkan respon kekebalan tubuh untuk percobaan pada manusia. Vaksin Coronavac  menunjukkan adanya perlawanan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus corona. Perusahaan Sinovac Biotech mengungkapkan bahwa vaksin COVID-19 belum menyebabkan efek samping yang parah dan lebih dari 90 persen orang yang diberi suntikan pada interval 14 hari telah menginduksi antibodi penawar dua minggu setelah inokulasi.

5. Menggunakan Metode Inaktivasi Virus 

Close-up syringe with medical treatment Free Photo

Sumber: Freepik

Tipe vaksin Coronavac merupakan tipe vaksin konvensional, yakni dengan menginaktifkan virus atau melemahkan virus. Hampir semua vaksin yang digunakan saat ini telah memasukkan bentuk virus yang tidak aktif atau virus yang lemah, sehingga tidak akan lagi menyebabkan penyakit. Ketika sel-sel kekebalan bertemu dengan vaksin yang berisikan virus tidak aktif tersebut, maka mereka akan memunculkan antibodi.

6. Produksi Vaksin Dimulai November 2020

A Shot in the Arm for Vaccine Manufacturing

Sumber: Genengnews

Mulai November 2020 hingga Desember 2021, Indonesia akan mendapatkan sekitar 260 juta bahan baku vaksin Coronavac dari China Sinovac Biotech. Dengan ketersediaan 260 juta bahan baku tersebut, maka Bio Farma bisa memproduksi sendiri 130 juta vaksin. Mengingat bahan baku vaksin baru masuk dari China di bulan November, maka diharapkan pada Februari 2021 vaksin Coronavac dari Bio Farma sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share