6 Cara Mengatasi Overthinking yang Efektif

Sumber foto : Freepik

Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan disebut overthinking. Mengutip dari Psychology Today, overthinking adalah kondisi dimana seseorang berhubungan dengan ingatan terus-menerus pada masa lalu, dan khawatir berlebihan, jika ia berhubungan dengan masa depan. Perasaan pilu di masa lalu yang menghampiri atau kekhawatiran yang muncul tatkala memikirkan hal-hal yang sebetulnya belum terjadi adalah indikator dari overthinking. Yuk cari tahu bagaimana mengatasi overthinking, dengan 6 cara ini!

1. Lakukan Mindfulness

Wake Up Early | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Apa itu mindfulness? Ini adalah sebuah kondisi yang mengharuskan mu untuk sepenuhnya sadar dan mengetahui keberadaanmu saat ini. Lalu, bagaimana cara untuk melakukannya? Pertama, perhatikan kualitas istirahat dan pastikan bahwa kamu sepenuhnya istirahat dengan nyaman, pikiran tenang serta rileks. Fokus pada istirahat yang sedang kamu lakukan. Atau, jika sedang makan, jangan mudah terdistorsi dengan pekerjaan lain. Jalan-jalan sambil memperhatikan lingkungan sekitar, hirup udara segar, sangat membantu atasi overthinking

2. Apresiasi Diri Sendiri itu Penting

Asian girl wearing headphones listening to music online from ...

Sumber foto : Freepik

Kerap overthinking akibat merasa kurang diapresiasi oleh lingkungan sekitar? Cara ini dapat mengatasi beban pikiran yang kamu rasakan. Kenali dirimu sendiri: apa saja potensi yang kamu miliki, kontribusi yang sudah dilakukan dan apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidupmu. Ingat kembali cita-citamu, apakah kamu sudah di jalan yang tepat untuk meraihnya? Tanamkan dalam diri, bahwa dirimu berharga. Kamu sudah melakukan banyak hal dan berterima kasihlah pada diri sendiri, bahwa kamu sudah bertahan hingga hari ini!

3. Hadapi dan Rangkul Rasa Takut

Beautiful portrait young asian woman lying and smile while wake up ...

Sumber foto : Freepik

Rasa takut dapat muncul di luar kendali. Hadapi rasa takut yang kamu rasakan, menerima kondisi tersebut bisa sangat membantu dalam mengekang pemikiran yang berlebihan. Tanamkanlah dalam diri bahwa rasa takut adalah hal yang manusiawi dan setiap manusia memiliki batasan masing-masing, kamu tidak harus menguasai semua aspek. Fokus pada hal yang kamu sukai, gali lebih dalam potensi yang kamu miliki dan melangkah maju. Kegiatan seperti berolahraga ringan dapat membantumu dari pikiran yang berlarut-larut. 

4. Meditasi

Asian women resting after play yoga and exercise at home | Premium ...

Sumber foto : Freepik

Mulailah meditasi dengan menarik napas dari hidung dalam secara perlahan. Kemudian, keluarkan lewat mulut secara perlahan. Latihan ini bisa membantu membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang serta mengatasi overthinking yang sedang kamu alami. Atau kamu dapat melakukan yoga di pagi hari sebelum memulai aktivitas, agar tubuh menjadi rileks, pikiran tenang dan terhindar dari pikiran negatif. Banyak orang yang memilih untuk melakukan yoga sebagai cara atasi lelah dan mengatasi overthinking

5. Selesaikan Masalah dari yang Termudah

Asian woman university student in casual writing on paper notebook ...

Sumber foto : Freepik

Overthinking datang kerap disebabkan oleh sejumlah masalah yang datang bertubi-tubi namun tak kunjung kamu temukan solusinya. Alih-alih terus memikirkan masalah tersebut, mari buat skala prioritas. Buat lah sebuah daftar mengenai problematika yang kamu hadapi dan lihat urgensi dari setiap poin yang kamu buat. Dengan begitu, kamu dapat membertimbangkan masalah mana yang solusinya lebih mudah untuk ditemukan. Perlahan-lahan, cara ini akan membantu kamu terbebas dari beban pikiran. 

6. Utarakan Segala Keresahan

Asian smart beautiful girl talking business on mobile phone ...

Sumber foto : Freepik

Berkomunikasi dengan mereka dapat meringankan beban pikiran serta dapat mengatasi overthinking. Demi kesehatan mental kamu, jangan sungkan untuk menceritakan keluh kesah dan rasa kekhawatiranmu tentang apapun yang membuatmu overthinking. Hal tersebut akan membantu menurunkan rasa cemas dan khawatir yang memicu stres. Kamu bisa menelepon teman dekat, anggota keluarga, atau orang yang terpercaya untuk mengutarakan keresahan. Dengan mencurahkan isi pikiran dan hati, kamu bisa mendapat sudut pandang lain dari lawan bicaramu. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share